Today in History: Penghargaan Piala Oscar Pertama Kali Diberikan

Ajang penghargaan terbesar di dunia perfilman tersebut pertama kali diselenggarakan pada tanggal 16 Mei.

64
Today in History

Tak terasa kita sudah sampai di pertengahan bulan Mei. Pada tanggal 16 Mei ini, banyak peristiwa menarik seputar sejarah yang perlu kita peringati. Salah satunya adalah penghargaan Piala Oscar pertama kali diberikan pada tahun 1969.

Selain itu, pada hari ini juga menjadi peringatan penting bagi Junko Tabei. Pasalnya, ia menjadi perempuan pertama yang berhasil mendaki Puncak Gunung Everest.

Tak mudah untuk menaklukkan gunung tertinggi di dunia itu, Junko Tabei harus menyiapkan fisik untuk bisa menggapai puncak Gunung Everest.

Penasaran dengan cerita Junko Tabei menaklukkan Gunung Everest? “Today in History” akan membahasnya.

Penghargaan Piala Oscar Digelar untuk Pertama Kalinya

Piala Oscar
Piala Oscar / Shutterstock

Pada tanggal 16 Mei 1929, Academy of Motion Pictures Arts and Sciences atau sekarang dikenal sebagai Piala Oscar, digelar untuk pertama kalinya. Pada waktu itu, sekitar 250 orang hadir dalam “pesta makan” yang digelar di Hotel Roosevelt di Hollywood, California.

Pemikiran untuk membuat Piala Oscar ini digagas oleh Louis B. Mayer yang juga merupakan kepala studio MGM pada waktu itu. Akademi ini diselenggarakan pada bulan Mei 1927 sebagai sebuah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk kemajuan dan peningkatan industri film.

Pemenang film terbaik pertama dalam penghargaan Oscar adalah Wings. Sebuah film yang cukup mahal pada zamannya dengan budget $2 juta.

Saat ini, semua film mengincar penghargaan Oscar karena menjadi salah satu ajang bergengsi di dunia perfilman.

Junko Tabei Berhasil Mendaki dan Mencapai Puncak Gunung Everest

Foto Junko Tabei/The Olympians

Nama Junko Tabei tampaknya sangat akrab di telinga para pendaki. Bagaimana tidak, beliau adalah perempuan pertama yang berhasil mendaki dan mencapai puncak Gunung Everest. Junko Tabei adalah seorang wanita yang lahir di Jepang, 12 September 1939.

Kecintaan beliau kepada pendakian gunung ternyata sudah ada sejak berusia 10 tahun. Pada waktu itu, Junko ikut dalam perjalanan ke Gunung Asahi dan Chausu bersama dengan teman sekelasnya. Menyaksikan keindahan alam dari puncak gunung menjadi ketertarikan beliau untuk melangkah lebih jauh.

Pada 16 Mei 1975, Junko Tabei berhasil mencetak sejarah menjadi perempuan pertama yang mencapai Puncak Everest. Namun, beliau lebih senang disebut sebagai orang ke-36 yang mampu menggapai Puncak Everest tanpa harus ada embel-embel gender di belakangnya.

Hari Menggambar

Foto ilustrasi orang yang sedang menggambar/Unsplash

Ada satu perayaan hari yang cukup unik hari ini. Pada tanggal 16 Mei setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Menggambar di beberapa negara bagian Eropa. Memang masih menjadi misteri bagaimana hari ini tiba-tiba ada.

Namun, di balik semua itu menggambar menjadi kegiatan yang cukup menyenangkan bagi sebagian orang. Kalau kata anak zaman sekarang, menggambar juga bisa sebagai bentuk “healing” terbaik yang ada.

Baca juga: “Today in History: McDonald’s Buka Gerai Pertama di Tahun 1940

Kehadiran gambar tercatat sudah ada sejaj 10.000 SM. Gambar yang ada pada waktu itu adalah ukiran yang ditemukan di gua-gua kuno di Eropa. Lalu, berkembang hingga seperti saat ini yang dituang ke kanvas, kertas, atau bahkan media lainnya.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.