Daftar Game yang Rilis di Bulan Juli 2023, Cocok Banget untuk Isi Libur Weekend Kamu

Dari PS5 sampai Nintendo Switch, semua ada yang baru!

40
Daftar Game Terbaru

Kabar baik datang untuk para gamers, nih! Di bulan Juli ini, ada banyak game baru yang layak untuk kamu coba. Beberapa game anyar ini dibuat oleh pengembang dan penerbit gim kenamaan seperti Capcom dan Nintendo, serta developer indie berkualitas, Sad Owl Studios.

Para gamer sebentar lagi bisa menikmati beragam permainan action, tembak-menembak (shooter), Role-Playing Game (RPG), dan masih banyak lagi. Melansir Kompas.com, berikut deretan game menarik yang siap kamu mainkan di bulan Juli ini.

1. OXENFREE II: Lost Signals

Daftar Game Terbaru
Oxenfree II: Lost Signals/nintendo.com

Game pertama yang rilis di bulan Juli ini adalah “OXENFREE II: Lost Signals”, sebuah game petualangan bertemakan supernatural. Sesuai dengan namanya, gim ini merupakan sekuel dari “Oxenfree” yang dirilis pada Juli 2016 lalu.

Mengenai cerita, game yang diluncurkan Netflix ini mengambil latar lima tahun setelah kejadian “Oxenfree”. Pemain akan mengunjungi kota kecil Camena yang misterius dengan Riley Poverly sebagai karakter baru.

Kenapa disebut misterius? Sebab, kota ini diwarnai gelombang elektromagnetik yang aneh. Pesawat terbang nggak bisa mengakses radarnya, televisi warga yang selalu mati nyala, dan warga juga nggak bisa mendengarkan radio.

Maka dari itu, Riley perlu menguak kebenaran di balik misteri ini menggunakan radio yang dimiliki. Masih sama seperti “Oxenfree”, radio ini mampu berkomunikasi dengan makhluk supernatural, dan kini juga bisa digunakan untuk mengunjungi masa lalu.

Satu hal yang perlu dicatat, semua aksi dan pilihan dialog pemain akan berpengaruh pada aspek permainan, mulai dari kepribadian Riley, hubungannya dengan teman-temannya sampai alur cerita.

Game yang digarap oleh Night School Studio ini bakal dirilis tanggal 12 Juli nanti di PC (lewat toko Steam), PlayStation 5 (PS5), PS4, dan Nintendo Switch. Untuk harga, game ini dibanderol Rp279.000 di PlayStation dan 14.99 dollar AS (Rp225.374) di Nintendo Switch.

2. Exoprimal

Daftar Game Terbaru
Exoprimal/gamesradar.com

Mau coba ke permainan yang lebih berat? Ada “Exoprimal” yang dikembangkan dan diluncurkan oleh Capcom. “Exoprimal”adalah game multiplayer yang mengapit dua tim, masing-masing berisi lima orang untuk berlomba mengeliminasi dinosaurus terbanyak.

Di saat yang bersamaan, kamu bakal mendapatkan misi untuk melawan tim lain. Jadi, bisa dikatakan kalau gim ini mengkombinasikan mekanisme pemain melawan pemain (Player vs Player/PVP) dan pemain melawan bot (Player vs Environment/PvE).

Game Exoprimal/PlayStation Blog

Nah, buat yang sukses mengerjakan berbagai misi PvP dan PvE yang diberikan berhak menjadi pemenangnya.

Ketika membasmi dinosaurus, kamu disuguhkan deretan kostum yang diberi nama “Exosuits” yang memiliki kemampuan yang berbeda. “Exosuits” ini dibagi menjadi tiga peran (roles), yakni “Assault”, “Tank”, dan “Support”.

Sebenarnya, peran “Assault” merupakan kelas yang paling banyak menghasilkan damage. Sementara, peran “Tank” berupaya melindungi rekan-rekannya dengan menjadi perisai.

“Support” berperan sebagai kunci untuk memperbaiki kostum “Exosuits” teman supaya tetap berfungsi di tengah pertempuran.

Jika kamu tertarik, “Exoprimal” bisa dibeli mulai 14 Juli di Steam (PC), PS5, PS4, Xbox Series X/S, dan Xbox One. Game ini dijual seharga Rp909.000 untuk semua platform yang disebutkan tadi. Sebagai alternatif, gamer bisa menikmati “Exoprimal” lewat layanan Xbox Game Pass seharga Rp49.999 per bulan.

3. Pikmin 4

Daftar Game Terbaru
Pikmin 4/ign.com

Nintendo meramaikan bulan Juli dengan “Pikmin 4”, yang merupakan sekuel dari “Pikmin 3” yang dirilis di konsol Wii U pada 2013 lalu.

Membahas soal cerita, gamer bakal memainkan karakter yang bisa dikustomisasi sedemikian rupa, yang dalam petualangannya menyelamatkan Captain Olimar di sebuah planet yang asing. Captain Olimar sendiri adalah tokoh utama dari deretan game “Pikmin” sebelumnya.

Dalam misi penyelamatan ini, kamu akan bertugas menjadi komandan yang mengontrol ratusan “Pikmin”, yang merupakan makhluk kecil seperti tanaman yang bisa dipandu untuk membawa objek raksasa atau menyerang musuh.

Selain itu, ada berbagai jenis “Pikmin” dalam game ini, seperti “Red Pikmin” yang memimpin serangan melawan musuh dan “Ice Pikmin” yang dapat membekukan musuh.

Bukan cuma “Pikmin” saja, kamu juga ditemani oleh seekor anjing kecil bernama Oatchi. Hewan ini bahkan bisa ditunggangi pemain dan “Pikmin” lainnya. Oatchi juga bisa diberi instruksi untuk mengambil barang seperti anjing pada umumnya di kehidupan nyata. Di “Pikmin 4” ini kamu juga bisa menikmati mode kooperatif bersama teman-teman kamu, lho!

“Pikmin 4” bakal dirilis secara eksklusif di Nintendo Switch pada 21 Juli ini. Game ini dijual seharga 59.99 dollar AS atau Rp902.714.

4. Remnant II

Daftar Game Terbaru
Remnant II/rockpapershotgun.com

Masih bicara mengenai sekuel, gamer akhirnya bisa memainkan “Remnant II” mulai tanggal 26 Juli nanti. Sekuel ini dirilis sekitar empat tahun setelah pendahulunya, “Remnant: From the Ashes” yang tersedia di pasaran.

Anyway, “Remnant II” mengambil tempat di dunia pasca-apokaliptik yang hancur karena ulah alien Bernama “The Root”. Berkaitan dengan hal itu, pemain punya kewajiban untuk mengeksplor dunia ini, lalu memusnahkan para alien yang mengerikan itu.

Akan tetapi, pembasmian tersebut nggak mudah dilakukan. Seperti prekuelnya, gim yang digarap oleh Gunfire Games ini mengadopsi sub-genre Soulslike yang menantang. Jadi, kamu akan “mati” terus-menerus layaknya di game “Dark Souls” atau “Demon’s Souls”.

Apalagi dengan ciri khas dunia di seri “Remnant”, yang mana begitu karakter mati, kamu akan menelusuri dunia yang berbeda dengan musuh yang berbeda pula. Sehingga, adaptasi menjadi hal yang sangat penting jika ingin meraih kemenangan.

Untungnya, kamu enggak diwajibkan untuk bersusah payah sendirian. Karena, kamu bisa mengajak dua teman kamu untuk melawan “The Root”.

Setiap pemain di game ini bisa memilih beberapa kelas yang disuguhkan, seperti “Gunslinger”, “Handler”, dan “Challenger”. Masing-masing kelas juga dilengkapi kemampuan yang unik, misalnya “Gunslinger” yang bisa menghasilkan damage secara cepat dan tepat.

“Remnant II” bakal meluncur pada 25 Juli di PC (Steam dan Epic Games), PS5, dan Xbox Series X/S. Untuk membeli game ini, kamu perlu menyiapkan budget sebesar Rp529.999 di Steam dan Epic Games, Rp699.000 di PlayStation, dan 49.99 dollar AS (Rp752.137) di Xbox.

5. Viewfinder

Daftar Game Terbaru
Viewfinder/sos.games

Game ini menjadi salah satu game yang bisa bikin kamu “pusing”. Nggak heran kalau game yang dikembangkan oleh Sad Owl Studios ini menitikberatkan puzzle ala game “Superliminal”. Artinya, kamu akan melihat banyak puzzle perspektif dan ilusi optik pada game ini.

Di “Viewfinder”, kamu akan menggunakan sebuah kamera untuk memotret sebuah gambar, lalu menempatkannya ke dunia. Contohnya saat memotret sebuah jembatan yang baru, karena perspektif pengguna membuat foto seolah-olah terlihat besar.

Daftar Game Terbaru
Game Viewfinder/thunderfulgames.com

Lalu, ketika memotret sebuah lahan dengan beberapa tempat sampah yang berdiri tegak, saat foto diputar balik, tempat sampah itu bakal jatuh keluar dari foto dan mengikuti gravitasi. Gokil, keren banget!

Saat sedang mengerjakan puzzle, perlahan-lahan gamers bakal mempelajari lebih banyak soal dunia puzzle yang aneh itu. Anyway, “Viewfinder” akan diluncurkan di PC (Steam) dan PS5 pada 18 Juli mendatang. Tapi, tim developer belum merilis info harga jual untuk game puzzle itu.

Deretan game di atas sudah pasti siap banget untuk menemani waktu libur akhir pekanmu. Jadi, kamu mau beli yang mana dulu nih, gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Related Post