Penjelasan Lengkap Pihak Yayasan Puteri Indonesia Mengenai Lisensi Miss Universe

Pihak Yayasan Puteri Indonesia mengaku terkejut dengan peralihan lisensi Miss Indonesia.

915
0
Puteri Indonesia

Baru-baru ini, Yayasan Puteri Indonesia (YPI) merilis pernyataan mengenai kabar lisensi Miss Indonesia yang kini dipegang Miss Universe Indonesia. Pernyataan tersebut muncul sebagai tanggapan atas Miss Universe Indonesia yang mengumumkan dalam sebuah press conference pada Rabu, 8 Februari 2023 lalu, bahwa di tahun 2023 ini lisensi Miss Indonesia berganti pada Miss Universe Indonesia.

Dalam pernyataan resmi dari Yayasan Puteri Indonesia yang dikirimkan lewat rilis pers yang diterima oleh OPPAL, Yayasan Puteri Indonesia mengaku dikejutkan dengan pemberitaan di media yang menyatakan bahwa ada organisasi tertentu yang telah memiliki lisensi Miss Universe Indonesia, padahal selama ini pihak Miss Universe Organization (MUO) belum mengeluarkan pernyataan secara resmi kepada Yayasan Puteri Indonesia yang telah 30 tahun lamanya bekerjasama dengan Miss Universe.

Lewat press release tersebut, Ketua Bidang Komunikasi Yayasan Puteri Indonesia, Bapak Mega Angkasa, mengatakan, “Yayasan Puteri Indonesia sempat terkejut karena pada saat itu kami masih menunggu berita resmi dari Director for Global Franchise MUO, Carlos Capetillo, perihal kelanjutan untuk lisensi seperti tahun tahun sebelumnya.”

Mega menceritakan bahwa pada tanggal 25 Januari 2023 YPI mendapatkan informasi dari Miss Universe Organization bahwa akan dilakukan bidding perpanjangan lisensi tahun 2023 untuk Indonesia. “Kami hanya diberi waktu 3 hari kerja (working day). Kemudian YPI mengajukan bidding tersebut pada tanggal 31 Januari 2023 waktu Indonesia sesuai dengan jadwal yang diminta oleh MUO dengan mengajukan penawaran yang naik 1000% (10 kali) dibandingkan nilai yang YPI bayar tahun sebelumnya, ditambah dengan beberapa penawaran kerjasama dengan MUO termasuk menjadikan Miss Universe sebagai brand ambassador, sponsor makeup dan merchandise Miss Universe di Indonesia,” ujar Pak Mega.

Selanjutnya pihak MUO memberitahukan akan memberikan pengumuman pemegang lisensi pada tanggal 7 Februari 2023. Namun hingga tanggal 8 Februari 2023 belum ada update pengumuman yang diterima oleh YPI.

Puteri Indonesia

Di saat YPI masih menunggu kabar dari pihak MUO terkait perpanjangan lisensi, pada hari yang sama, Rabu, tanggal 8 Februari 2023, pukul 16.30 YPI mendapatkan informasi terkait press conference kepemilikan Lisensi Miss Universe Indonesia, di mana salah satu organisasi di Indonesia mengklaim sebagai pemilik baru lisensi Miss Universe Indonesia, dan 20 menit setalah acara press conference dimulai, tepatnya pukul 16.50, YPI mendapatkan jawaban yang dikirim melalui e-mail bahwa lisensi YPI tidak diperpanjang, yang suratnya dikeluarkan oleh JKN Global, dan bukanlah dari Miss Universe Organization, atau Carlos Capetillo.

“Dengan terjadinya hal tersebut, YPI merasa kecewa dan beranggapan tidak adanya transparansi dalam proses bidding kepemilikan lisensi Miss Universe Indonesia, dan kami merasa terdapat ketidakadilan karena YPI hanya diberikan waktu 3 hari kerja sementara National Director negara lain mendapatkan tenggang waktu 5 – 10 hari. Selain itu, kami tidak diberikan format bidding secara proper sedangkan negara lain mendapatkan format bidding secara detail,” tulis press release tersebut.

“Karena tidak ada transparansi dalam proses bidding, kami menduga terdapat faktor lain yang dominan sehingga menentukan peralihan lisensi Miss Universe Indonesia tersebut, berdasarkan fakta yang terjadi dalam press conference bahwa organisasi tersebut mendapatkan lisensi Miss Universe Indonesia 2023 beberapa bulan sebelumnya,” tambah pernyataan press release tersebut.

Mega juga menambahkan, terlepas dari peralihan lisensi Miss Universe, kegiatan dan program program Puteri Indonesia akan terus berjalan termasuk penyelenggaraan Pemilihan Puteri Indonesia 2023 yang akan berlangsung pada bulan Mei mendatang. Puteri Indonesia akan tetap menjadi Puteri Indonesia yang telah melekat di hati masyarakat dan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

“Puteri Indonesia telah menjadi cerminan dan teladan perempuan Indonesia, perempuan-perempuan muda yang cerdas, berbakat dan berkepribadian yang telah membawa harum dan prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional,” ujarnya.

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *