Isyana Sarasvati: Musik ialah Sarana Ekspresi dan Komunikasi Diri

Isyana merilis album terbarunya di bawah label musiknya sendiri, REDROSE Records.

42

Sebagai salah satu penyanyi kenamaan Indonesia, nama Isyana Sarasvati cukup dikenal oleh masyarakat luas. Isyana pertama kali memulai kariernya pada tahun 2014 lalu, pada saat ia bergabung dengan label Sony Music Indonesia.

Isyana berhasil menarik perhatian masyarakat dengan dua single pertamanya yakni “Keep Being You” dan juga “Tetap Dalam Jiwa”. Well, kalau kamu ingat, lagu “Tetap Dalam Jiwa” milik Isyana ini pernah booming dan menjadi salah satu top hits Indonesia di kalangan generasi muda pada tahun 2015 lalu.  

Sejak saat itu, nama Isyana terus naik di belantika musik Indonesia, dan tiga album yang ia keluarkan yakni EXPLORE!, Paradox, dan Lexicon banyak mendapatkan respons positif dan sangat sukses di pasaran.

Kalau kamu pernah mendengar istilah “anyone can learn a talent, but a gift is something you’re born with”, kata-kata itu sangat menggambarkan seorang Isyana. Dengan segala kesuksesan yang ia raih sampai saat ini, itu merupakan hal yang sudah ia pupuk dan lakukan sejak lama bahkan sejak ia kecil, seperti ia memang terlahir untuk menjadi seniman dan juga penyanyi.

Lahir di keluarga yang familier dengan dunia musik, Isyana mulai mengenal dan mencintai musik sejak dirinya berusia 7 tahun. Ia banyak mengenal berbagai macam genre musik dan mengenal comfort music untuknya yakni classical.

Di umur 7 tahun ini, ia juga fokus untuk sekolah musik dan juga mengikuti berbagai macam les musik ketika ia tinggal di Belgia. FYI, pada saat itu, Isyana kecil mengalami proses kesulitan beradaptasi dan berkomunikasi dengan orang lain karena perbedaan bahasa yang ia hadapi.

Karena itu, Isyana melihat musik bukan hanya sebagai hobi atau keinginan, melainkan sebagai sarana untuk memulai komunikasi dan mengungkapkan perasaannya. Bahkan, pada saat umurnya 7 tahun, ia mulai menciptakan lagu pertamanya pada saat Hari Ibu yang ia beri judul “Aku Sayang Padamu”.

Mulai saat itu, musik merupakan bagian dari dirinya yang sangat berperan besar pada pertumbuhannya sejak ia kecil.

Sejak menjalankan kariernya sebagai seorang penyanyi, Isyana banyak mendapatkan penghargaan terkait karya-karya terbaiknya. Di antaranya adalah Anugerah Musik Indonesia, Billboard Indonesia, Cornetto Pop Awards, Dahysyatnya Awards, Hai Reader’s Poll Music Awards, Indonesian Box Office Awards, Indonesian Choice Awards, Piala Maya, Rolling Stone Editor’s Awards dan lain-lain.

Bahkan, Isyana juga pernah mengukir prestasi yakni masuk ke dalam Forbes Indonesia 30 Under 30 pada tahun 2019, dan Forbes Asia 30 Under 30 di tahun 2020 sebagai salah satu orang yang paling berpengaruh di Asia pada tahun tersebut.

Setelah 6 tahun perjalanannya, saat ini Isyana sudah berhasil mendirikan label musiknya sendiri yang ia namakan “Redrose Records” pada tahun 2020 lalu.  

Dengan labelnya barunya ini, Isyana banyak menelurkan karya-karya baru yang lebih mencerminkan dirinya dan sesuai dengan comfort music yang ia punya saat ini. Seperti pada 2022 lalu, ia baru saja mengeluarkan EP berjudul My Mystery.

Kabar terbaru, kemarin Isyana baru saja mengeluarkan album terbarunya yang bertajuk ISYANA. Menariknya, di album yang berisikan 11 track ini, lagu-lagunya diwarnai dengan genre musik yang berbeda, mulai dari dominasi progressive rock, classical, hingga sentuhan genre metal.

Hal ini mungkin menjadi banyak pertanyaan, karena sangat berbeda dengan genre musik pop yang dulu sangat identik dengan diri Isyana.

“Beranjak dewasa kita semakin tahu arah tujuan kita mau ke mana, diri kita seperti apa, jadi secara musik juga aku merasa sudah lebih dewasa,” kata Isyana kepada OPPAL, Selasa (9/5).

Isyana juga menambahkan, album ini sangat spesial karena banyak menceritakan tentang perjalanannya dalam dunia musik hingga perjalanan dalam hidupnya. Karena itu, ia mendedikasikan album ini untuk dirinya dan ia beri judul ISYANA.

Isyana Sarasvati saat berada di Bis OPPAL/Via: Dokumentasi OPPAL

“Yang baru pasti cerita-cerita di balik lirik dan kisahnya, karena ada proses-proses pendewasaan, terus ada juga fase kehidupan yang dilewatin itu juga jauh berbeda dari album sebelumnya,” tambahnya.

Well, kamu sudah dengerin album terbaru dari Isyana ini belum, gengs? Kalau sudah, lagu mana yang jadi favorit kamu?

Editor's Pick