Gampang Banget! Ini 5 Tips Berenang untuk Pemula

Biar enggak panik, cek tips ini ya gengs!

26
Tips Latihan Berenang untuk Pemula

Olahraga renang adalah rutinitas kebugaran yang menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Ahli fisiologi dari Cleveland Clinic, Christopher Travers, MS, mengatakan, aktivitas fisik yang melibatkan air menawarkan daya apung dan daya tahan yang membuat pelakunya mengandalkan koordinasi pada seluruh tubuh ketimbang bentuk olahraga yang lain.

“Seiring dengan latihan kardiovaskular, berenang menawarkan lebih sedikit ‘keausan’ pada tubuh daripada olahraga lain. Ini adalah pilihan yang bagus untuk siapa saja,” kata Travers, seperti dilansir Cleveland Clinic, yang dikutip kompas.com.

Meski begitu, bagi para pemula, olahraga yang satu ini bisa jadi cukup menakutkan. Ya, renang bisa jadi olahraga yang rumit bagi pemula. Buat kamu yang pengin mencoba renang, berikut ini 5 tips kecil untukmu. Good luck, gengs!

1. Mulai dari hal kecil

Tips Latihan Berenang untuk Pemula
Ilustrasi berenang/unsplash

Ketika baru mulai berenang, kamu mungkin bakal terkejut saat melihat kolam renang yang begitu luas atau melihat dalamnya kolam yang terkadang bisa memicu kepanikan.

Tips menghadapi kepanikan tersebut: “Mulailah secara perlahan. Jangan berpikir kita bisa langsung berenang,” ujar Travers.

Sebagai awalannya, kamu bisa membiasakan tubuh dulu dengan berada di air selama 5 menit dan di kolam yang dangkal. Membiasakan diri dengan keadaan baru ini dapat membantu kita lebih mudah menyesuaikan diri.

2. Jangan langsung ke perairan luas

Ketika sudah mengerti dasarnya, kamu mungkin pengin cepat-cepat berenang di danau, pantai, atau sungai. We get it, tapi idealnya, jangan langsung berenang di perairan luas.

Baiknya, kamu membiasakan diri dulu untuk berenang di kolam yang tenang sampai kamu sudah lebih mahir. “Sama seperti pertama kali berjalan, kita harus merangkak dulu sebelum bisa berjalan. Artinya, kita harus belajar renang di kolam renang dulu sebelum pindah ke perairan terbuka,” ucap Travers.

3. Meminta bantuan

Bicarakan pada orang yang kamu kenal bahwa kamu sedang belajar berenang. Dengan begini, mereka yang menemani atau berada di sekitarmu siap sedia menjaga kita apabila terjadi keadaan darurat.

4. Don’t push yourself out!

Kamu bisa keluar dari air jika mulai merasa kram atau ada sensasi yang enggak nyaman di tubuh, terutama jika gejalanya berkaitan dengan sensasi berdenyut, nyeri sampai perih.

“Jika terasa mulai sakit di pinggul, bahu atau bagian tubuh lainnya, itu pertanda kalau kita harus berhenti berenang,” kata Travers. “Hindari memaksakan diri dan periksa ke petugas kesehatan, lalu mulai lagi jika sudah pulih.”

5. Pelajari teknik renang mendasar

Bagi pemula, kamu bisa mulai dengan memahami teknik dasar seperti mengapung atau menggerakkan kaki. Belajar mengapung adalah hal yang paling mendasar agar kamu bisa lebih tenang berada di tengah air. Pelajaran lalu bisa berlanjut ke teknik pernapasan yang merupakan kunci saat berenang.

Demikian penjelasan tips berenang bagi para pemula. Semoga bermanfaat, ya, gengs. Happy swimming!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!