Excellent! Lionel Messi Cetak Gol ke-800

Gol ini sekaligus menambah kesuksesan Messi setelah membawa Argentina menjuarai Piala Dunia 2022.

117
Messi

Lionel Messi baru saja mencatatkan rekor istimewa untuk dirinya sendiri. Ia baru saja mencetak gol ke-800 sepanjang karirnya berkat membobol gawang Panama pada Jumat (24/3) pagi. Messi menyumbang satu gol dalam kemenangan Argentina 2-0 atas Panama dalam laga ujicoba.

Megabintang Argentina itu mencetak gol di menit akhir yang tercipta dari tendangan bebas ke sudut atas gawang lawan.

Messi memastikan kemenangan Argentina usai Thiago Almada memecah kebuntuan dengan mencetak gol pertama pada menit ke-78.

Bagi Lionel Messi, gol ke gawang Panama ini merupakan gol ke-800 dirinya sepanjang berkarir di level klub dan Internasional. Sebanyak 99 gol dibukukan Messi untuk Argentina dalam 173 caps, sedang sebanyak 701 gol dicetak Messi untuk Barcelona (672 gol) dan Paris Saint-Germain (29 gol).

Gol Messi ke gawang Panama ini juga menjadi perayaan manis untuk dirinya bersama Argentina usai memenangi Piala Dunia 2022 kemarin. Trofi pertama Argentina setelah tiga setengah dekade lamanya, sekaligus melengkapi kegemilangan karir Messi.

Lionel Messi ini menyusul sang rival, Christiano Ronaldo sebagai pemain yang sudah menembus 800 gol di laga resmi. Catatan ini kemudian diarsip dengan sangat baik oleh IFFHS (Federasi Internasional dari Sejarah dan Statistik Sepakbola) Ronaldo sendiri mencapai milestone itu pada Desember 2021.

Prestasi Luar Biasa Lionel Messi di Tahun 2023

Foto Timnas Argentina saat menjuarai Copa America/Shutterstock

Pada tahun 2023, Lionel Messi sudah mencatatkan beberapa prestasi yang luar biasa. Sebelumnya, ia mendapatkan penghargaan dari IFFHS karena berhasil mencetak gol paling banyak di sepak bola secara global, baik bersama dengan klub (tanpa kejuaraan domestic) maupun tim nasional.

Lionel Messi juga pernah meraih IFFHS Men’s World Best Player 2022. Ia berhasil meraih penghargaan tersebut usai mengumpulkan total poin 275. Jumlah poin Messi pun jauh mengungguli pesaing terdekatnya, Kylan Mbappe yang menduduki peringkat kedua dengan 35 poin.

Baca juga: “Ahlan Wa Sahlan! Messi Jadi Duta Pariwisata Arab Saudi

Terakhir, Lionel Messi berhasil mendapatkan gelar Champion of Champion dari surat kabar L’Equipe. Penghargaan ini menjadi yang pertama kalinya diraih oleh La Pulga dalam karirnya.

Messi mendapatkan gelar ini usai berhasil mengumpulkan total poin sebanyak 808. Jumlah ini jauh mengungguli pesain terdekatnya, lagi-lagi Kylian Mbappe yang menduduki peringkat kedua dengan 381 poin.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.