Today in History: Hari Pramuka Sedunia

Hari ini dirayakan tepat pada hari ulang tahun pendiri Pramuka, Robert Baden Powell dan sang istri, Olave Soames.

193
0
Today in History

Pada tanggal 22 Februari, beberapa peristiwa penting di dunia diperingati setiap tahunnya. Bukan tanpa alasan, peristiwa sejarah yang ada pada hari ini sangat berpengaruh kepada kehidupan kita sampai sekarang.

Salah satunya adalah peringatan Hari Pramuka Sedunia. Hari ini dirayakan tepat pada hari ulang tahun pendiri Pramuka, Robert Baden Powell dan sang istri, Olave Soames.

Selain itu, tepat pada hari ini mamalia pertama di dunia juga berhasil dikloning. Hewan ini adalah seekor domba yang diberi nama Dolly. Hal ini juga menjadi salah satu penelitian yang mencengangkan dunia pada saat itu.

Lantas, ada peristiwa menarik apa lagi hari ini? Selengkapnya dalam “Today in History”.

Masjid Istiqlal Diresmikan oleh Presiden Soeharto

Ilustrasi Masjid Istiqlal/Unsplash

Masjid Istiqlal diresmikan oleh Presiden Soeharto tepat pada hari ini, tanggal 22 Februari di tahun 1978. Masjid yang menjadi ikon wisata religi Indonesia ini akhirnya diresmikan setelah proses pembangunan selama 17 tahun.

Pemancangan tiang pertama masjid ini dilakukan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 24 Agustus 1961. Pembangunan masjid ini pun tak melulu berjalan mulus, ada banyak hambatan yang terjadi sampai pada akhirnya bisa diresmikan tepat pada hari ini.

Hari Pramuka Sedunia

Ilustrasi upacara Pramuka/Unsplash

Hari Pramuka Sedunia atau Hari Kepanduan Sedunia selalu dirayakan pada tanggal 22 Februari setiap tahunnya. Hari ini dirayakan tepat pada hari ulang tahun pendiri Pramuka Robert Baden Powell dan istrinya Olave Soames.

Hari Pramuka Sedunia didedikasikan untuk menghormati Baden Powell dan istrinya yang merupakan ketua kepanduan puteri pertama. Pada hari ini, Pramuka memperingati semangat kepanduan yang memiliki tujuan pengembangan fisik, mental, dan spiritual para pemuda.

Mamalia Pertama Berhasil Dikloning

Domba Dolly yang sudah diawetkan/Shutterstock

Pada 22 Februari 1997, dunia dikejutkan oleh kelahiran seekor domba bernama Dolly. Kehadiran domba Dolly ini merupakan kemampuan bagaimana canggihnya teknologi dalam meng-kloning hewan.

Baca juga: “Today in History: Hari Peduli Sampah Nasional

Proses reproduksi aseksual ini menghasilkan individu atau organisme baru dengan genom yang identik atau hampir identik dengan individu atau organisme yang telah ada sebelumnya. Hal ini tentu menjadi penemuan yang menakjubkan bagi dunia.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *