Do’s dan Dont’s Nonton Bola di Stadion Biar Aman dan Nyaman

Sebelum nonton Argentina vs Indonesia, cek dulu!

64
Nonton Bola di Stadion

Bagi para penggemar atau suporter, nonton bola langsung ke stadion sudah seperti target yang harus dilakukan setidaknya sekali seumur hidup. Karena, nonton bola di stadion membuat kita bisa merasakan langsung bagaimana atmosfer dan euforia pertandingan bersama dengan pendukung lainnya.

Tapi, untuk bisa nonton langsung di stadion, ada beberapa hal yang boleh dan nggak boleh kamu lakukan. Ini penting banget supaya kamu bisa menonton pertandingan dengan aman dan nyaman.

Buat kalian para suporter, berikut do’s dan don’ts untuk nonton bola di stadion. Cekidot!

Do’s

1. Siapkan tiket

Nonton Bola di Stadion
Tiket Piala Dunia Qatar 2022/blog.wego.com

Tiket sudah pasti menjadi hal paling utama yang harus kamu siapkan untuk bisa nonton bola di stadion. Pastikan juga kamu tahu kapan tiket mulai dijual dan make sure juga kamu dapat area tempat duduk yang sesuai dengan yang kamu mau.

2. Kondisi tubuh harus fit

Nonton Bola di Stadion
Ilustrasi kondisi tubuh fit/shutterstock

Sebelum nonton bola di stadion, pastikan tubuh kamu dalam kondisi yang fit. Karena, kamu akan menghadapi suasana yang super crowded saat menonton bola. Kalau kondisi kamu nggak fit, nantinya kamu bakal gampang merasa lelah dan nggak bersemangat saat menonton bola di stadion.

Selain itu, kamu juga bakal mudah terkena penyakit lain jika nonton bola di stadion dalam kondisi nggak fit atau sakit.

3. Siapkan makanan dan minuman yang cukup

Penonton sedang makan saat menonton di stadion/90min.com

Kita tahu, pertandingan sepak bola berlangsung cukup lama. Untuk itu, supaya kamu enggak kehausan atau kelaparan, lebih baik kamu siapkan makanan dan minuman sebelum masuk ke stadion untuk nonton bola.

Hal ini perlu kamu siapkan agar kamu enggak repot-repot cari makanan atau minuman ketika kamu merasa kelaparan atau kehausan, tapi laga sudah berjalan.

4. Prepare alat komunikasi dan dokumentasi

Nonton Bola di Stadion
Ilustrasi dokumentasi saat nonton bola di stadion/shutterstock

Kalau sudah di dalam stadion, sayang banget kalau nggak didokumentasikan. Maka dari itu, pastikan kamu membawa smartphone-mu dengan baterai yang penuh, dan yang paling penting bawa alat pengisi daya seperti power bank.

Selain dokumentasi, HP yang kamu bawa juga bisa kamu gunakan untuk berkomunikasi dengan temanmu.

Don’ts

1. Laser

Melansir goal.com, laser enggak boleh dibawa ke dalam stadion. Karena dulu beberapa suporter diketahui pernah ke stadion membawa laser dan menyorotkannya ke mata pemain sebagai cara untuk mengalihkan mereka.

Meski penggunaan laser sudah menjadi taktik untuk mengganggu pemain tim lawan, tapi itu juga menjadi sesuatu yang telah memaksa banyak tim untuk melarangnya.

2. Koper atau ransel

Nonton Bola di Stadion
Ilustrasi koper/unsplash

Saat kamu akan masuk ke stadion, tas yang kamu bawa akan diperiksa oleh pihak keamanan. Sekarang banyak stadion yang mencoba meminta para penggemarnya untuk enggak membawa koper maupun tas, karena proses penggeledahan bisa memakan waktu lama.

3. Flare atau suar

Nonton Bola di Stadion
Penggunaan flare di stadion/thesun.co.uk

Flare atau suar berbahaya bagi orang-orang di sekitar karena jumlah asap yang dikeluarkan saat dinyalakan. Selain itu, flare juga bisa dianggap sebagai gangguan besar terhadap visibilitas, baik itu buat penonton di stadion maupun televisi.

Para fans terkadang menggunakan flare berlebihan, dan itulah kenapa flare adalah objek yang dilarang dibawa ke stadion.

4. Hewan peliharaan

Nonton Bola di Stadion
Ilustrasi hewan peliharaan/unsplash

Hewan peliharaan sudah jelas dilarang dibawa ke stadion, karena khawatir nanti akan lepas dan bisa menganggu jalannya pertandingan. Tapi, aturan tersebut nggak berlaku bagi aparat kepolisian yang sering kita lihat membawa anjing K-9 demi pengamanan.

Itu dia do’s dan don’ts yang wajib kamu perhatikan dan perlu kamu ikuti supaya bisa nonton bola di stadion dengan aman dan nyaman.

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Related Post