Today in History: Nelson Mandela Sah Jadi Presiden Kulit Hitam Pertama Afrika Selatan

Saat itu, Afrika Selatan sedang kental dengan diskriminasi dan apartheid.

83
Today in History

Berbagai peristiwa menarik seputar sejarah terjadi pada hari ini tanggal 9 Mei, salah satunya adalah Nelson Mandela menjadi presiden pertama kulit hitam di Afrika Selatan. Pria dengan nama lengkap Nelson Rolihlahla Mandela ini juga sangat dikenal dunia karena kegiatan sosialnya yang begitu banyak.

Selain itu, hari ini juga merupakan hari yang sangat bersejarah untuk dunia medis Internasional. Pasalnya, tepat pada hari ini Badan Urusan Pangan dan Obat-obatan Amerika (FDA) pada 9 Mei 1960 menyetujui penggunaan pil KB.

Lalu, ada peristiwa bersejarah apa lagi hari ini? Mari kita cek “Today in History” edisi 9 Mei.

Nelson Mandela Dilantik Jadi Presiden Afrika Selatan

Foto Nelson Mandela/Shutterstock

Pada tanggal 9 Mei 1994, Nelson Mandela resmi dilantik jadi Presiden Afrika Selatan. Dengan posisi ini, Nelson Mandela juga menjadi presiden pertama yang terpilih melalui keterwakilan penuh dalam sebuah pemilu multiras.

Selain itu, Nelson Mandela juga menjadi presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan. Pada saat itu, pemerintahan Nelson Mandela fokus kepada penghapusan pengaruh apartheid dengan memberantas rasisme, kemiskinan, dan kesenjangan serta mendorong rekonsiliasi.

Bahkan, Nelson Mandela pernah mendapat Nobel Perdamaian pada tahun 1993 karena memperjuangkan demokrasi multi-ras di Afrika Selatan.

Pil KB Pertama Kali Disetujui dan Diproduksi Secara Komersil

Ilustrasi foto pil KB/Shutterstock

Badan Urusan Pangdan dan Obat-obatan Amerika (FDA) pada tanggal 9 Mei 1960 menyetuji alat kontrasepsi oral yang diproduksi secara komersil untuk pertama kalinya di dunia. Kehadiran alat kontrasepsi ini untuk mencegah kehamilan yang dikenal dengan nama “The Pill”.

Sampai dengan saat ini, pil KB merupakan kontrasepsi yang diproduksi dan dijual secara komersil. Selain itu, pil KB juga saat ini bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat.

Baca juga: “Today in History: Minuman Coca-Cola Pertama Kali Ditemukan

Melansir dari laman alodokter.com, munculnya jerawat bisa saja terjadi karena aktivitas hormon yang berlebihan. Oleh karenanya, penggunaan pil KB jenis tertentu bisa menghambat kerja hormon tersebut sehingga bisa mengatasi jerawat.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.