Today in History: Pertama Kalinya Manusia Berwisata di Luar Angkasa

Beberapa peristiwa menarik hari ini kami rangkum!

70
Manusia di luar angkasa

Ada berbagai hari bersejarah yang kita rayakan setiap tanggal 28 April. Tepat pada hari ini merupakan perayaan Hari Puisi Nasional. Hari ini juga bertepatan dengan wafatnya sang penyair terkenal asal Indonesia, Chairil Anwar.

Selain itu, tanggal 28 April juga merupakan Hari Kesehatan Wanita Dunia. Hari ini didedikasikan untuk seluruh wanita untuk mementingkan kesehatan mereka baik itu kesehatan fisik maupun psikis.

Tak hanya itu, di hari ini juga manusia dapat berwisata di luar angkasa.

Lantas, ada peristiwa bersejarah apa lagi yang terjadi pada hari ini tanggal 28 April? Semuanya ada di “Today in History”.

Hari Puisi Nasional

Foto Chairil Anwar/Gramedia.com

Setiap tanggal 28 April tiap tahunnya selalu dirayakan sebagai Hari Puisi Nasional. Hari ini juga bertepatan dengan wafatnya legenda penyair Indonesia, Chairil Anwar. Chairil Anwar adalah seorang penyair Indonesia yang telah melahirkan banyak karya.

Beliau juga berdedikasi untuk kemajuan sastra di Indonesia semasa hidupnya. Selama Chairil Anwar berkarya, beliau sudah menghasilkan kurang lebih 96 karya, termasuk puisi yang cukup fenomenal dengan judul “Aku”, “Karawang Bekasi”, dan masih banyak lagi.1

Selamat Hari Puisi Nasional dan terima kasih atas karya sastranya, Chairil Anwar!

Hari Kesehatan Wanita Dunia

Foto wanita yang sedang bersanda gurau/Shutterstock

Pada tanggal 28 April juga merupakan Hari Kesehatan Wanita Dunia. Hari ini dirayakan untuk seluruh wanita di dunia mementingkan kesehatan dirinya baik itu secara fisik maupun psikis. Wanita kerap kali dinilai sebagai seseorang yang mengutamakan kebutuhan orang lain dibandingkan dirinya.

Seperti misalnya seorang ibu yang mengutamakan anaknya dan seorang istri yang mengutamakan suaminya. Hal ini memang tak salah juga, namun di sisi lain seorang wanita harus mementingkan dirinya sendiri sesekali.

Oleh karena itu, Hari Kesehatan Wanita Dunia memiliki tujuan untuk membuat para wanita meluangkan waktu satu hari memberikan hal istimewa pada diri mereka.

Dennis Tito Jadi Turis Antariksa Pertama di Dunia

Foto Dennis Tito/media.sciencephoto.com

Nama Dennis Tito cukup mengejutkan di awal tahun 2001. Pasalnya pada 28 April 2001, ia menjadi turis Antariksa pertama di dunia untuk liburan selama 8 hari di luar angkasa. Karena aksi dari Dennis Tito ini, sekarang sudah ada agen perjalanan yang menawarkan layanan ini.

Baca juga: “Today in History: Mengenal Sejarah Mouse yang Awalnya Berbahan Kayu

Dennis Tito bersama timnya pada saat itu menghabiskan sekitar 20 juta dollar untuk liburan selama 8 hari di Antariksa. Jika dibuat kurs sekarang, maka nilai itu seharga 300 miliaran rupiah. Woowwww!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.