Today in History: Hari Telekomunikasi Sedunia

Hari ini, acara olahraga pertama juga disiarkan di televisi.

64
Today in History

Pada tanggal 17 Mei ini, ada banyak peristiwa sejarah yang terjadi. Tahu enggak, tepat pada tanggal ini di 1969 silam, sebuah Persatuan Telekomunikasi Internasional (ITU) berdiri dan mulai dari situ dirayakan sebagai Hari Telekomunikasi Sedunia.

Selain itu, pada hari ini juga menjadi sejarah untuk televisi Internasional yang dimulai di Amerika Serikat. Pasalnya, pada hari ini pertandingan olahraga pertama di Amerika ditayangkan di stasiun TV NBC.

Lantas, ada peristiwa menarik apa lagi hari ini? Selengkapnya dalam “Today in History”.

Hari Telekomunikasi Sedunia

Foto Menara Telekomunikasi/Unsplash

Hari Telekomunikasi Sedunia dirayakan pertama kali pada tanggal 17 Mei 1969. Hari ini juga bertepatan dengan berdirinya Persatuan Telekomunikasi Internasional (ITU) dan penandatanganan Konvensi Telegraf Internasional pertama di tahun 1865.

ITU merupakan badan yang berada di bawah naungan PBB yang membidangi hal-hal berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi. ITU berkantor di Jenewa, Swiss, dan keanggotaannya secara global mencakup 193 negara.

Telekomunikasi memiliki peranan yang sangat penting di dalam kehidupan manusia sampai dengan hari ini. Orang bisa berkomunikasi dengan baik lewat handphone karena adanya jalur telekomunikasi yang tersambung dari satu daerah ke daerah lain.

Bisa dibayangkan bagaimana jika kehidupan manusia saat ini tidak memiliki jaringan komunikasi yang baik, tentu sulit kita untuk berkomunikasi apa pun itu tujuannya.

Acara Olahraga Pertama Disiarkan di Televisi Amerika Serikat

Foto pemain Baseball/Unsplash

Pada tanggal 17 Mei 1939, sebuah sejarah tentang penyiaran berbasis televisi tercipta di Amerika Serikat. Pertandingan bisbol perguruan tinggi antara Princeton dan Columbia menjadi tayangan olahraga televisi pertama di Amerika Serikat.

Baca juga: “Today in History: Penghargaan Piala Oscar Pertama Kali Diberikan

Pertandingan tersebut kemudian ditayangkan di stasiun televisi NBC yang menjadi stasiun lokal negara tersebut. Banyak orang yang menganggap ini adalah sebuah sejarah yang penting untuk penyiaran dunia.

Kerennn banget ya, di tahun itu teknologi sudah maju banget, gengs.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.