5 Cara Mudah Detoks Pikiran buat Jaga Kesehatan Mental

Time to get back that happy state of mind!

31
bahagia kesehatan mental

Kalau kamu sudah lulus kuliah dan sekarang ini mulai memasuki dunia kerja, well, saat ini kamu pasti menyadari bahwa kehidupan sebagai seorang dewasa ternyata…tidak selamanya se-menyenangkan dan se-asyik yang kita kira. Di satu sisi, kita sibuk mengatur waktu untuk bisa menyelesaikan deadline pekerjaan (yang rasanya tak ada habisnya) di kantor, di sisi lain kita juga tak ingin FOMO dan berusaha untuk meluangkan waktu dengan bertemu bersama sahabat terdekat serta keluarga.

Dengan jadwal yang serba padat, tak aneh jika self-care kemudian jadi prioritas terakhir. Pampering di salon? Terlalu memakan waktu. Mengikuti kelas yoga? Ugh, bahkan untuk bangun dari tempat tidur dan membuat sarapan saja rasanya malas.

Kalau kamu juga merasakan hal yang sama, berikut ini ada beberapa tips self-care dan detoks yang mudah, hemat, dan tidak memakan banyak waktu untuk menjaga kesehatan mentalmu. Ready to boost your mood, brain and energy?

Coba teknik meditasi “colour breathing”

meditasi yoga kesehatan mental
Ilustrasi meditasi / Shutterstock

Melansir dari Healthline, tip kecil ini bisa membantu “melepaskan stres dan meningkatkan suasana hati”:

  • Visualisasikan sebuah emosi atau “vibe positif” yang ingin kamu rasakan. Lalu, asosiasikan perasaan tersebut dengan sebuah warna, sedikit tip: ada baiknya warna tersebut adalah warna favoritmu atau warna yang menenangkan.
  • Cari tempat dan posisi yang nyaman.
  • Tutup matamu dan bernapaslah secara dalam dan perlahan, lalu bayangkan warna tersebut pikiranmu.
  • Biarkan warna dan emosi yang melekat pada warna tersebut memenuhi pikiranmu.
  • Saat kamu menarik napas, imajinasikan warna tersebut meresap ke seluruh tubuhmu, termasuk hingga ujung jari tangan dan kakimu.
  • Ketika kamu membuang napas, buang seluruh emosi yang tidak kamu inginkan dan bayangkan emosi tersebut keluar dari tubuhmu, digantikan dengan warna yang kamu pilih.
  • Coba langkah di atas selama satu atau dua menit.

Kamu bisa melakukan meditasi ini sepulang kerja, ketika kamu merasa pikiranmu sedang terbebani, atau saat membuka mata untuk memulai hari.

Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin B12

salmon sashimi
Salmon sashimi / Shutterstock

Melansir dari Glamour, kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan kita merasa: mudah tersinggung, perubahan mood yang ekstrem, gampang lupa, hingga depresi.

Inilah mengapa, penting untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 setiap harinya, seperti tuna, salmon, telur, keju, tahu, atau yoghurt rendah lemak.

Selain itu, kafein juga diketahui meningkatkan penyerapan vitamin B12, jadi silakan nikmati secangkir kopi favorit setelah makan siang atau sarapan.

Merawat kulit = menjaga kesehatan mental

avocado oil minyak alpukat
Avocado oil / Shutterstock

Musim panas belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir, dan kulitmu mungkin terasa lebih kering dari biasanya akibat sinar matahari yang terik. Bahkan kalau kamu lebih sering bekerja di dalam ruangan, tak menutup kemungkinan kulitmu tetap terasa kering, lho!

Truth is, menjaga kulit itu penting, dan meski kamu tak punya waktu untuk makan di restoran baru bersama teman-teman karena deadline di kantor memaksamu untuk lembur, kamu tetap harus merawat kulitmu dengan baik, karena tubuhmu adalah asetmu.

Salah satu cara terbaik untuk menjaga kondisi kulit agar tidak kering adalah dengan mengoleskan minyak argan atau avocado oil ke area tubuh yang rentan, atau kalau kamu punya lebih banyak waktu untuk DIY, masker oatmeal sangat baik untuk tubuhmu, lho!

Kalau kamu tak ada waktu untuk melakukan hal-hal di atas (oke, kami paham kalau kamu memang super sibuk), setidaknya oleskan pelembap pada kulit tubuh dan wajahmu secara rutin di pagi atau malam hari, dan jangan lupa gunakan sunscreen setiap hari, setiap saat, di mana pun, kapan pun. Trust me, you’ll thank yourself later.

Manfaatkan lavender sebelum tidur

lilin lavender candle
Lavender candle / Shutterstock

Selain aromanya yang menenangkan, lavender juga memiliki khasiat untuk membantumu lebih cepat tidur, lho. Ini karena lavender mengandung senyawa anxiolytic (pereda kecemasan) yang secara alami mampu menenangkan pikiran dan tubuh.

Gunakan beberapa tetes minyak lavender ke atas bantalmu sebelum tidur, atau campurkan sedikit minyak lavender saat kamu membalurkan tubuhmu dengan sabun ketika mandi. Atau, cara yang paling mudah adalah dengan menyalakan lilin yang mengandung minyak esensial lavender sambil berusaha untuk tidur.

Tidur adalah kegiatan yang sangat penting untuk menjaga pikiran dan tubuh tetap fit. Selain itu, tidur juga mampu menjaga suasana hati tetap optimal sepanjang hari, inilah mengapa kamu perlu mendapatkan istirahat dan tidur yang cukup setiap harinya. Manfaatkan kehadiran lavender untuk memaksimalkan waktu istirahatmu!

Saatnya membuat jurnal untuk kesehatan mental

journaling menulis jurnal kesehatan mental
Ilustrasi menulis jurnal / Shutterstock

Emma Watson does this every day, and look how gorgeous she is. Kalau kamu termasuk orang yang gemar menulis atau menuangkan isi pikiran, saran terbaik untuk mendetoksifikasi pikiran dan menjaga kesehatan mental adalah dengan journaling.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Rochester Medical Center di New York baru-baru ini, meluangkan waktu untuk menuliskan perasaan negatif merupakan salah satu cara efektif untuk melepaskan emosi dan perasaan negatif tersebut.

Pasalnya, kegiatan ini dapat membantu kita memprioritaskan masalah, ketakutan, dan kekhwatiran, serta menyediakan tempat untuk mengekspresikan hal-hal positif setelahnya. Enggak cuma itu, menulis jurnal juga bisa membuatmu mengenali apa yang memicu pikiran dan suasana hatimu yang buruk, serta menghindarinya.

via GIPHY

Itu dia sederet tips mudah yang bisa kamu lakukan setiap harinya untuk menjaga pikiran dan tubuhmu tetap sehat. Time to get back that happy state of mind!

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.