Today in History: Hari Persatuan Rusia, Hingga Kelahiran Luis Figo

Today in History membahas beragam peristiwa bersejarah di seluruh dunia dan di dalam negeri.

330
0
Today in History

Today in History akan membahas berbagai macam peristiwa bersejarah di seluruh dunia, termasuk di dalam negeri. Selain itu, setiap perayaan hari-hari besar juga akan diinformasikan di artikel khusus ini. Untuk tanggal 4 November hari ini, ada beberapa peristiwa bersejarah yang terjadi. Salah satunya adalah Hari Persatuan Rusia.

Hari ini selalu dirayakan pada tanggal 4 November setiap tahunnya. Selain itu, ada pula kelahiran dari salah satu legenda sepak bola dunia Luis Figo. Lalu, peristiwa apalagi yang terjadi pada hari ini? Let’s check this out.

Hari Persatuan Rusia

Foto: Shutterstock

Tepat pada hari ini, Rusia akan merayakan Hari Persatuannya. Pada hari ini, masyarakat Rusia akan merayakan persatuan masyarakat multietnis yang beragam di negara tersebut. Hari Persatuan adalah hari dengan makna sejarah sangat mendalam.

Hari ini dibuat untuk memperingati pemberontakan rakyat dan pembebasan Moskow dari Polandia pada tahun 1612. Pada tahun 1918, kaum Bolshevik yang ada di negara tersebut membuat hari libur pada tanggal 7 November. Lalu, pada 2005 silam, Presiden Vladimir Putin kembali mengenalkan Hari Persatuan Rusia dan menghapus 7 November dari daftar hari libur resmi Rusia.

Sejak saat itu, Hari Persatuan terus dirayakan pada 4 November untuk merayakan solidaritas dan patriotisme lintas etnis di Rusia.

Flag Day di Panama

Foto: Shutterstock

Flag Day di Negara Panama selalu dirayakan setiap tanggal 4 November. Hari ini dibuat untuk merayakan pemisahan resmi Panama dari Republik Kolombia pada tahun 1903.

Panama dahulunya merupakan negara penjajahan Spanyol. Lokasi dari Negara Panama sangat penting untuk perdagangan Spanyol. Setelah perseteruan yang panjang dan berbagai pertempuran yang terjadi, Panama akhirnya bebas dari pemerintahan Spanyol pada 28 November 1921.

Pada tahun 1925, Panama secara resmi menggunakan bendera dengan warna merah, putih, dan biru. Tanggal 4 November pun akhirnya ditetapkan menjadi Flag Day dan dirayakan setiap tahun.

Hari Kelahiran Luis Figo

Foto: Shutterstock

Luis Figo adalah seorang mantan pemain sepak bola asal Portugal. Ia juga pernah membela beberapa klub besar seperti Inter Milan, FC Barcelona, dan Real Madrid. Figo juga pernah memenangkan FIFA Balon d’Or pada tahun 2000 silam.

Figo lahir di Lisbon, Portugal, pada 4 November 1972 dan hari ini tepat berusia 50 tahun. Saat aktif bermain dahulu, Luis Figo bermain sebagai gelandang dan sering memberikan umpan terbaik kepada penyerangnya. Selamat ulang tahun Luis Figo!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *