Ingin Hidup Lebih Tenang? Simak 7 Cara Simpel Melatih Kesabaran Diri Berikut Ini Yuk!

Gampang banget kok caranya!

193
Cara Melatih Kesabaran

Kesabaran adalah tindakan menahan diri dari emosi dan kemampuan untuk berkompromi dengan peristiwa atau kejadian yang nggak sesuai dengan harapan. Melatih kesabaran juga punya beragam manfaat, seperti meningkatkan mood dan mengurangi stres.

Menurut Healthline yang dilansir dari Kompas.com, sebuah studi pada tahun 2007 menemukan bahwa orang yang sabar dapat mengatasi situasi stres dengan lebih baik dan mengalami lebih sedikit depresi.

Melatih kesabaran dan mampu menangani gangguan serta ketidaknyamanan yang tak terduga dengan lebih baik juga bisa membuat hidup jauh lebih tenang. Y’all agree?

Sebenarnya, ada beberapa kebiasaan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk melatih diri menjadi penyabar. Berikut cara-caranya.

1. Mengalihkan rasa kesal

Kamu pasti pernah merasa kesal dalam beberapa kesempatan, dan perasaan kesal atau marah juga bisa muncul secara tiba-tiba. Tapi, kamu bisa mengalihkannya dengan meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal lain.

Dengan mengalihkan rasa kesal sebagai kenyamanan, kamu bisa mengontrol emosi dan melatih kemampuan pengendalian diri.

2. Tidur yang cukup

Cara Melatih Kesabaran
Ilustrasi tidur/pexels

Rasa marah dan kewalahan bisa menjadi lebih intens karena kurangnya waktu tidur. Kalau kamu kurang tidur, kemungkinan besar kamu bakal mudah kesal ketika di kantor. Tapi, jangan khawatir, kamu bisa memperbaiki kualitas tidurmu dengan cara:

  • Batasi asupan kafein, terutama di sore dan malam hari.
  • Jauhkan diri dari perangkat elektronik setidaknya 30 menit sebelum tidur.
  • Mencoba untuk tetap pada jadwal tidur-bangun yang teratur, bahkan di weekend.
  • Hindari makanan berat atau minum banyak cairan at least 2 jam sebelum tidur.

3. Jangan terburu-buru

Cara Melatih Kesabaran
Ilustrasi me time/shutterstock

Kalau terburu-buru sudah menjadi kebiasaanmu, cobalah untuk mulai melakukan segala sesuatu dengan perlahan dan sabar.

Misalnya, jangan langsung bangun dari tempat tidur di pagi hari. Biarkan dirimu santai sejenak 5 hingga 10 menit, tapi jangan memainkan smartphone juga, ya.

Selain itu, kamu bisa juga menciptakan me time dengan berjalan-jalan, bermain dengan hewan peliharaanmu, atau cukup duduk dan melihat ke luar jendela.

4. Berlatih bersyukur

Cara Bersyukur Setiap Hari
Ilustrasi bersyukur/unsplash

Sadar atau nggak kalau kita gampang banget menilai tindakan orang lain. Hal seperti itu harus kita hindari dengan berfokus pada hal-hal yang bisa kamu syukuri.

Mungkin memang perlu waktu sejenak untuk menghargai segala yang kamu lakukan dan miliki, atau berhenti sejenak untuk menghargai perjalanan yang sedang kamu lakukan.

5. Bersikap ceria

Cara Melatih Kesabaran
Ilustrasi tertawa bersama teman-teman/pexels

Melansir Cleveland Clinic, bersikap ceria bisa membantu kamu untuk melatih kesabaran. Cobalah sesekali bertingkah seperti anak kecil. Kamu bisa bernyanyi di sekitar rumah, melakukan hal konyol bersama keluarga, sahabat, dan tertawa.

Well, cobalah untuk menganggap diri kamu nggak terlalu serius.

6. Belajar menerima keadaan

Cara melatih kesabaran berikutnya adalah dengan belajar menerima keadaan diri sendiri saat ini.

Eitsss, tapi ini bukan berarti kamu nggak boleh mencoba mengubah sesuatu yang sepertinya perlu diubah, ya.

Menerima keadaan berarti menerima pengalaman kamu pada saat itu, apa adanya, bahkan jika itu nggak menyenangkan sekalipun.

7. Be a good listener

Cara Melatih Kesabaran
Ilustrasi menjadi pendengar yang baik/pexels

Kamu bisa menjadi lebih sabar dengan melatih diri menjadi pendengar yang baik. Dengarkan baik-baik apa yang dikatakan anggota keluarga atau lawan bicaramu.

Fokuslah pada pemahaman soal apa yang dibicarakan, bukan pada merumuskan tanggapan kamu.

Nah, buat kalian yang merasa kesulitan untuk bersabar, ini saatnya untuk coba melatih kesabaran pada diri sendiri dengan melakukan hal-hal di atas. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat buat kalian, ya, gengs!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Related Post