Mengenal Istilah ‘Simp’ Saingan Terbesar ‘Bucin’, Apa Sih Artinya ?

380
0

Perkembangan zaman menimbulkan banyak perubahan pada masyarakat di dunia. Salah satunya adalah semakin bertambahnya kosa kata dalam berbahasa. Generasi muda banyak menciptakan bahasa baru yang dirasa cukup keren dan asyik saat diucapkan.

Kata-kata slang menjadi sering digunakan hingga banyak dipakai oleh orang lain dari berbagai daerah. Seperti salah satunya kata Bucin yang merupakan singkatan dari Budak Cinta.

Istilah itu digunakan untuk para pria atau wanita yang tergila-gila dengan pasangannya. Mereka rela melalukan apapun dan siap menemani pasangannya, seakan tidak ingin lepas sedetik pun dengan kekasihnya.

Saking viralnya kata Bucin, masyarakat menjadikan kata itu menjadi sebuah judul konten untuk keperluan media sosialnya. Banyak orang yang memamerkan keseharian mereka bersama pasangannya yang selalu bersama-sama berdua.

Namun, kini bukan hanya kata Bucin yang menjadi populer di kalangan generasi muda. Kata Simp mendadak muncul yang memiliki arti mirip dengan Bucin. Mengutip Man Of Many, Simp adalah seseorang yang berusaha terlalu keras untuk memberikan kesan baik orang yang mereka sukai, bahkan sering kali melampaui batas demi mendapatkan perhatian dari orang tersebut.

Orang yang melalukan Simp sampai rela merendahkan diri mereka sendiri hingga bersikap patuh dan tunduk pada orang yang ditaksirnya.

Dilihat dari sudut pandang sejarah, kata Simp adalah kependekan dari frasa Simpleton yang artinya orang bodoh atau tolol hingga pada 2020, kata Simp itu memiliki makna yang baru. Perubahan makna itu berawal dari kemunculan TikTok dan media sosial.

Simp dilakukan pada wanita atau pria yang ingin memenangkan atau menyenangkan hati orang yang disukainya. Meski terdengar romantis ternyata ada ungkapan lain yang membuat kata Simp memiliki arti yang begitu miris.

Ungkapan tersebut adalah kata Simping, yang biasa ditujukan kepada mereka yang mengemis atau merendahkan diri demi mendapatkan orang yang dicintainya. Youtuber PewDiePie juga pernah mengungkapkan kegilaan Simp yang pernah terjadi di kehidupan masyarakat.

Pengguna TikTok bernama NoChillTy mengungkapkan ada 5 ciri yang mengidentifikasikan seseorang melakukan Simp:

  • Ingin melakukan yang terbaik untuk wanita/pria yang tidak tidak menyukainya
  • Berusaha membuat wanita/pria itu terkesan
  • Menempatkan orang yang disukainya pertama sebelum diri mereka sendiri
  • Siap membela demi mendapatkan simpati dari orang yang disukai
  • Tidak suka bila orang yang disukainya diterpa fitnah maupun isu kurang baik

Namun, perlu dicatat. Orang yang melakukan Simp bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada orang yang disukainya.

Pasalnya bila orang yang kamu suka merasa terganggu, tentu mereka tidak menginginkan keberadaan kita di sekitarnya. Karena nyatanya kegilaan dari tren Simp ini sebagian besar dilakukan oleh pengguna TikTok berusia remaja dan mereka yang hobi membuat konten di media sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *