YKAN Gelar Kampanye “Misi Lestari 2023: See Nature”, Ajak Publik Lestarikan Alam Lewat Fotografi dan Olahraga

Tahun ini, kompetisi foto digelar secara lokal dan global.

31
Misi Lestari 2023

Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) kembali mengadakan kampanye tahunan bertemakan “Misi Lestari 2023: See Nature” yang menghadirkan dua aktivitas utama, yakni kontes fotografi dan lari. Seluruh bentuk dukungan yang disalurkan dalam program ini akan disalurkan untuk mendukung kelestarian alam Indonesia.

Setiap tahunnya, YKAN mengikuti kegiatan global yang diadakan oleh mitra YKAN, The Nature Conservancy (TNC), yaitu Global Photo Competition (GPC). Kompetisi ini diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Di tahun ini, kompetisi foto ini enggak cuma digelar secara global saja, tetapi juga diteruskan dalam kontes lokal, yaitu cakupan per negara dan Indonesia menjadi salah satu dari enam negara terpilih.

Ada 12 kategori dalam lomba foto ini, yaitu people & nature, plants & nature, mammals, birds, reptiles & amphibians, insects & arachnids, underwater life, lands, oceans, freshwater, climate, dan aerials yang dilombakan pada tahun ini.

“Untuk kali pertama, YKAN juga membuat kontes foto khusus untuk peserta Indonesia, dengan melibatkan fotografer kawakan Indonesia, yaitu Arbain Rambey, Riza Marlon, dan Marrysa Tunjung Sari. Nantinya para juri ini bakal memilih 12 pemenang per kategori dari 50 foto terbaik khusus dari Indonesia, yang akan dilombakan di konteks lokal,” kata Direktur Komunikasi YKAN, Priscilla Christin.

Misi Lestari 2023
Sesi diskusi untuk program Misi Lestari 2023

Selain kegiatan foto, ada juga kegiatan fun run yang menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan oleh YKAN dalam rangka meningkatkan kesadaran publik pada pentingnya konservasi alam di Indonesia.

Aktivitas lari dipilih karena mudah dilakukan oleh seluruh kalangan masyarakat sambil menikmati pemandangan alam di sekitar. Pada kegiatan fun run kali ini, sambil berlari, peserta diberi kesempatan untuk bisa melakukan aksi nyata dengan memecahkan misi berkakitan dengan kelestarian alam.

Menariknya, untuk menjadi peserta perlu melakukan unlock donasi dan menyelesaikan misi dalam satu tim, hal ini didasari pada kegiatan konservasi yang dilakukan secara gotong royong. Peserta bisa mengajak anggota keluarga lainnya, teman, dan saudara untuk ikut menjadi bagian dari timnya masing-masing.

Anyway, seluruh donasi bakal disalurkan untuk mendukung kelestarian alam Indonesia, terutama keberlanjutan program perlindungan kawasan konservasi perairan dan pengembangan komoditas kakao lestari di Berau, Kalimantan Timur.

“Kabupaten Berau adalah salah satu wilayah Indonesia dengan tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi. Sekitar 72% wilayahnya masih tertutup hutan tropis alami yang menjadi tempat tinggal bagi ekosistem di dalamnya. Sementara perairannya termasuk dalam wilayah Segitiga Terumbu Karang Dunia, yang artinya menjadi habitat ragam spesies terumbu karang dan ikan,” ucap Rizya Ardiwijaya, Coral Reef Specialist YKAN.

Terumbu karang melindungi wilayah pesisir dari ombak dan badai, serta mendukung pendapatan industri pariwisata. Program KORALESTARI yang akan dilaksanakan YKAN bersama mitra, bertujuan untuk melindungi terumbu karang di Indonesia, khususnya di Berau, Laut Sawu, dan Laut Natuna.

Selain program KORALESTARI, YKAN bersama para mitra mendampingi Masyarakat untuk melakukan budidaya kakao yang berkelanjutan dan meningkatkan kualitas biji kakao melalui proses fermentasi.

Fermentasi biji kakao mampu memberi nilai tambah, sehingga bisa menembus pasar premium, baik di dalam negeri maupun mancanegara.

“Kampanye “Misi Lestari 2023: See Nature”, mengajak masyarakat melakukan aksi nyata untuk alam Indonesia, lewat dua aktivitas hobi , fotografi dan berlari. Karena sebuah foto dapat menceritakan seribu kisah tentang alam dan berlari tidak selamanya sekadar olahraga dan hirup, pemandangan yang kita lihat, dan keindahan yang kita rasakan,” ujar Astrid Candrasari selaku Project Director Misi Lestari 2023.

Kegiatan ini akan diawali kontes foto dengan periode pendaftaran selama 30 Agustus hingga 29 September 2023. Pameran foto peserta terpilih disertai kegiatan coaching clinic dan talkshow dari para juri dilakukan pada 6-12 November 2023. Pengumuman pemenang kontes foto lokal bakal diadakan pada 11 November 2023.

Sementara, untuk aktivitas fun run, periode pendaftaran fun run dibuka dengan fundraising yang berlangsung selama 8 September-15 Desember 2023, dilanjutkan dengan unlock donasi untuk menjadi peserta fun run.

Puncak acara Misi Lestari digelar pada 26 November 2023, yang mana peserta diajak untuk berlari sambil menyelesaikan misi-misi yang berkaitan dengan konservasi. Untuk informasi selanjutnya, kamu bisa cek di Instagram @misilestari_indonesia dan @ykan_id.

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!