5 Tanaman Hias Dalam Ruangan yang Bisa Bantu Bersihkan Udara dari Polutan

Dari bunga hias sampai tanaman berukuran besar, ini tanaman hias yang bisa mempercantik rumah

136
Tanaman

Memelihara tanaman hias di dalam rumah tidak hanya mempercantik ruangan, namun juga bisa memberikan kesegaran dan memperbaiki kualitas udara dalam ruangan. Yuo, ada beberapa tanaman hias yang bisa meningkatkan kualitas udara serta “menyaring racun” di dalam rumah.

Kalau kamu berencana memelihara tanaman di dalam rumah, hal pertama yang wajib kamu pertimbangkan adalah ukurannya.

via GIPHY

Tanaman yang memiliki ukuran besar dengan daun yang besar akan lebih baik membersihkan udara karena fotosintesis yang dilakukan tanaman ini akan melepaskan oksigen ekstra.

Nah, untuk kamu yang berencana meletakkan tanaman di dalam rumah, berikut ini rekomendasi tanaman yang bisa membantu membuat sirkulasi udara di dalam rumah menjadi lebih baik. Read on!

English Ivy

Foto English Ivy/Shutterstock

English Ivy merupakan jenis tanaman yang menarik dan juga bisa membersihkan udara dari polutan. Tanaman ini merupakan pemanjat kuat yang dapat ditemukan tumbuh di dinding atau pohon, tapi juga bisa tumbuh subur di dalam ruangan.

Tanaman English Ivy bisa ditempatkan di dalam keranjang gantung. Merawat tanaman ini juga sangat mudah, kamu hanya perlu menyiramnya secara berkala dan memberinya akses cahaya matahari tidak langsung.

Tanaman Laba-laba

Foto Tanaman Laba-laba/Shutterstock

Berikutnya adalah tanaman laba-laba yang juga bisa membersihkan udara. Tanaman ini biasanya juga disebut sebagai spider plant. Tanaman ini hampir tidak butuh banyak perawatan untuk bisa tumbuh sehingga cocok bagi kamu para pemula.

Meski banyak orang yang menanamnya sebagai tanaman hias, hanya sedikit yang menyadari kemampuan tanaman laba-laba untuk membersihkan udara dari kandungan berbahaya. Mulai dari Benzema, formaldehida, sampai karbon monoksida, tanaman laba-laba juga bisa membersihkan berbagai polutan beracun.

Devil’s Ivy atau Golden Pothos

Foto Devil’s Ivy/Shutterstock

Devil’s Ivy atau Golden Pothos adalah tanaman hias yang sangat mudah ditanam bagi pemula. Tanaman ini juga diketahui mampu melawan polutan berbahaya di udara, seperti formaldehida dan xilena.

Tanaman tangguh ini juga disebut sangat bertoleransi pada kondisi cahaya yang rendah dan penyiraman yang tidak memadai dengan cukup baik. Jika kamu bisa rawat dengan baik, tanaman ini berpotensi tumbuh sangat besar dengan cepat. Cocok untuk ditanam di ruangan lembap seperti misalnya di kamar mandi.

Peace Lily

Foto bunga Peace Lily/Shutterstock

Peace Lily atau yang biasa dikenal dengan bunga lili adalah bunga hias yang dapat membantu membersihkan udara di dalam ruangan dari polutan. Peace lily adalah tanaman tropis yang memberikan kesan visual yang luar biasa.

Kalau kamu berencana untuk memelihara bunga lili, kamu disarankan untuk menyiraminya secara konsisten dan menjaganya tetap berada di bawah sinar matahari tidak langsung.

Tanaman Lidah Mertua

Foto bunga Lidah Mertua/Shutterstock

Tanaman lidah mertua sangat cocok untuk kamu yang agak cuek terhadap tumbuhan. Karena tanaman ini bisa tumbuh meski dalam kondisi kering sekalipun. Kamu bisa mempercantik ruangan mana pun di rumah dengan tanaman lidah mertua.

Selama kamu tidak menyiramnya dengan berlebihan, kamu bisa menikmati manfaat tanaman lidah mertua untuk waktu yang lama.

Jadi, kamu pilih tanaman yang mana nih, gengs?

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.