Today in History: Hari Peduli Sampah Nasional

Hari ini menjadi salah satu momentum bagi pengelolaan sampah secara berkelanjutan.

150
0
Today in History

Pada tanggal 21 Februari setiap tahunnya banyak peristiwa sejarah yang terjadi baik di dalam negeri ataupun luar negeri. Peristiwa ini juga tentu menjadi sebuah kejadian yang berdampak atas kehidupan kita saat ini.

Oleh karenanya, “Today in History” hadir untuk mengulas hal tersebut. Tepat pada hari ini di tahun 2008, TransJakarta pertama kali beroperasi di Ibu Kota dengan jurusan Lebak Bulus – Harmoni.

Tak ada yang menyangka bahwa TransJakarta kini menjadi salah satu transportasi publik yang sangat digemari. Selain itu, TransJakarta juga kini selalu bertransformasi dengan membuka banyak jalur di seluruh Jabodetabek.

Lantas, ada peristiwa apa lagi yang terjadi pada hari ini? Selengkapnya dalam “Today in History”.

Hari Peduli Sampah Nasional

Ilustrasi tumpukan sampah/Unsplash

Hari Peduli Sampah Nasional selalu diperingati setiap tanggal 21 Februari setiap tahunnya. Hari ini menjadi salah satu momentum bagi pengelolaan sampah secara berkelanjutan dan memberikan dampak yang positif terhadap kontribusi upaya penurunan emisi gas rumah kaca.

Adanya peringatan hari ini juga diharapkan menjadi pengingat semua orang bahwa sampah merupakan persoalan yang harus menjadi perhatian utama. Upaya untuk penanganan dan pengelolaan sampah harus melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

Semoga dengan adanya hari ini akan mengetuk pintu hati kita semua agar lebih peduli kepada lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

TransJakarta Pertama Kali Beroperasi Jurusan Lebak Bulus – Harmoni

Ilustrasi TransJakarta yang sedang melintas/Unsplash

Tepat pada tanggal 21 Februari juga menjadi sejarah khusus untuk transportasi Indonesia. Pasalnya, moda transportasi umum TransJakarta pertama kali beroperasi pada 21 Februari 2009. Koridor 8 adalah koridor pertama bus TransJakarta yang ada dengan jurusan Lebak Bulus menuju Harmoni.

TransJakarta kini menjadi salah satu transportasi andalan warga ibu kota untuk beraktivitas. Kini, TransJakarta sudah bertransformasi menjadi penyambung Jakarta dengan kota-kota penyangga seperti Tangerang, Depok, dan Bogor.

Siapa di sini yang anak TransJakarta? Coba tulis di kolom komentar!

Perjalanan Kereta Api Pertama di Dunia

Ilustrasi lokomotif kereta api uap/Unsplash

Pada 21 Februari 1804 menjadi sejarah baru untuk perkerata apian dunia. Pasalnya, pada tanggal ini perjalanan kereta api uap pertama di dunia terjadi di negara Wales. Pada waktu itu, lokomotif uap Trevithick yang tidak bernama menarik sebuah kereta di sepanjang jalan trem dari pabrik besi Penydarren, Wales Selatan.

Lantas hal ini menjadi cikal bakal dari sebuah lokomotif komersial pertama yang ada di dunia. Lokomotif komersial ini dibangun untuk Middleton Railway di Leeds pada tahun 1812 karya Matthew Murray.

Balapan NASCAR Berdiri di Amerika

Ilustrasi balapan NASCAR/Unsplash

Tanggal 21 Februari 1948, National Association for Stock Car Racing (NASCAR) didirikan secara resmi. Balapan NASCAR kemudian menjadi salah satu olahraga tontonan paling populer di Amerika pada saat itu dan bernilai miliaran dollar.

Baca juga: “Today in History: Apple Luncurkan iPod Mini

Bahkan, gim balapan NASCAR menjadi salah satu gim PlayStation yang paling favorit sampai saat ini. NASCAR mengadakan balapan pertamanya pada 19 Juni 1949 di Charlotte Speedway Carolina Utara. Sekitar 13.000 orang hadir untuk menyaksikan balapan fenomenal itu.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *