Green Edelweiss Foundation Ajak Mahasiswa UI Menuju Masa Depan Berkelanjutan Melalui Ekonomi Sirkular

Makin banyak yang sadar dan peduli terhadap lingkungan ya gaes!

46
Founder Green Edelweis Ayi Subing saat berbicara di Kampus UI Depok

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) menggelar Forum Community Sharing Green Rangers 8.0 yang berlangsung di Auditorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia Depok, Selasa (22/08/23). Acara ini merupakan bentuk komitmen BEM UI, untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dan praktik berkelanjutan di kalangan mahasiswa serta komunitas akademik.

Founder Green Edelweiss Foundation (GEF), Ayi Subing, yang hadir sebagai pembicara memberikan pemaparan inspiratif berjudul “Mengembangkan Masa Depan Berkelanjutan melalui Ekonomi Sirkular.” Pemaparan ini merupakan bagian dari upaya GEF untuk mendorong pola hidup lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Pak Ayi Subing menjelaskan pentingnya menerapkan model ekonomi sirkular sebagai landasan masa depan yang berkelanjutan, dengan menyoroti perlunya konsumsi yang lebih bijaksana, prinsip daur ulang, serta efisiensi dalam pemanfaatan sumber daya yang menekankan kesadaran lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

“Konsep ekonomi sirkular dapat berkontribusi secara positif terhadap upaya pelestarian lingkungan, pentingnya memperlakukan sumber daya alam dengan bijaksana, mengurangi limbah, dan merancang produk agar dapat didaur ulang atau diperbaharui,“ ujar Pak Ayi Subing.

Founder Green Edelweis Ayi Subing saat berbicara di Kampus UI Depok
Founder Green Edelweiss Ayi Subing saat berbicara di Kampus UI Depok

Ekonomi Sirkular merupakan suatu konsep ekonomi yang berfokus pada penggunaan sumber daya secara lebih efisien dan berkelanjutan. Dalam model ekonomi ini, produk, bahan, dan sumber daya diusahakan untuk tetap berputar di dalam sistem ekonomi selama mungkin, sehingga mengurangi pembuangan limbah dan mengurangi kebutuhan akan sumber daya baru.

Dalam presentasinya, Pak Ayi Subing juga membagikan contoh nyata tentang bagaimana Green Edelweiss Foundation telah berkontribusi dalam mempromosikan ekonomi sirkular melalui inisiatif dan program-program berkelanjutan. Ia menggambarkan bagaimana komunitas, bisnis, dan lembaga dapat bekerja sama untuk menciptakan dampak positif yang berkelanjutan pada lingkungan sekitar.

Founder Green Edelweis Ayi Subing bersama mahasiswa BEM UI saat berbicara di Kampus UI Depok
Founder Green Edelweiss Ayi Subing bersama mahasiswa BEM UI saat berbicara di Kampus UI Depok

Acara ini menarik perhatian banyak peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, serta kalangan masyarakat umum. Sesuai dengan tujuan GEF, presentasi ini berfungsi sebagai ajang untuk menginspirasi dan mendorong pengetahuan mengenai pentingnya praktik berkelanjutan dan ekonomi sirkular di kalangan generasi muda.

“Kita semua harus berperan aktif dalam mendukung ekonomi sirkular dan berkontribusi dalam menciptakan masa depan yang lebih baik. Acara ini menjadi bukti nyata bahwa upaya bersama dalam menerapkan prinsip-prinsip ekonomi sirkular dapat membawa perubahan positif dan berkelanjutan bagi lingkungan dan masyarakat,“ tutup Pak Ayi Subing.