Serunya Belanja di Mae Klong Railway Market, Menawar Harga Sambil Menunggu Kereta Lewat!

Bikin adrenalin berpacu!

102
Mae Klong Railway Market

We all know Bangkok, and Bangkok is great, tapi buat kamu yang gemar belanja alias shopping di Thailand dan bosan dengan local market yang ada di Bangkok, ada banyak destinasi-destinasi menarik lainnya di luar Bangkok yang bisa menjadi tujuan belanja kamu selanjutnya. Kenalkan, Mae Klong Railway Market, pasar lokal yang terletak di Provinsi Samut Songkhram, yang bisa menjadi destinasi belanja kamu berikutnya.

Pasar Mae Klong sendiri dikenal sebagai Siang Tai (life-risking) Market, dan merupakan salah satu tujuan belanja sekaligus atraksi yang ramai dikunjungi di daerah Samut Songkhram. Pasar ini memiliki panjang kurang lebih 100 meter, dan terletak tepat di sepanjang jalur kereta dekat Stasiun Kereta Mae Klong.

Mae Klong Railway Market/Dok. OPPAL

Ada banyak hal yang bisa kamu temukan di pasar lokal tersebut, mulai dari seafood segar, sayur mayur, buah-buahan, dried food, berbagai daging mentah, pernak-pernik, persembahan bunga untuk Buddha (kalau-kalau kamu ingin mengunjungi temple di sekitar), bermacam pakaian mulai dari atasan hingga bawahan, aksesori, hingga pakaian khas Thailand.

Mae Klong Railway Market
Mae Klong Railway Market/Dok. OPPAL

Begitu masuk ke pasar, situasinya sama persis seperti pasar tradisional di Indonesia, di mana para penjual akan menawarkan barang mereka dan kamu diperbolehkan untuk menawar harga yang diberikan. Bedanya, pasar ini bersih dari sampah yang bergeletakan di jalan. Pemerintah Thailand memang cukup strict dalam membuat aturan soal membuang sampah, dengan tujuan agar jalanan di seluruh Thailand bersih dari sampah dan sedap dipandang mata.

Mae Klong Railway Market/Dok. OPPAL

Pasar Mae Klong sendiri dibuka mulai pukul 06.00 hingga 17.00, tapi ada waktu-waktu tertentu di mana kereta akan berangkat menuju dan dari Stasiun Kereta Mae Klong, melewati Pasar Mae Klong. Menurut jadwal, kereta akan lewat sebanyak delapan kali dalam satu hari, yaitu pada pukul 06.20, 08.30, 09.00, 11.10, 11.30, 14.30, 15.30, dan 17.40. And when the train passes by, the fun thing begins!

Ketika kereta akan lewat, pengumuman akan dikumandangkan lewat speaker yang tersebar di sekitar pasar. Pengumuman tersebut berisi imbauan bagi para pengunjung untuk segera bersiap-siap karena kereta akan segera lewat, dan semua orang diminta untuk berdiri di belakang garis merah yang berada di sisi kiri dan kanan rel kereta. Pengumuman ini diucapkan dalam beberapa bahasa, mulai dari Bahasa Thailand, Inggris, Jepang, hingga Korea.

Garis merah di Mae Klong Railway Market, pengumuman diberikan di pasar sebelum kereta lewat/Dok. OPPAL

Begitu pengumuman diberikan, para penjual yang menjajakan barangnya di sekeliling rel kereta akan mengatur ulang tenda serta barang dagangan mereka, serta mengingatkan para pembeli dan pengunjung untuk segera mundur ke belakang garis merah (penting!). Proses ini sendiri memakan waktu kurang dari dua menit!

Tim redaksi OPPAL menyaksikan secara langsung proses ketika para penjual merapikan dagangan mereka. Terlihat merepotkan memang, tapi para pedagang sepertinya sudah terbiasa dengan hal tersebut, sehingga mereka dapat melakukan segalanya dengan cepat.

Momen ketika kereta lewat di Mae Klong Railway Market/Dok. OPPAL

Setelah kereta lewat, yang biasanya memakan waktu tidak lebih dari satu menit, para penjual akan kembali merapikan dan menjajakan barang dagangan mereka ke tempat sebelumnya. Sungguh menarik untuk ditonton!

Buat kamu yang pengin mengunjungi tempat ini, kamu perlu menyewa rental car beserta dengan driver dari Bangkok. Pasar ini terletak di tengah Provinsi Samut Songkhram, tepatnya di sebelah barat daya Kota Bangkok, dan kurang lebih berjarak sekitar 82 kilometer dari Bangkok.

Kalau kamu ingin mengejar waktu agar bisa menyaksikan kereta tersebut melewati Pasar Mae Klong, baiknya kamu berangkat dari Bangkok sekitar pukul 06.30 dengan rental car. Dengan begitu kamu punya kesempatan untuk berbelanja dan menonton atraksi tersebut sebanyak dua kali pada pukul 08.30 dan 09.00, ketika matahari belum terlalu terik. Happy shopping, Oppal gengs!

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.