Today in History: Hari Terima Kasih

Sudah mengucapkan terima kasih belum hari ini?

57
Ilustrasi terima kasih

Tak terasa kita sudah sampai di awal minggu bulan Juni tahun 2023. Pada tanggal 5 Juni ini, banyak peristiwa menarik seputar sejarah yang perlu kita peringati. Salah satunya adalah Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Pencetus pertama kali adanya hari lingkungan hidup adalah negara Swedia yang pada waktu itu mengusulkan ke PBB. Lalu, pada tahun 1969 PBB menyetujui dengan menggelar konferensi tentang lingkungan hidup di Swedia.

via GIPHY

Lalu, pada hari ini juga ada satu peringatan hari yang unik, yaitu Hari Terima Kasih. Banyak orang yang sulit untuk mengucapkan terima kasih kepada orang lain. Meski hal ini cukup sederhana, namun dampaknya kepada orang lain cukup mengejutkan.

Kok bisa ya? Mari kita bahas dalam “Today in History” edisi 5 Juni 2023.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Ilustrasi lingkungan hidup
Ilustrasi lingkungan hidup/Shutterstock

Setiap tanggal 5 Juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Hari ini awalnya dicetuskan oleh negara Swedia yang mengusulkan ke PBB agar adanya hari mengenai lingkungan.

PBB pun akhirnya mendengar masukan dari negara Swedia ini dengan menggelar konferensi tentang lingkungan hidup pada tahun 1969 di Swedia. Mulai dari situ lah pejabat di seluruh dunia menyoroti isu lingkungan hidup karena adanya Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Hari ini juga memiliki tujuan yang sangat mulia untuk meningkatkan kesadaran manusia agar bisa melindungi lingkungannya. PBB kemudian menetapkan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada tahun 1972.

Hari Terima Kasih

Foto ilustrasi tulisan Terima kasih/Unsplash

Hari Terima Kasih dirayakan tepat pada tanggal 5 Juni setiap tahunnya. Meski hari ini pertama kali dirayakan di Inggris, namun pesan dan dampak adanya hari ini dirasakan oleh seluruh masyarakat di dunia.

Pada awalnya, Hari Terima Kasih ini dibuat sebagai sarana untuk mengucapkan terima kasih kepada semua petugas kesehatan dan relawan yang sudah melayani masyarakat selama pandemi Covid-19.

Baca juga: “Today in History: Masih Ingat dengan Video Gangnam Style di 2014?

Mengucapkan terima kasih kepada orang lain memang memiliki dampak psikologis yang luar biasa. Dengan mengucapkan terima kasih, maka seseorang akan merasa dihargai bahkan merasa begitu berharganya di mata orang lain.

Kamu sudah mengucapkan terima kasih hari ini?

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Related Post