Imigrasi Buka Layanan Bikin Paspor Sehari Jadi, Ini Syarat dan Biayanya

Harga pembuatan paspor sehari jadi ini lebih tinggi ketimbang dengan permohonan paspor biasa.

268
0
Paspor Sehari Jadi

Mau liburan ke luar negeri tapi belum punya paspor? Don’t worry, gengs, karena Imigrasi telah meluncurkan layanan pembuatan paspor sehari jadi. Good for you isn’t it? Untuk biaya permohonannya adalah sebesar Rp1 juta.

Harga pembuatan paspor sehari jadi ini lebih tinggi ketimbang dengan permohonan paspor biasa. Harga paspor biasa nonelektronik saat ini adalah Rp350.000,- dan harga paspor biasa elektronik Rp650.000,-.

Anyway, kata Dirjen Imigrasi Silmy Karim, pembuatan paspor sehari jadi ternyata juga sudah banyak diterapkan di negara lain, gengs. Ia juga mengatakan kalau program ini sudah cukup baik. Bahkan, ia juga mendorong program paspor sehari jadi ini untuk lebih bermanfaat.

Lalu, bagaimana cara mengajukannya?

Subkoordinator Humas Ditjen Imigrasi, Achmad Nur Saleh, mengatakan kalau pengajuan permohonan percepatan paspor sehari jadi enggak dilakukan lewat aplikasi M-Paspor. Tetapi, kamu harus datang langsung ke kantor Imigrasi, gengs.

Untuk dokumen yang kamu harus bawa adalah:

  • KTP
  • Kartu Keluarga
  • Akta kelahiran
  • Ijazah/buku nikah/surat baptis

Sementara, bagi WNI yang sebelumnya memiliki paspor terbitan setelah tahun 2009 di dalam negeri, cukup membawa KTP dan paspor lama saja.

Bagi kamu yang ingin membuat paspor sehari jadi disarankan agar datang ke kantor Imigrasi lebih cepat, sehingga paspor bisa segera diproses untuk selesai di hari yang sama. Jika kamu datang di siang hari, ada kemungkinan paspor baru bisa selesai esok paginya.

By the way, untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor Imigrasi (kanim) yang ingin kamu tuju untuk mendapatkan informasi soal mengenai pelayanan percepatan paspor di kanim tersebut.

Nah, tunggu apalagi, yuk, segera datangi kantor imigrasi terdekat supaya bisa liburan ke destinasi impianmu, gengs!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *