Daftar 5 Mobil yang Cocok untuk Keluarga, Liburan Jadi Aman dan Nyaman!

Mulai dari yang irit bensin sampai yang punya fitur untuk pemasangan kursi bayi standar internasional, semua ada di sini!

57
Mobil untuk Keluarga

Bagi kalian yang sudah berkeluarga, kamu pasti berpikir untuk memiliki mobil. Apalagi jika sudah punya buah hati, mobil akan menjadi kendaraan idaman buat bepergian dan menghabiskan waktu bersama keluarga kecil. Sebab, dengan memiliki mobil, kenyamanan dan keamanan anak serta pasangan jadi lebih terjaga.

Well, ada banyak jenis mobil yang cocok untuk membawa keluarga kecil kamu keliling dan ke luar kota. Berikut daftar dan penjelasan lengkapnya.

1. Honda BR-V

Mobil untuk Keluarga Kecil
Honda BR-V/hondamobillampung.co.id

Honda BR-V merupakan mobil keluarga yang kompak dan telah menjadi pilihan favorit bagi banyak keluarga di Indonesia. Mobil ini hadir dalam desain yang sporty dan dinamis, serta dilengkapi fitur-fitur modern yang tentunya cocok bagi keluarga yang mencari mobil yang nyaman dan praktis.

Mobil ini memiliki ruang kabin yang luas dengan kapasitas yang bisa menampung sampai tujuh orang. Performanya juga tangguh, baik di jalan perkotaan maupun pedesaan. BR-V dibekali teknologi yang canggih untuk sisi kenyamanan dan keselamatan, seperti sistem pengereman canggih dan fitur keselamatan aktif.

Mobil untuk Keluarga Kecil
Bagian interior Honda BR-V/hondamobillampung.co.id

Honda BR-V ditenagai mesin SOHC berkapasitas 1.497cc yang dilengkapi teknologi i-VTEC dan PGM-FI, yang membuatnya irit bahan bakar. Soal harga, Honda BR-V dibanderol mulai dari Rp287,8 juta–Rp355 juta.

2. Wuling Cortez

Mobil untuk Keluarga Kecil
Wuling Cortez/wuling.id

Mobil yang diproduksi oleh Wuling Motors ini hadir dengan desain yang modern dan mewah. Wuling Cortez dilengkapi fitur-fitur canggih yang membuatnya menjadi pilihan menarik bagi kamu yang mencari mobil keluarga dengan kualitas tinggi dan performa yang optimal.

Wuling Cortez menawarkan fitur canggih yang bisa dinikmati oleh para penggunanya, seperti voice command untuk memerintah mobil, dan koneksi pintar yang dinamakan IoV atau Internet of Vehicle.

Beralih ke interior, dalam kabin mobil ini menggunakan bahan semi-kulit berkualitas tinggi. Di samping itu, tempat duduk mobil ini juga semakin nyaman dengan adanya multipurpose seat tray yang bisa digunakan untuk kerperluan perjalanan keluarga atau bisnis.

Mobil untuk Keluarga Kecil
Interior Wuling Cortez/dealerwulingkarawaci.com

Wuling Cortez juga dilengkapi Automatic Vehicle Holding (AVH), yang mana bisa melakukan pengereman secara otomatis untuk menjaga mobil tetap berhenti pada saat kondisi jalan menanjak, menurun, atau mendatar.

Mobil dengan desain yang elegan dan ergonomis ini dijual mulai dari Rp285,5 juta hingga Rp337,65 juta.

3. Toyota Calya

Mobil untuk Keluarga Kecil
Toyota Calya/carmudi.com

Bicara mobil keluarga pasti enggak lepas dari kenyamanan, contohnya kabin yang luas. Nah, Toyota Calya hadir dengan ruang kabin yang luas, apalagi 7 kursi penumpangnya dibuat menggunakan material berkualitas dan dirancang senyaman mungkin.

Selain itu, mobil ini juga punya fitur head unit dengan teknologi touch screen alias layar sentuh yang dilengkapi beberapa menu, seperti DVD Player, USB, Bluetooth, iPod/iPhone Connectivity, serta AUX (tipe G).

Fitur New Audio Steering Switch yang ada pada setir mobil (tipe G) juga memungkinkan pengendaranya untuk mengatur audio dengan mudah tanpa menganggu fokus berkendara. Mobil ini memiliki ruang penyimpanan atau compartment tray untuk menaruh barang-barang penting penggunanya dengan mudah dan lebih aman (tipe G A/T).

Mobil untuk Keluarga Kecil
Interior Toyota Calya/carmudi.com

Beralih ke mesin, performa mobil ini terbilang cukup memuaskan karena mengandalkan mesin 3NR berkapasitas 1.197 cc dan berteknologi Dual VVT-I dengan 4 silinder segaris. Sementara, untuk pengereman, mobil ini menggunakan Ventilated Disc di bagian depan dan drum di bagian belakang.

Kerennya lagi, mobil ini juga sudah mendukung fitur ISOFIX untuk pemasangan kursi bayi dan balita dengan standar internasional. Toyota Calya dibanderol mulai dari Rp161,7 juta hingga Rp184,4 juta.

4. Daihatsu Sirion

Mobil untuk Keluarga Kecil
Daihatsu Sirion/ayobandung.com

Bagian eksterior mobil yang masuk ke dalam kategori city car ini mengalami perubahan, seperti bumper depan dan belakang, lampu depan dengan auto headlamp, dan black outer mirror.

Sementara, perubahan di bagian interiornya meliputi layar instrumen baru dengan MID 4,2 inci dan head unit berteknologi smart connection Android Auto serta Apple Car Play. Mobil ini memiliki fitur speed sensing door lock, hill start assist, dan idle stop system.

Mobil untuk Keluarga Kecil
Daihatsu Sirion tampak belakang/ayobandung.com

Beralih ke dapur pacu, Daihatsu Sirion menggunakan mesin bensin empat silinder DOHC 1.329 cc Dual-VVT-I dengan kode 1NR-VE. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga 95 dk pada 6.000 rpm dan torsi puncak 119,6 Nm pada 4.200 rpm.

Daihatsu Sirion hadir dalam dua varian, yakni tipe X CVT yang dijual mulai Rp228,85 juta, dan tipe R CVT dibanderol Rp238,05 juta.

5. Suzuki All New Ertiga

Mobil untuk Keluarga Kecil
Suzuki Ertiga/YouTube

Suzuki Ertiga memiliki kabin yang cukup luas untuk kenyamanan ekstra selama perjalanan. Dikombinasikan juga dengan head unit yang canggih dengan aksen wooden panel, sehingga membuat dashboard terasa mewah dan elegan.

Mobil ini memiliki sederet fitur fungsional, seperti ventilated cup holder, USB charging port, double blower, dan lainnya. Suzuki Ertiga ini cocok untuk keluarga yang aktif dan dinamis, karena bagasinya yang lapang mampu menampung barang bawaan saat berlibur atau mudik.

Selain itu, jok baris kedua dan ketiga juga bisa diatur, sehingga pengendara bisa menyesuaikan dengan kebutuhan mobilitas mereka. Fitur hill hold control pada mobil ini bisa membantu mengatur efisiensi mesin supaya tetap stabil saat di jalan menanjak, Antilock Braking System (ABS) untuk pengereman mendadak, dan dual SRS airbag untuk mendukung keselamatan keluarga kamu.

Mobil untuk Keluarga Kecil
Dashboard Suzuki Ertiga/oto.com

Kehadiran Suzuki Ertiga juga semakin lengkap dengan fitur ISOFIX yang dapat membantu menjaga keamanan dan kenyamanan buah hati kamu.

Mobil ini memiliki mesin yang lebih bertenaga, yakni 1.500 cc. Dilengkapi juga teknologi rangka heartect, performa komponen dalam mesin, transmisi, suspense, dan sistem pengereman mobil bertautan secara sinergis dan presisi. Ini menjadikan mobil bekerja secara optimal, sehingga bahan bakar jadi lebih irit dan stabil di perjalanan.

Suzuki All New Ertiga dijual mulai dari Rp228,2 (GA – MT) juta hingga Rp262,6 juta (GL – MT).

Yup, itu dia 5 pilihan mobil untuk keluarga kecil. Bagi kamu yang sudah berkeluarga, tertarik untuk beli mobil yang mana nih, gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!