Today in History: Selamat Hari Lahir, Bung Karno!

Selain itu, Tetris pertama kali dirilis dan NBA didirikan.

57
Today in History

Pada tanggal 6 Juni ini, ada banyak peristiwa sejarah yang terjadi. Tahu enggak, tepat pada tanggal ini proklamator Kemerdekaan Indonesia, Bung Karno atau Soekarno lahir pada tahun 1901. Bung Karno lahir dengan nama kecil Koesno Sosrodihardjo.

Ada banyak kisah menarik tentang Bung Karno sampai pada akhirnya beliau menjadi proklamator untuk Kemerdekaan Indonesia. Bagaimana kisahnya? Stay tuned on “Today in History”.

Selain itu, pada hari ini juga ada satu perayaan hari yang menarik yaitu Hari Yo-yo. Yo-yo sendiri merupakan permainan tangan yang khas dan sempat menjadi mainan utama anak-anak Gen Z dan millennial ketika masih SD atau SMP.

Lantas, ada peristiwa menarik apa lagi hari ini? Selengkapnya dalam “Today in History”.

Hari Kelahiran Bung Karno

Foto Bung Karno/website Komunitas Bambu

Bung Karno atau Soekarno lahir pada tanggal 6 Juni 1901 dari pasangan Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai. Bung Karno kecil sempat dirawat oleh sang kakek karena sering sakit-sakitan.

Soekarno memiliki nama kecil Koesno Sosrodihardjo, tapi karena beliau sering sakit-sakitan maka namanya diubah menjadi Soekarno oleh keluarganya.

Beliau adalah sosok penting di balik Kemerdekaan Indonesia dan menjadi tokoh yang sangat berpengaruh dalam sejarah bangsa Indonesia. Bung Karno juga memiliki peran yang cukup sakral dalam pembacaan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Hari Yo-yo Nasional

Ilustrasi anak-anak yang sedang bermain Yoyo/Shutterstock

Setiap tanggal 6 Juni diperingati sebagai Hari Yo-yo Nasional di Amerika Serikat. Yo-yo sendiri adalah sebuah mainan yang populer di dunia, bahkan sampai ke Indonesia. Namun, siapa sangka asal muasal kata Yo-yo ternyata berasal dari Filipina.

Kemudian, kata Yo-yo popular sampai ke Amerika Serikat sekitar tahun 1930. Orang yang memproduksi Yo-yo dalam jumlah banyak yakni seorang keturunan Filipina bernama Pedro Flores.

Yo-yo kemudian menjadi mainan yang cukup terkenal sampai dengan saat ini. Beberapa anak gen z dan millennial menghabiskan masa kecil mereka untuk bermain Yo-yo bersama dengan teman mereka.

Game Tetris Pertama Kali Dirilis Tahun 1984

Tampilan game tetris yang legendaris/Unsplash

Pada tanggal 6 Juni 1984, seorang pembuat software di Moskow, Rusia, merancang sebuah game sederhana untuk menguji kebolehan komputer model terbaru bernama Electronika 60.

Alexey Pajinov namanya, ia membuat sebuah game yang terinspirasi dari “Pentomino”, sebuah game yang menyusun balik tiga dimensi berjenis puzzle yang sering beliau mainkan pada masa kecilnya.

Pajitnov lantas menamai game ini dengan nama “Tetris”, nama gabungan dari “Tetra” bahasa Yunani yang memiliki arti empat dan “Tenis” yang merupakan olahraga favorit dari Pajitnov.

National Basketball Association (NBA) Didirikan

Logo NBA

NBA atau National Basketball Association yang menjadi liga tertinggi bola basket Amerika didirikan pada tanggal 6 Juni 1946. Pada awalnya, NBA berdiri dengan nama Basketball Association of America (BAA).

Sampai saat ini, NBA menjadi salah satu liga bola basket terbaik di dunia dan menjadi contoh bagi liga-liga lain. Saat ini, ada sebanyak 30 klub yang bertanding di NBA dan dibagi ke dalam dua wilayah.

Baca juga: “Today in History: Hari Terima Kasih

Masing-masing klub yang ada berpusat di satu kota kecuali Los Angeles Lakers dan Los Angeles Clippers yang merupakan klub dari kota yang sama. NBA sudah mencetak berbagai pemain bintang dunia sepertia Michael Jordan, LeBron James, Kobe Bryant, Kevin Durant, Steve Nash, dan lain sebagainya.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.