Bantu Cegah Pelecehan Seksual, TransJakarta Tambah Bus Pink Khusus Perempuan

Bus pink ini akan dioperasikan secara bertahap, dengan total 20 unit armada untuk 7 rute.

163
0
Bus Pink

PT Transportasi Jakarta atau TransJakarta baru saja menambah armada bus pink mereka yang dikhususkan untuk penumpang perempuan. Penambahan armada bus pink ini dilakukan untuk mencegah aksi pelecehan seksual yang kerap terjadi di dalam transportasi umum itu.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan TransJakarta Apriastini Bakti Bugiansari mengatakan bahwa pihak TransJakarta ingin penumpang perempuan dapat menikmati layanan TransJakarta dengan aman.

“Bus pink hadir untuk meminimalisir terjadinya pelecehan seksual. Kami ingin penumpang perempuan dapat menikmati layanan TransJakarta dengan aman dan nyaman,” ucap Bapak Apri dilihat dari laman transjakarta.co.id.

Bapak Apri juga menjelaskan bahwa bus pink ini akan dioperasikan secara bertahap. Pada tahap awal, 15 armada bus pink beroperasi mulai Senin, 27 Februari 2023 kemarin. Belasan bus itu melayani 5 koridor, seperti koridor 2 Pulogadung-Harmoni dan Koridor 3 Kalideres-Pasar Baru.

Kemudian ada di Koridor 9 Pinang Ranti-Pluit dan Koridor 13 Ciledug-Tendenan, serta PGC-Harmoni 5C. Pada tahap selanjutnya, PT TransJakarta akan menambah 5 unit armada bus pink pada bulan Maret ini.

“Sehingga seluruhnya menjadi 20 unit armada pink dengan jangkauan 7 rute,” ucap Bapak Apri lebih jauh.

Dalam akun Instagram @pt_transjakarta, ada juga penjelasan tentang komitmen transportasi publik itu dalam menjaga keamanan dan kenyamanan pelanggannya.

“Transjakarta berkomitmen dalam menjamin keamanan dan kenyamanan pelanggan Transjakarta. Nyatanya sekarang Bus Pink Transjakarta semakin luas jangkauannya. Bus khusus perempuan ini beroperasi di koridor 2, 3, 9, 13 dan di rute 5C loh! Siapa saja nih, yang sudah coba naik bus pink dari koridor-koridor ini? tulis di kolom komentar ya Sahabat TiJe,” kata akun @pt_transjakarta.

Baca juga: “Melihat Penampakan Skywalk Kebayoran, Fasilitas Penghubung KRL-Transjakarta

Untuk mencegah kejadian pelecehan tidak terjadi lagi, pihak PT TransJakarta saat ini sedang memperkuat sistem keamanan di semua lini pelayanan. Bus yang saat ini beroperasi juga sudah dilengkapi dengan CCTV serta menempatkan personel keamanan di halte dan dalam bus.

Pada armada bus regular, TransJakarta juga memiliki ruangan khusus perempuan yang dilengkap dengan kamera pengawas (CCTV) yang menjamin keamanan dan kenyamanan pelanggan.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *