5 Pulau Cantik di Kepulauan Seribu yang Bisa Jadi Wishlist Liburan Kamu

It’s beach time!

47
Pulau di Kepulauan Seribu

Bagi kamu yang ingin liburan ke pulau, Kepulauan Seribu bisa jadi destinasi yang pas banget buat kamu kunjungi. Kepulauan yang terletak di utara Teluk Jakarta ini memiliki gugusan pulau-pulau yang cantik dan indah.

Akses menuju Kepulauan Seribu juga cukup mudah dan enggak butuh waktu yang terlalu lama. Kamu cukup menyeberang dari Pelabuhan Marina Ancol atau Pelabuhan Muara Angke. Enggak heran kalau Kepulauan Seribu jadi salah satu andalan warga Jakarta.

Nah, kira-kira pulau apa saja sih, di Kepulauan Seribu yang bisa kamu kunjungi? Cek selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Pulau Bidadari

Pulau di Kepulauan Seribu
Pulau Bidadari/pulauseributraveling.com

Seperti namanya, pulau ini punya view yang cantik bak bidadari yang turun dari kayangan. Lokasi Pulau Bidadari juga enggak begitu jauh, sehingga kamu enggak perlu waktu lama untuk menyeberang dari dermaga Marina Ancol. Bahkan, Pulau Bidadari sangat dekat dengan daerah PIK 2, dengan jarak hanya terpaut sekitar 2 km.

Di pulau ini, kamu bisa melihat indahnya gedung-gedung bertingkat dari kejauhan seperti miniatur. Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini, mulai dari snorkeling, bersepeda hingga berburu spot foto instagrammable di Pulau Bidadari.

Harga tiket masuk Pulau Bidadari adalah Rp5.000,- untuk anak-anak dan dewasa. Pulau Bidadari juga menawarkan paket wisata yang sudah termasuk dengan biaya transportasi penyeberangan.

2. Pulau Macan

Pulau Macan/wisatapulauseribu.co.id

Pulau di Kepulauan Seribu berikutnya yang wajib kamu kunjungi adalah Pulau Macan. Pulau yang berada di kawasan bagian utara Kepulauan Seribu ini menarik banget untuk dikunjungi karena memiliki perairan berwarna biru kehijauan yang indah.

Berkunjung ke Pulau Macan ini juga membuat pengunjung seolah berada di Maldives. Hal ini karena adanya penginapan atau cottage yang menjadi salah satu fasilitas di pulau ini. Penginapan itu dibangun dari kayu dengan pemandangan langsung ke pantai, sehingga menjadikan pengalaman liburanmu jadi menyenangkan.

Pulau Macan memiliki beragam aktivitas yang bisa kamu nikmati, seperti snorkeling, hopping island, coral planting atau penanaman terumbu karang, hingga berjemur sekaligus menyaksikan sunset.

Biasanya, biaya untuk berkunjung sehari ke pulau tersebut membutuhkan sekitar Rp1.000.000,-, sedangkan untuk paket menginap membutuhkan biaya menginap di cottage sekitar Rp2.500.000,- per malamnya tergantung penginapan yang kamu pilih.

3. Pulau Onrust

Pulau di Kepulauan Seribu
Pesona Pulau Onrust/pulauseribu.co.id

Salah satu pulau cantik di Kepulauan Seribu yang harus kamu sambangi adalah Pulau Onrust. Pulau ini telah populer sejak zaman penjajahan Belanda dulu, dan juga sering disinggahi untuk menyandarkan perahunya. Inilah sebabnya, nama pulau ini berarti “tidak pernah beristirahat”, dari Bahasa Belanda “onrust”. Lokasi pulau ini sangat dekat dengan Pulau Bidadari.

Pulau Onrust memiliki pemandangan laut yang flawless dengan air yang jernih. Menariknya, di pulau ini ada sejumlah bangunan tua dan bersejarah yang bisa dilihat, seperti Museum Pulau Onrust, Menara Keket, dan Pemakaman Belanda.

Jam operasional Pulau Onrust dibuka mulai pukul 08.00–17.00 WIB. Untuk tarif masuk ke pulau ini cukup membayar Rp5.000,- per orangnya.

4. Pulau Perak

Pulau di Kepulauan Seribu
Pulau Perak/ksmtour.com

Pulau Perak sama seperti Pulau Macan, yang berada di kawasan bagian utara Kepulauan Seribu. Durasi menuju Pulau Perak sendiri memakan waktu sekitar empat hingga lima jam. Pulau ini juga dikenal sebagai salah satu pulau cantik di Kepulauan Seribu yang sayang banget kalau kamu lewati.

Di pulau ini kamu bakal melihat hamparan pasir putih yang halus dan bersih di bibir pantainya. Perairan pulau ini juga berwarna kebiruan yang jernih, ditambah udaranya juga jauh dari polusi dan suasananya sangat tenang.

Beragam aktivitas bisa kamu nikmati di sini, seperti berenang, snorkeling, water sport (banana boat), memancing di sekitar dermaga, atau sekadar bersantai di tepi pantai. Bahkan, kamu juga bisa camping di Pulau Perak, lho! Hanya saja, kamu harus membawa perlengkapan camping sendiri.

Anyway, enggak ada biaya tiket masuk di kawasan Pulau Perak, kecuali biaya tambahan dan sandar perahu di dermaga sebesar Rp25.000,- per perahu.

5. Pulau Pramuka

Pulau di Kepulauan Seribu
Pulau Pramuka/jakarta-tourism.go.id

Pulau Pramuka adalah tempat yang cocok bagi kamu yang hobi snorkeling. Pulau ini juga menawarkan pesona bahari di bawah lautnya. Kamu bakal menyaksikan terumbu karang dan biota laut lainnya yang beraneka ragam karena kelestariannya yang masih terjaga.

Bukan cuma itu, Pulau Pramuka juga memiliki konservasi penyu dan bisa menyaksikan penyu dewasa ke habitat aslinya. Selain penangkaran penyu, di sini juga ada taman nasional dengan jembatan kayu sepanjang 500 meter. Jembatan ini menjadi objek favorit untuk berburu foto.

Di samping itu, watersport menjadi salah satu fasilitas menarik yang bisa kamu nikmati di pulau ini.

Nah, bagi kamu yang berencana liburan ke Kepulauan Seribu, lima pulau di atas bisa menjadi destinasi wisata air yang bisa kamu kunjungi. It’s beach time!

via GIPHY

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Related Post