Targetkan Ribuan Buyers Asing, Trade Expo Indonesia ke-37 Hadir Secara Hibrida

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia siap menggelar pameran dagang internasional “Trade Expo Indonesia” ke-37 pada 19—23 Oktober 2022.

221
0

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia siap menggelar pameran dagang internasional terbesar di Indonesia, yaitu “Trade Expo Indonesia” ke-37 pada 19—23 Oktober 2022 secara hibrida di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang. TEI kali ini mengusung tema “Strengthening the Global Trade for Stronger Recovery”.

Ajang ini digelar secara hibrida (luring dan daring) setelah sebelumnya selama dua tahun berturut-turut digelar secara daring. TEI yang digelar secara luring akan berlangsung pada 19-23 Oktober 2022, sedangkan gelaran daring akan berlangsung lebih lama, yaitu pada 19 Oktober–19 Desember 2022.

“Trade Expo Indonesia yang diselenggarakan tahun ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi para pelaku usaha Indonesia untuk memperkenalkan dan memasarkan produknya ke pasar global. Terlebih, saat ini sudah banyak pelonggaran terkait pandemi COVID-19 dan kegiatan ekonomi di seluruh dunia mulai menggeliat. Tentunya, kami berharap para pelaku usaha Indonesia dapat turut serta memulihkan kembali perdagangan global dan semakin banyak produk Indonesia yang kembali diekspor,” ungkap Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Bapak Zulkifli menjelaskan, sebagai pameran dagang business to business (B2B) berskala internasional dan terbesar di Indonesia, TEI menawarkan kesempatan untuk memamerkan produk berupa barang dan/atau jasa, serta peluang investasi dan kerja sama antara pelaku usaha Indonesia dengan pelaku bisnis dari luar negeri.

TEI merupakan agenda promosi di sektor perdagangan, pariwisata, dan investasi yang diselenggarakan Pemerintah Indonesia guna mempromosikan produk barang dan jasa berorientasi ekspor, promosi destinasi wisata, serta peluang investasi dalam dan luar negeri.

“Dengan memanfaatkan media digital, TEI 2022 yang juga digelar secara daring membuka peluang yang lebih luas untuk berinteraksi dengan buyer dari berbagai negara sepanjang hari selama periode pameran berlangsung, tanpa dibatasi jarak dan waktu,” jelas Bapak Zulkifli.

TEI 2022 secara luring akan menempati tujuh ruang pameran ICE BSD. Produk-produk yang akan dipamerkan pada TEI 2022 akan terbagi ke dalam 7 kelompok utama, yakni manufaktur, fesyen dan aksesori, perawatan kesehatan dan kecantikan, makanan dan minuman, peralatan medis, perabotan dan dekorasi rumah, serta layanan digital.

Kehadiran buyer dari dalam dan luar negeri menjadikan TEI sebagai tempat sekaligus platform terpercaya bagi para pelaku bisnis dan calon investor dalam meningkatkan dan memposisikan merek dagang produk di pasar global, serta perluasan investasi baik ke dalam maupun ke luar negeri

Tidak hanya itu, Trade Expo Indonesia 2022 juga akan menghadirkan Forum Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi, forum bisnis/seminar; serta konsultasi untuk memfasilitasi para peserta dan pelaku perdagangan untuk saling berbagi informasi, isu dan kebijakan seputar perdagangan, serta tren pasar global.

“Dengan adanya sinergi yang kuat dari berbagai pihak di seluruh sektor, roda ekonomi akan kembali bergerak positif yang tentunya berdampak pada kesejahteraan masyarakat Indonesia. Setelah kita berhasil keluar dari pandemi selama dua tahun kemarin, kini saatnya para pelaku usaha dalam negeri bangkit dan kembali menunjukkan kemampuannya di pasar global,” pungkas Zulkifli Hasan.

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *