Eits, Bukan Ansos! Menyendiri Ternyata Punya Manfaat, Ini Penjelasannya

Baik untuk menjaga kesehatan mental, lho!

152
Pentingnya Menyendiri

Sebagian orang masih menganggap menyendiri adalah hal yang kurang baik. Bahkan, banyak juga yang bilang kalau orang yang suka menyendiri adalah orang yang ansos alias anti sosial atau kesepian. Tapi, anggapan itu sepertinya salah, karena menyendiri bukanlah hal yang negatif.

Menyendiri ternyata punya manfaat dalam membantu menjaga kesehatan otak dari beban pikiran sehari-hari. Semakin kamu sibuk, kamu semakin bisa merasakan manfaat dari menyendiri. Oh well! Jadi, mulai sekarang enggak usah minder lagi kalau menyendiri.

Selain baik untuk kesehatan mental, menyendiri juga bisa membentuk karakter menjadi lebih baik. That’s why menyendiri itu penting untuk diri sendiri karena memiliki banyak manfaat. Berikut adalah manfaat menyendiri yang perlu kamu ketahui.

1. Menghargai diri sendiri

Pentingnya Menyendiri
Ilustrasi menghargai diri sendiri/shutterstock

Saat kamu dijejali interakasi sosial dan pekerjaan kelompok terus menerus, kamu berpotensi akan kewalahan.

Oleh karena itu, kamu perlu beristirahat sejenak dan menyendiri untuk menghargai kerja kerasmu selama ini.

2. Meningkatkan kreativitas

Pentingnya Menyendiri
Ilustrasi brainstorming/pexels

Banyak orang beropini bahwa diskusi dan brainstorming adalah cara terbaik untuk menemukan ide. Tetapi, penelitian membuktikan seorang individu bisa lebih andal dalam menemukan solusi masalah ketika bekerja seorang diri.

Pikiran jadi bisa lebih fokus ketimbang harus mendengarkan pendapat orang lain yang ada di dalam kelompok. Biasanya, orang yang suka menyendiri mampu menciptakan inovasi tanpa adanya pressure secara sosial.

3. Minim distraksi

Menyendiri tentunya jauh dari distraksi yang bisa mengalihkan fokus kamu. Dan faktanya, fokus pada lebih dari satu hal di waktu yang bersamaan secara bisa menurunkan produktivitas seseorang secara signifikan.

Maka dari itu, penting banget untuk kamu mengalokasikan waktu bekerja seorang diri. Hal ini juga berkaitan dengan kemampuan mengambil keputusan dengan pikirian yang lebih jernih tanpa tekanan sosial.

Just in case pekerjaanmu enggak memungkinkan untuk bekerja seorang diri, kamu tetap bisa menjaga produktivitasmu dengan cara fokus pada satu pekerjaan pada satu waktu, enggak multitasking.

4. Meningkatkan konsentrasi dan daya ingat

Pentingnya Menyendiri
Ilustrasi meningkatkan konsentrasi dan daya ingat/shutterstock

Berkaitan dengan penjelasan sebelumnya, mengerjakan sesuatu sendirian bisa membantu kamu untuk memusatkan perhatian, which is bisa meningkatkan daya ingatmu.

Saat konsentrasi lebih tinggi, maka kamu akan mengerjakan sesuatu dengan lebih rinci atau detail dan sungguh-sungguh.

Jika ada suatu kesalahan, kamu bisa memperbaikinya segera tanpa harus menunggu orang lain untuk take over alias mengambil alih.

5. Emosi lebih stabil

Manfaat lain pentingnya menyendiri adalah memiliki emosi yang lebih stabil. Ketika kamu merasa fulfilled, kamu bisa merespons apa pun yang ada di sekitarmu dengan kepala dingin. Termasuk juga dalam menghadapi konflik atau pemicu stres.

Well, kamu enggak perlu overthinking lagi dengan stigma menyendiri yang kerap disebut ansos. Karena, menyendiri memiliki banyak manfaat, termasuk untuk menjaga kesehatan mental.

Menyendiri sambil healing? Why not?! Selama tujuannya untuk kebaikan diri sendiri, just carry on, gengs!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Related Post