Ini Caranya Biar PS5 Aman dari Overheat dan Konsumsi Listrik Tetap Aman

Apakah aman membiarkan PS5 kamu nyala semalaman? Cek di sini!

74
PS5

Pernah enggak sih kalian meninggalkan konsol game PS5 (PlayStation 5) kalian menyala semalaman? Hal seperti ini biasanya sering dilakukan ketika sedang mengunduh sebuah permainan. Jadi, sambil menunggu unduhan selesai, kita lebih memilih meninggalkannya dengan tidur semalaman.

Lalu, bagaimana dengan kondisi PS5 kamu apabila dibiarkan nyala semalaman?Apakah betul hal ini tidak baik bagi PS5 kamu? Apa risiko membiarkan PS5 menyala semalaman? Selengkapnya bisa dibaca di bawah ini:

Konsumsi listrik bisa naik

PS5
Ilustrasi PlayStation 5/wired.com

Menurut SlashGear, ketika PS5 sedang dinyalakan, konsumsi listrik bisa berlangsung hingga 209,8 watt. Supaya bisa lebih hemat energi saat sedang mengunduh gim, kamu dapat meninggalkan PS5 semalaman dengan mengaktifkan Rest Mode atau mode beristirahat dengan cara menekan tombol PS di controller DualSense, lalu memilih pengaturan Power dan Enter rest mode (masuk mode istirahat).

Kenapa disebut lebih hemat? Karena Rest Mode hanya memakan daya 0,35 watt saat beristirahat dan 1,2 watt ketika sedang mengunduh game. Nah, angka ini berbeda jauh dengan daya yang digunakan ketika menelusuri beranda atau memainkan game.

Mode istirahat ini enggak hanya ideal digunakan untuk men-download game saja, tapi juga untuk mengisi daya controller, mengunduh pembaruan game, menyetop game secara sementara, dan lain sebagainya.

Dengan mengaktifkan Rest Mode, kamu enggak perlu lagi mematikan PS5 kamu, gengs. Tapi, kalau kamu mau tetap menghemat energi, kamu bisa menonaktifkan PS5 kamu, ya, gengs.

Suhu konsol bisa jadi overheat?

PS5
Ilustrasi konsol PS5/zdnet.com

Selain konsumsi listrik, suhu konsol juga menjadi kekhawatiran yang muncul. Karena, banyak produk elektronik yang memang rentan panas jika ditinggal menyala dalam waktu yang lama. Kondisi ini biasa dikenal dengan nama overheat.

Umumnya, PS5 bisa saja overheat atau kepanasan yang ditandai dengan menurunnya performa (FPS) saat bermain game atau suara kipas yang kencang banget.

Untungnya, dalam pengaturan PS5, bila suhunya sangat parah, PS5 bakal menampilkan pesan “Your PS5 is too hot” (Suhu PS5 kamu terlalu panas) dan secara otomatis akan menonaktifkan dirinya.

Hal seperti itu bisa saja terjadi jika kamu memainkan game yang berat dengan kondisi kipas yang kotor atau berdebu. Jika kipas dalam keadaan bersih, overheat biasanya enggak bakal terjadi, karena PS5 memang didesain untuk dimainkan dalam waktu yang lama.

Perlu kamu tahu juga, hal yang sama bisa terjadi ketika PS5 ditinggal dalam kondisi aktif semalaman. Namun kalau kipas kamu bersih, seharusnya PS5 kamu enggak overheat.

Well, kesimpulannya adalah membiarkan PS5 menyala dalam semalaman nggak terlalu berisiko, baik dari segi konsumsi daya maupun suhu konsol yang bisa jadi panas banget. Tapi, untuk berjaga-jaga, sebaiknya kamu aktifkan Rest Mode saja, gengs.

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!