Fokus ke Shorts dan Community Post, YouTube Bakal Matikan Fitur Stories Mulai 26 Juni

Konten yang dipost sebelum tanggal tersebut bakal menghilang kemudian.

44
YouTube

Mungkin sebagian dari kita nggak ada yang tahu kalau YouTube punya fitur Stories. Tetapi, para pengguna YouTube nggak bisa mencoba fitur ini lagi, karena akan dimatikan pada 26 Juni mendatang.

Yup, kamu nggak bisa lagi mengunggah YouTube Story baru mulai tanggal 26 Juni. Story yang sudah dibuat sebelum tanggal tersebut bakal menghilang tujuh hari setelah diunggah.

YouTube Stories
Tampilan fitur YouTube Stories/YouTube Blog

FYI gengs, YouTube memperkenalkan fitur Stories untuk pertama kalinya pada tahun 2017. Saat masih diuji coba secara terbatas, fitur ini juga dikenal dengan nama Reels. Lalu, YouTube mengganti namanya menjadi Stories dan meluncurkannya ke lebih banyak pengguna pada 2018.

Just like Instagram Stories, YouTube Stories adalah konten efemeral yang bisa menghilang setelah tujuh hari. Fitur ini hanya bisa dinikmati untuk pengguna yang memiliki lebih dari 10.000 subscriber.

Namun sayangnya, fitur ini kalah populer dengan Shorts, fitur YouTube yang mirip dengan TikTok. Fitur ini juga hanya tersedia untuk beberapa pengguna, nggak banyak pengguna yang memposting story ke profilnya, dan fitur ini jarang dipromosikan oleh YouTube.

YouTube Stories
Ilustrasi tampilan YouTube Stories/vidooly.com

Anyway, setelah menonaktifkan fitur Stories, YouTube ingin kreator memanfaatkan fitur lain untuk mengunggah konten, yaitu Community Posts dan Shorts. YouTube juga baru saja memperluas akses untuk Community Posts dan menambahkan opsi untuk menghapus konten setelah waktu tertentu.

Nggak cuma meng-update teks, kreator juga bisa membagikan polling, kuis, foto, dan video di Community Posts, yang mana bisa diakses lewat tab Community di channel YouTube.

“Meskipun Stories menghilang, kami melihat bahwa postingan Community dan YouTube Shorts merupakan alternatif bagus yang bisa menghadirkan koleksi dan percakapan dengan audiens yang berharga,” ucap Community Manager YouTube, Meaghan Sullivan.

YouTube
Fitur YouTube Shorts/shutterstock

Well, meskipun fitur Stories kurang berhasil, YouTube malah meraih kesuksesan bersama Shorts. Fitur ini memiliki 1,5 miliar penonton bulanan Juni 2022, which is hanya kurang dari setahun sejak diluncurkan pada Juli 2021.

Bukan cuma itu, YouTube juga mencari cara untuk meyakinkan para content creator tradisional untuk membuat konten video pendek. Pada Februari lalu, YouTube mulai membagikan pendapatan iklan mereka dari fitur Shorts dengan kreator setelah mengikuti kebijakan monetisasi baru.

Ada yang belum pernah menjajal fitur YouTube Stories? Atau sudah pernah? Let us know what you think!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!