5 Makanan yang Dapat Menenangkan dan Bantu Mengurangi Rasa Cemas

Mulai dari menyeruput teh chamomile.

26
teh chamomile

Ingin melakukan presentasi penting di kelas atau di kantor dan kamu merasa cemas? Ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengurangi rasa cemas tersebut, salah satunya adalah dengan mengonsumsi beberapa makanan kaya nutrisi yang dapat menenangkan tubuh.

Berikut ini lima makanan yang bisa membantu meredakan rasa cemas:

1. Chamomile

Makanan untuk Redakan Depresi
Teh chamomile/shutterstock

Chamomile merupakan ramuan yang dikenal dapat membantu menenangkan pikiran. Efek ini terjadi melalui kandungan sifat antioksidan dan anti-inflamasi di dalamnya, yang diketahui bisa mengurangi peredangan yang terkait dengan rasa cemas atau gelisah.

Melansir laman Healthline, chamomile dipercaya dapat membantu mengatur neurotransmitter yang berkaitan dengan suasana hati, seperti dopamin dan serotonin.

Selama 5 tahun, partisipan yang mengonsumsi 1.500 miligram ekstrak chamomile per harinya mengalami gangguan kecemasan umum yang lebih rendah.

Studi lain yang diterbitkan pada tahun 2012 pun menemukan, mereka yang mengonsumsi ekstrak chamomile selama 2 bulan mengalami penurunan gejala kecemasan dan depresi.

2. Salmon

Makanan untuk Redakan Depresi
Salmon bisa membantu mengurangi rasa kecemasan dan depresi/pexels

Salmon mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan otak dan mental. Nutrisi tersebut adalah vitamin D, asam lemak omega-3, asam docosahexaonic (DHA) dan asam eicosapentaeonic (EPA).

Nutrisi ini berfungsi untuk mengatur dopamin dan serotonin, yang berdampak pada suasana hati dan mengurangi rasa cemas.

Salah satu penelitian menemukan bahwa pria yang secara teratur makan salmon Atlantik sebanyak 3 kali seminggu selama hampir 6 bulan melaporkan, ada peningkatan yang signifikan dalam kesehatan mental dan gejala kecemasan.

Sementara, mereka yang enggak mengonsumsi salmon Atlantik secara teratur melaporkan enggak ada perubahan.

Para peneliti pun percaya bahwa dampak tersebut disebabkan oleh tingginya jumlah vitamin D, DHA, dan EPA yang ditemukan dalam salmon.

3. Dark Chocolate

Makanan untuk Redakan Depresi
Cokelat hitam/shutterstock

Biasanya, cokelat hitam sering dianggap sebagai camilan, tapi sebenarnya makanan ini memiliki banyak manfaat kesehatan, lho!

Menurut American Psychiatric Association, cokelat hitam mengandung serat tinggi, zat besi, magnesium, dan antioksidan. Cokelat hitam juga dikaitkan dengan efek positif pada suasana hati dan mental health.

Sebuah studi dari University College di London tahun 2019 menyimpulkan, orang yang mengonsumsi cokelat hitam memiliki kemungkinan lebih rendah untuk mengalami gejala depresi, ketimbang mereka yang enggak mengonsumsi cokelat sama sekali.

Meski begitu, dampak yang sama enggak ditemukan pada produk milk chocolate yang banyak dijual di pasaran.

4. Kacang-kacangan

Makanan untuk Redakan Depresi
Ilustrasi kacang-kacangan/pexels

Kacang-kacangan merupakan makanan yang kaya manfaat bagi kesehatan mental. Sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Nutrition mengungkapkan, mengonsumsi segenggam kacang setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko depresi sebesar 17%.

Para peneliti juga menemukan bahwa orang dewasa paruh baya yang mengonsumsi 30 gram kacang-kacangan setiap harinya lebih kecil kemungkinannya meminum obat anti depresi atau mengalami depresi.

Meski begitu, tidak semua kacang punya manfaat yang sama. Kacang-kacangan yang dimaksud antara lain almond, kenari, hazelnut, pistachio, dan kacang mete.

5. Blueberry

Makanan untuk Redakan Depresi
Ilustrasi blueberry/pexels

Blueberry yang kaya akan antioksidan diketahui dapat membantu meredakan rasa cemas. Sebuah studi pada tahun 2020 menemukan, remaja yang mengonsumsi suplemen blueberry liar selama sebulan melaporkan gejala depresi yang lebih rendah.

Sejumlah penelitian, termasuk satu penelitian tahun pada 2020 dan satu penelitian pada tahun 2021 menemukan, mengonsumsi sayuran dan buah-buahan setiap hari berdampak terhadap peningkatan kesehatan mental.

Selain itu, pola makan yang seimbang dengan buah-buahan, beri, dan sayuran juga dapat membantu mencegah gejala kecemasan dan depresi.

Nah, untuk membantu mengurangi rasa cemas, kamu bisa coba mengonsumsi lima makanan di atas, gengs! Sudah pernah mencoba?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!