Enggak Usah Jauh-Jauh ke Luar Negeri, Berikut 7 Pesona Indonesia Layaknya Maldives

Sebagai negara kepulauan, Indonesia juga punya banyak pantai cantik yang bisa kamu kunjungi.

190

Republik Maladewa atau Maldives memang memiliki daya tariknya tersendiri di kalangan para wisatawan. Bahkan dapat pergi berlibur ke negara ini banyak menjadi impian hampir dari semua orang.

Enggak heran gengs, karena negara yang terletak di Asia Selatan, tepatnya di bagian barat daya Sri Lanka ini memiliki keindahan alam yang sangat indah. Beberapa orang juga menyebut bahwa Maldives merupakan salah satu bagian dari surga dunia yang wajib banget untuk kamu kunjungi.

Memiliki bentuk negara kepulauan, membuat Indonesia dan Maldives disebut-sebut mempunyai banyak kesamaan terkait keadaan alam maupun potensi wisatanya.

Hal ini tentu menguntungkan bagi masyarakat Indonesia yang enggak perlu terbang ke luar negeri tapi sudah terpuaskan dengan tawaran wisata yang enggak kalah cantik dari dalam negeri.

Penasaran gengs? Berikut 7 destinasi dalam negeri yang sering disebut “Maladewa” nya Indonesia.

1. Pulo Cinta, Gorontalo

Pulo Cinta – Gorontalo/Via: Shutterstock

Pulo Cinta merupakan sebutan untuk sebuah kompleks eco resort yang berada di wilayah Gorontalo, Sulawesi Utara. Resort ini dirancang terletak di tengah laut, mengelilingi pulau pasir kecil dengan jalan mengapung berbentuk hati yang menghubungi setiap resort dan jalan utama.

Karena konsepnya yang unik dan sangat romantis nih, dalam beberapa tahun terakhir, Pulo Cinta banyak mencuri perhatian dari masyarakat dan menjadi destinasi utama bagi pasangan untuk pergi honeymoon.

Pada resort ini juga tersedia berbagai aktivitas air yang bisa kamu lakukan, mulai dari diving hingga snorkeling.

Selain memiliki Maladewa-vibes, Pulo Cinta juga memiliki daya tarik lain karena menawarkan konsep eco resort atau ramah lingkungan. Mereka menghasilkan listrik melalui solar panel dan tidak menyediakan penyejuk udara apa pun dalam setiap kamar.

2. Pulau Maratua, Kalimantan Timur

Pulau Maratua – Kalimantan Timur/Via: Tripadvisor

Destinasi kedua yang enggak kalah cantik dari Maldives gengs yakni Pulau Maratua yang terletak di wilayah Kalimantan Timur. Letak Pulau Maratua juga sangat dekat dengan Pulau Derawan, kamu hanya memerlukan waktu satu jam dengan menaiki speed boat.

Di pulau ini kamu bisa menemukan pesona alam bawah laut yang sangat menarik perhatian mata. Lautnya biru jernih, masih kaya akan fauna dan flora bawah laut, serta spot penyelaman yang sangat bervariasi.

Serupa dengan Maldives, pulau ini juga menyediakan berbagai macam penginapan, salah satu yang paling terkenal yakni Maratua Paradise Resort. Kamu dapat memilih unit cottage yang mengapung atau berdiri di atas laut, serta unit cottage yang dibangun di tepian pantai.

3. Pulau Bawah, Kepulauan Riau

Pulau Bawah – Kepulauan Riau/Via: Indonesia Traveler

Kepulauan Riau juga memiliki berbagai wisata yang menarik, salah satunya Pulau Bawah. Pulau yang sangat indah ini menawarkan liburan ala Maldives tapi dengan biaya yang lebih murah gengs.

Berada di Kabupaten Anambas, Pulau Bawah sendiri terdiri dari tiga gugusan pulau, tiga laguna dan total 13 pantai dengan air yang sangat jernih. Pulau ini juga sangat mengusung konsep konservasi alam, sehingga keasrian dan wisata baharinya enggak perlu kamu ragukan lagi karena sangat dijaga oleh pengelola.

Bahkan terdapat peraturan pembatasan wisatawan yang akan berkunjung ke pulau ini gengs, yakni maksimal 70 orang. Hal ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan ekosistem yang ada di Pulau Bawah.

4. Pulau Sugi, Kepulauan Riau

Pantai Telunas – Kepulauan Riau/Via: Telunas Resorts

Selain Pulau Bawah, Pantai Telunas di Pulau Sugi juga dapat menjadi destinasi andalanmu ketika sedang berada di Kepulauan Riau gengs. Pantai Telunas terletak di Pulau Sugi yang bersebelahan langsung dengan Pulau Batam. Pada beberapa kalangan wisatawan, Pantai Telunas terkenal dengan panoramanya yang memesona, pasir putih yang lembut dan memiliki air sebening kristal.

Pada pulau ini terdapat resort yang menawarkan sensasi layaknya Maldives karena sama-sama dapat langsung menikmati hamparan pantai indah dan biota laut di bawah kamar atau penginapan terapung.

5. Pantai Ora, Pulau Seram, Maluku Tengah

Pantai Ora – Maluku Tengah/Via: Go Trip Indonesia

Pantai Ora berada di ujung barat Teluk Sawai, bersebelahan dengan Desa Saleman dan Desa Sawai, dan berada di tepi Hutan Taman Nasional Manusela.

Pantai ini juga memiliki taman bawah laut yang enggak kalah indah dari destinasi lainnya. Bahkan, kamu bisa melihat berbagai macam biota dan karang laut yang berwarna-warni dengan mata telanjang karena kejernihan air di pantai ini.

Karena keindahannya, beberapa wisatawan yang pernah mengunjungi Pantai Ora menyebutnya “duplikat Maldives”.

Di pantai Ora, ada sebuah resort yang juga menawarkan suasana ala Maladewa nih, yakni Ora Beach Eco Resort. Tapi kuantitas dari resort ini sangat terbatas, gengs. Kamu bisa melakukan reservasi terlebih dahulu untuk bisa menginap di Ora Beach Eco Resort.

6. Pulau Tegal Mas, Lampung

Pulau Tegal Mas – Lampung/Via: Tripadvisor

Untuk dua destinasi terakhir kita bergeser ke Pulau Sumatra gengs yakni Pulau Tegal Mas.

Pulau Tegal Mas terletak di Kabupaten Pesawaran Lampung. Karena keindahan dari pesona alamnya, pulau ini juga banyak menjadi pilihan wisatawan untuk menghabiskan musim liburan bersama keluarga.

Selain resort, kamu juga bisa menikmati beberapa fasilitas yang telah disediakan seperti snorkeling atau diving.

7. Pulau Pahawang, Lampung

Pulau Pahawang – Lampung/Via: Sumsel 24

Selain Pulau Tegal Mas, Pulau Pahawang juga dapat menjadi destinasi selanjutnya. Pulau Pahawang di Kabupaten Pesawaran ini menjadi salah satu tempat wisata yang banyak menarik perhatian wisatawan lokal maupun internasional.

Pulau Pahawang terkenal dengan keindahan pantai dan bawah lautnya, pulau ini memiliki banyak sekali jenis ikan badut (clownfish). Tidak hanya menyajikan keindahan lautnya, di tempat ini juga terkenal dengan penginapan terapung atau di atas laut.