Update Klasemen ASEAN Para Games 2023, Kontingen Indonesia Kokoh di Puncak

Selamat untuk para atlet Indonesia!

59
ASEAN Para Games

Kontingen Indonesia kokoh di puncak klasemen ASEAN Para Games 2023 yang digelar di Kamboja pada tanggal 3 sampai 9 Juni 2023. Dari data yang diberikan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), sampai dengan Minggu (4/6) malam, Kontingen Indonesia sudah mengumpulkan 73 medali.

“Sobatpora, berikut klasemen perolehan medali sementara ASEAN Para Games 2023 Kamboja sampai dengan malam ini (22.00 WIB). Indonesia menduduki peringkat pertama dengan 32 medali emas, 24 medali perak, dan 17 medali perunggu. Total Raihan adalah 73 medali,” tulis keterangan Kemenpora di akun Instagram resminya @kemenpora.

Tim nasional para-renang Indonesia menyumbang sembilan medali emas pada hari pertama kompetisi dengan Jendi Pangabean menjadi pembuka medali emas untuk Kontingen Indonesia.

Prestasi membanggakan lainnya datang dari tim nasional Judo tunanetra atau blind judo yang menyapu bersih medali emas pada lima kelas yang dipertandingkan hari pertama kemarin.

Cabor para-atletik juga mempersembahkan delapan emas di hari pertama. Demikian pula dengan atlet para-angkat besi putri yang berhasil menyumbangkan tiga medali emas dan para-catur yang mempersembahkan empat medali emas.

Selisih perolehan medali emas Kontingen Indonesia juga jauh dari peringkat kedua, yaitu Vietnam. Pada hari pertama penyelenggaraan, Vietnam berhasil mengumpulkan 51 medali dengan 18 medali emas, 17 medali perak, dan 16 medali perunggu.

Pada peringkat ketiga, ada negara Thailand yang berhasil mengumpulkan 41 medali, di antaranya 15 medali emas, 14 medali perak, dan 12 medali perunggu.

Sementara itu, tuan rumah Kamboja berada di urutan kedelapan dengan meraih total tujuh medali, dengan satu emas, satu perak, dan lima perunggu.

Kontingen Indonesia kembali berpeluang untuk menambah 20 medali emas di hari ketiga penyelenggaraan ASEAN Para Games 2023 di Kamboja.

“Kami mohon doa dari masyarakat Indonesia semoga atlet-atlet kita kembali tampil maksimal hari ini,” ucap Wakil Sekjen Komite Nasional Paralimpiade Indonesia, Rima Ferdianto, dilihat dari sultra.antaranews.com.

Baca juga: “Momen Epik dan Unik yang Terjadi di SEA Games 2023 Kamboja

Potensi medali emas ini datang dari beberapa cabang olahraga seperti para-atletik, para-renang, judo tuna netra, para-catur, dan para-angkat berat.

Mari kita sama-sama berdoa untuk para atlet yang berlaga di ASEAN Para Games 2023 Kamboja!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.