Malu Bau Mulut Saat Puasa? Cobain Tips Ini deh Gengs!

139
Ilustrasi bau mulut

Memasuki bulan puasa, biasanya bau mulut menjadi musuh utama umat muslim yang sedang menjalankan ibadahnya. Bau mulut tak sedap ini ada beberapa penyebabnya.

Karena bau mulut tersebut, terkadang kita kurang merasa percaya diri dengan bau mulut yang kerap muncul saat sedang berpuasa.

Ilustrasi bau mulut/Shutterstock

Bau mulut yang muncul ini biasanya dipicu oleh beberapa hal, di antaranya adalah makanan yang kita konsumsi saat sahur yang cenderung memiliki bau menyengat sehingga bisa menyebabkan bakteri berkembang biak dengan sangat cepat.

Selain itu, bau mulut juga dapat muncul dalam tubuh kita sendiri, seperti yang dialami oleh pasien pengidap diabetes atau maag.

Nah, mengutip dari laman Kementerian Kesehatan, ada tips dan beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi bau mulut selama menjalankan ibadah puasa. Jangan sampai bau mulut ini mengganggu aktivitas kamu ya Gengs.

Tips atau Cara Mengurangi Bau Mulut

Minum Air Putih 2-3 Liter

Ilustrasi orang yang sedang minum air putih/Shutterstock

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah minum air putih 2-3 liter saat menjalankan ibadah puasa. Air putih merupakan minuman yang mampu menetralkan zat beracun yang ada di dalam tubuh.

Pada saat menjalankan ibadah puasa, usahakan minum 2-3 liter air ketika berbuka puasa dan jam sahur tiba. Tips ini bisa kamu lakukan mulai hari ini ya Gengs.

Gosok Gigi dengan Sempurna

Ilustrasi orang sedang gosok gigi/Shutterstock

Setelah makan sahur, usahakan kamu langsung menggosok gigi sebelum waktu imsakiyah tiba. Namun ingat, gosok gigi dengan cara yang sempurna sesuai dengan anjuran dokter yaitu ke atas lalu ke bawah.

Oiya, jangan lupa untuk menggosok lidah dan gunakan obat kumur untuk membersihkan mulut dengan maksimal.

Hindari Makanan yang Berbau Tajam

Ilustrasi makanan yang bisa mengeluarkan bau tak sedap/Shutterstock

Ada banyak jenis makanan yang berbau tajam dan sangat nikmat untuk menu sahur kamu. Tapi, kalau bisa hindari makanan ini ya Gengs untuk menjaga tidak bau mulut sepanjang hari. Hindari tipe makanan seperti petai, jengkol, ikan, dan lain sebagainya.

Hindari Tidur Terlalu Lama

Ilustrasi orang sedang tidur/Shutterstock

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mencegah bau mulut adalah jangan tidur kelamaan. Tidur terlalu lama bisa menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Oleh karena itu, jangan tidur terlalu lama ya Gengs pada saat puasa.

Nah, itu empat tips yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi bau mulut saat sedang menjalani ibadah puasa. Tips ini juga bisa membuat kamu lebih percaya diri saat bertemu teman-teman di tongkrongan.

Semoga puasa kita tahun ini lancar ya Oppal Gengs.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.