Today in History: Masih Ingat dengan Video Gangnam Style di 2014?

Feeling old yet?

47
PSY - Gangnam Style

Ada berbagai peristiwa menarik yang setidaknya bisa menjadi kenangan kita pada tanggal 31 Mei. Tepat pada hari ini diperingati sebagai Hari Burung Beo. Burung Beo masuk ke dalam salah satu jenis burung yang pintar dan mampu menirukan kalimat yang diucapkan oleh manusia.

Selain itu, pada hari ini salah satu video berjudul “Gangnam Style” memecahkan rekor pada tahun 2014 dengan total viewer mencapai 2 miliar di tahun itu, di tahun ini sudah mencapai 4,8 miliar.

Gangnam Style ada sebuah video yang dibawakan oleh PSY. Dalam video yang berdurasi kurang lebih 4 menit itu, ditampilkan gerakan joget yang pada waktu itu sangat viral dan hampir dilakukan oleh banyak orang.

Lantas, rekor apa yang dipecahkan oleh video klip Gangnam Style? Ceritanya ada di “Today in History”.

Hari Burung Beo

Ilustrasi foto Burung Beo/Unsplash

Setiap tanggal 31 Mei diperingati sebagai Hari Burung Beo. Burung yang masuk ke dalam kelas Ordo Psitttaciformes ini merupakan bagian dari 398 spesies burung yang terbagi dalam 92 marga.

Burung ini banyak sekali ditemukan di negara yang memiliki iklim tropis dan subtropis. Namun, hampir sepertiga dari semua spesies burung beo saat ini terancam punah.

Dengan adanya Hari Burung Beo ini, maka diharapkan bisa membuat keberadaan burung beo dilindungi dan dijauhkan dari kepunahan. Beberapa ciri khas burung beo yang umum adalah memiliki paruh yang kuat dan melengkung, berdiri tegak, kaki yang memiliki cakar.

Video Gangnam Style Diputar 2 Miliar Kali di YouTube

Foto PSY penyanyi lagu Gangnam Style/Shutterstock

Pada tanggal 31 Mei 2014 tercipta rekor yang cukup fantastis dari PSY yang membawakan lagu Gangnam Style di YouTube. Pada waktu itu, video klip yang menampilkan gaya tari “menunggang kuda” itu berhasil diputar sebanyak 2 miliar kali oleh pengguna YouTube.

Atas pencapaian itu, YouTube pun memberikan ucapan selamat kepada PSY dengan menuliskan “Ini adalah video klip yang paling banyak ditonton di YouTube. Selamat video klip Anda sudah ditonton 2 miliar kali, PSY!”.

Jam Big Ben Berdering untuk Pertama Kalinya

Foro jam Big Ben di London, Inggris/Unsplash

Menara jam yang sangat terkenal di London, Inggris, Big Ben, berdering untuk pertama kalinya pada 31 Mei 1859. Menara jam ini terletak di puncak Menara Elizabeth setinggi 320 kaki. Ada cerita menarik dari keberadaan jam ini.

Baca juga: “Today in History: Wikipedia Indonesia dan VCD Lahir Hari Ini

Melansir dari history.com, jam yang juga menjadi landmark negara Inggris ini bahkan pada awalnya diperiksa dua kali sehari untuk memastikan keakuratannya. Banyak orang yang meremehkan jam ini bisa berbunyi pada waktu itu, namun berkat kecerdasan seorang Astronom Kerajaan, Sir George Airy, jam Big Ben bisa berdering untuk pertama kalinya.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.