Today in History: Selamat Ulang Tahun Vans

Siapa sih yang gak tau Vans, nah hari ini hari lahirnya loh.

239
Today in History

Setiap tanggal 16 Maret diperingati sebagai hari bersejarah termasuk salah satu brand sepatu ternama asal Amerika Serikat, Vans. Tepat pada hari ini, Vans merayakan hari jadinya yang memiliki sejarah cukup panjang di dunia brand.

Selain itu, hari ini juga diperingati sebagai National Panda Day atau Hari Panda. Panda kini menjadi hewan yang memiliki habitat terbatas akibat berbagai macam aktivitas manusia.

via GIPHY

Lantas, ada peristiwa bersejarah apa lagi yang terjadi pada hari ini tanggal 16 Maret? Semuanya ada di “Today in History”.

Hari Jadi Vans

Melihat dari akun Instagram resmi Vans Indonesia, tepat pada hari ini 16 Maret 1966, Paul Van Doren dan Jim Van Doren bersama dengan Gordon Lee seta Serge Delia, membuka The Van Doren Rubber Company di Anaheim, California, Amerika Serikat. yang menjadi salah satu sejarah panjang Vans.

Pada awal bukanya, Vans hanya memproduksi sepatu jika ada pelanggan yang melakukan pembelian. Hal ini dilakukan untuk menghemat biaya produksi sepatu tersebut. Masalah finansial juga berdampak kepada iklan produk yang dibuat cukup terbatas.

Namun, iklan produk yang biasa-biasa saja ini justru sukses menarik perhatian pelanggan dengan produk sepatu Vans yang bermodel panjang dan bersol tebal.

Vans juga identik dengan olahraga skateboard. Banyak skateboarder dunia yang menggunakan sepatu Vans, bahkan Vans juga menjadi sponsor dari event-event olahraga

Mulai dari sini perlahan demi perlahan Vans memperkuat finansial mereka dan membuka toko di berbagai tempat. Saat ini, Vans menjadi salah satu brand sepatu terbaik di dunia dan digandrungi oleh generasi muda.

Hari Panda

Foto panda yang sedang tiduran/Unsplash

Siapa yang baru tahu kalau hewan panda memiliki hari perayaannya? Yess benar sekali, Hari Panda atau National Panda Day selalu dirayakan pada tanggal 16 Maret setiap tahunnya.

Habitat hewan panda kini semakin terbatas. Dari data yang dikumpulkan, kurang dari 2.000 panda yang ada kini di alam liar karena hilangnya habitat, pertanian, perburuan, bulu, dan faktor lainnya.

Faktor lain yang membuat hewan ini terancam adalah masa hidupnya yang hanya sekitar 15 sampai 20 tahun di alam liar. Namun, jika berada di penangkaran bisa lebih lama lagi.

Dengan adanya peringatan Hari Panda ini diharapkan bisa menjadi cara banyak orang untuk melestarikan hewan lucu ini. Semoga kita semua semakin peduli dengan keberlangsungan kehidupan panda di dunia.

Hari Tidak Ada Selfie

Ilustrasi orang yang sedang melakukan selfie/Unsplash

Perayaan hari ini memang cukup unik. Hari Tanpa Selfie atau No Selfie Day bertepatan dengan ulang tahun Philippe Kahn, seorang penemu kamera ponsel.

Kecanggihan kamera handphone ditambah dengan berbagai macam filter yang semakin hari semakin membuat kecanduan untuk selfie. Kecanduan ini juga kerap dikaitkan dengan perilaku merusak secara psikologis.

Baca juga: “Today in History: Film Godfather Tayang Perdana di Bioskop

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa seorang wanita rata-rata menghabiskan sekitar 104 menit setiap minggunya untuk mencoba mengambil foto selfie yang sempurna.

Oleh karenanya, adanya No Selfie Day ini menjadi pengingat bagi kita semua bahayanya selfie secara berlebihan.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.