Adi Sarwono, Pria Asal Jakarta yang Abdikan Diri untuk Literasi Anak-Anak di Lampung

Sebuah kisah inspiratif datang dari pria asal Jakarta, Adi Sarwono, yang mengabdikan dirinya untuk literasi anak-anak di Lampung.

813
1
Adi Sarwono

Sebuah kisah inspiratif datang dari pria asal Jakarta yang mengabdikan dirinya untuk literasi anak-anak di Lampung. Ia bernama Adi Sarwono atau biasa disapa Mang Adi. Beliau saat ini fokus kepada sekolah rakyat yang ia dirikan bernama Busa Pustaka.

Pria berpostur tinggi ini menceritakan awal dari keinginan beliau untuk memberikan literasi pada anak-anak di daerah Lampung sekaligus mendirikan Busa Pustaka di sana.

Keresahan Mang Adi terhadap masa depan anak-anak di Lampung muncul ketika ia sedang berkendara sepeda motor di daerah Lampung dan dipalak oleh beberapa orang anak. Dan yang lebih mengejutkan adalah uang hasil palakan dari Mang Adi ini digunakan oleh anak-anak tersebut untuk membeli narkoba.

Adi Sarwono
Adi Sarwono

“Jadi pada saat saya sedang dalam perjalanan di Lampung, saya dipalak oleh beberapa orang anak. Mereka malak saya itu 50 ribu. Dan uang hasil palakan saya itu dibelikan narkoba oleh mereka. Saya melihat sendiri alat hisap bong yang digunakan oleh mereka dibawa pada saat memalak saya,” ujar Adi Sarwono pada saat dihubungi oleh Redaksi Oppal.

Dari peristiwa inilah Mang Adi memulai aksi sosialnya untuk memberikan literasi kepada anak-anak di daerah Lampung. Karena menurut beliau, literasi bisa membuat manusia menjadi lebih baik dan bisa membuat pendidikan yang lebih baik, terutama anak-anak di Lampung.

“Literasi itu bisa membuat kita menjadi lebih baik, anak-anak Lampung jadi lebih baik. Adab orang itu bisa berubah karena literasi,” pungkasnya.

Selain itu, hal lain yang mendorong Adi Sarwono mau mengabdikan diri untuk anak-anak di Lampung lewat Busa Pustaka adalah adanya keinginan membantu mereka pada saat pandemi melanda Indonesia.

Pada saat Adi Sarwono ke Lampung di masa pandemi, ia sangat terkejut dengan kondisi anak-anak di sana yang hampir putus sekolah karena tidak memiliki handphone dan kuota internet.

Saat itu juga, Mang Adi langsung membelikan handphone untuk beberapa anak di Lampung dan menanggung kuota internet mereka setiap bulannya agar mereka bisa kembali belajar.

Salut untuk Mang Adi! Semoga perjuangannya ini bisa terus berlanjut untuk kemajuan literasi anak-anak di Lampung.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

One thought on “Adi Sarwono, Pria Asal Jakarta yang Abdikan Diri untuk Literasi Anak-Anak di Lampung

  1. Good job Pak Rio. Semangat menulis untuk memberikan informasi