Today in History: Gim Pac-Man Pertama Kali Dirilis Pada 1980

52
Today in History

Pada tanggal 22 Mei setiap tahunnya diperingati sebagai Keragaman Hayati Sedunia. Adanya peringatan hari ini untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran manusia akan pentingnya keanekaragaman hayati.

via GIPHY

Selain itu, tepat pada hari ini salah satu gim legenda Pac-Man dirilis pertama kali pada tahun 1980. Permainan ini memiliki konsep yang sangat unik. Dimana pemain akan diajak masuk ke dalam labirin yang berisi makanan, power pellet, buah ceri, empat hantu, dan tentu tokoh utamanya Pac-Man.

Lantas, ada peristiwa bersejarah apa lagi hari ini? Semuanya ada di “Today in History”.

Perilisan Gim Pac-Man

Foto ilustrasi Pac Man/Unsplash

Pac-Man merupakan sebuah gim atau permainan klasik yang dibuat pada tahun 1980 oleh Namco, tepatnya di tanggal 22 Mei. Gim ini juga menjadi sangat populer di zamannya. Permainan Pac-Man memiliki prinsip berupa permainan dalam labirin yang berisi makanan, power pellet, buah ceri, empat hantu, dan tokoh utama Pac-Man.

Tokoh utama Pac-Man didesain menyerupai pizza kecil berwarna kuning dengan irisan yang berfungsi sebagai mulutnya. Mulut ini kemudian digunakan untuk memakan makanan ataupun power pellet dan buah ceri sambil menghindari kejaran empat hantu.

Siapa yang dulu suka menunda bikin PR gara-gara main Pac-Man?

Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia

Foto dua ekor binatang yang sedang bermain di sawah/Unsplash

Setiap tanggal 22 Mei selalu diperingati sebagai Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia. Hari ini ditetapkan pertama kali oleh PBB pada tahun 2000.

Tujuan diadakannya hari ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran manusia akan pentingnya keanekaragaman hayati. Makhluk hidup dan tumbuhan di dunia sangat berperan penting untuk kelangsungan hidup manusia.

Oleh karenanya, sangat penting untuk kita jaga keberlangsungannya. Ini sudah harus menjadi tugas kita bersama untuk bertanggung jawab dan memelihara keanekaragaman hayati demi bumi yang lebih baik.

Pembukaan Menara Tertinggi Kedua di Dunia

Foto Skytree Tower di Jepang/Unsplash

Pada tanggal 22 Mei 2012 sebuah menara pencakar langit di Jepang dibuka. Nama dari menara itu adalah Tokyo Skytree dan berdiri setinggi 634 meter.

Tokyo Skytree pada awalnya berfungsi sebagai menara penyiaran TV, tetapi tak lama menjadi tujuan wisata yang wajib dikunjungi karena memiliki dua dek observasi, akuarium Sumida dan kompleks Kota Tokyo Skytree yang menampilkan lebih dari 300 toko dan restoran.

Baca juga: “Today in History: Chelsea Memenangkan Liga Champions untuk Pertama Kalinya

Tokyo Skytree juga menjadi bangunan tertinggi kedua di dunia setelah Burj Khalifa yang ada di Dubai, Uni Emirat Arab.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.