It’s Long Weekend! Cek Destinasi Wisata Menarik di Sukabumi, Yuk!

Mulai dari waterpark, glamping di gunung, geopark, hingga pantai, semua ada!

136

Gengs, ada agenda long weekend lagi, nih! Kamu sudah punya destinasi wisata yang bakalan kamu datangi belum? Selain daerah Bogor, Sukabumi biasanya juga menjadi destinasi masyarakat untuk menghabiskan long weekend bersama keluarga, lho.

Selain daerahnya yang juga masih dekat dengan Jakarta, udara di Sukabumi yang masih sejuk dan segar juga jadi alasan kenapa Sukabumi banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Buat kamu yang pengin ke Sukabumi, ada beberapa rekomendasi wisata menarik yang cocok kamu jadikan agenda liburan, nih. Yuk, langsung saja scrolling ke bawah!

Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh menjadi tempat wisata di Sukabumi yang baru saja diumumkan menjadi Global Geopark yang baru. Wisata ini luas banget gengs, yakni kurang lebih mencapai 128.000 hektar dan mencakup 74 desa.

Karena waktu liburan yang enggak terlalu lama, Geopark Ciletuh cocok kamu jadikan destinasi wisata pada saat weekend gengs. Hanya dari satu tempat, di sini kamu bisa menemukan berbagai destinasi wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi seperti Puncak Darma, Curug Awang, dan Vihara Dewi Kwan Im.

Biaya Masuk: Gratis (tapi kamu harus membayar biaya retribusi sesuai dengan objek wisata, jika ingin memasuki destinasi wisata lain di dalam kawasan Geopark Ciletuh).

Alamat: Geopark Ciletuh berada di Ciwaru, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat.

Curug Cikaso

Curug Cikaso/NativeIndonesia.com

Destinasi kedua yang bisa kamu kunjungi yakni Curug Cikaso, curug ini sangat populer di Kota Sukabumi, gengs. Bahkan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat juga merokemendasikan destinasi wisata ini, lho.

Curug Cikaso terdiri dari 3 titik aliran air yang memiliki lebar 100 m dan tinggi sekitar 30 m, dengan dasar air terjun berbentuk kolam yang berisi air jernih berwarna biru kehijauan.

Uniknya, ketiga titik air terjun tersebut memiliki nama masing-masing, sebelah kiri bernama Curug Asepan, aliran tengah memiliki nama Curug Meong, dan sebelah kanan bernama Curug Aki.

Biaya Masuk: Rp3.000,-.

Alamat: Desa Ciniti, Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan/Pantainesia.com

Kota Sukabumi juga terkenal dengan destinasi pantainya yakni Pantai Pangumbahan. Memiliki ombak dengan ketinggian mencapai 3 meter, Pantai Pangumbahan sering dijadikan tujuan wisata bagi pencinta surfing.

Selain destinasi pantai, Pantai Pangumbahan juga merupakan pusat konservasi penyu, terdapat 2 tempat penetasan penyu sepanjang kawasan kurang lebih 14 km. Sedangkan setiap penetasan, dapat menampung sekitar 1.500 telur penyu.

Biasanya, anak-anak penyu hasil penangkaran ini akan dilepaskan pada waktu sore hari sekitar pukul 17.00 WIB, dan kalau kamu beruntung, kamu bisa melihat proses ini secara langsung.

Biaya Masuk: Rp5.000,-.

Lokasi: Desa Gunungbatu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Jembatan Situ Gunung

Jembatan Gantung Sukabumi/Wisatamilenial.com

Jembatan Situ Gunung juga merupakan tempat destinasi wisata fenomenal di Sukabumi. Memiliki panjang 243 m, dengan lebar 1,2 m dan ketinggian 107 m dari permukaan tanah, membuat wisata yang berada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini dinobatkan sebagai jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara.

Buat kamu yang takut ketinggian, tenang, karena keamanan dalam wisata ini juga dijamin oleh para pengelola. Para wisatawan yang akan menaiki jembatan ini sebelumnya akan dipasangkan sabuk pengaman yang dikaitkan pada ram di tepi jembatan.

Di tempat wisata Jembatan Situ Gunung ini juga kamu bisa mengunjungi objek wisata lainnya, seperti Curug Sawer yang bisa kamu tempuh dengan berjalan kaki selama 30 menit, lalu danau Situ Gunung, serta melihat pemandangan Gunung Gede Pangrango.

Biaya Masuk: Terdiri dari 3 paket, yakni Rp50.000,-, Rp75.000,- dan Rp100.000,- (perbedaan berada pada jarak tempuh, welcome drink dan track pulang ke gerbang utama).

Lokasi: Taman Wisata Alam Situ Gunung, Sukabumi.

Sparks Forest Adventure

Sparks Forest Adventure/Tiket.com

Destinasi terakhir ini cocok banget kamu jadikan destinasi wisata santai bersama keluarga pada saat long weekend gengs. Apalagi, jika kamu ingin mengajak anak, sepupu, atau para ponakan kamu untuk berlibur.

Bisa dibilang, Sparks Forest Adventure punya banyak banget fasilitas yang bisa kamu gunakan bersama keluarga.

Di sini, kamu bisa menemukan hotel atau penginapan, waterpark & kolam renang, tree house, taman burung, foodcourt, playground & outbound area, area glamping, dan beberapa fasilitas menarik lainnya.

Sparks Forest Adventure/Pink Travelogue

Wah, lengkap banget kan gengs? Kapan lagi kamu bisa mendapatkan tujuan wisata yang beragam dalam satu tempat!

Biaya Masuk: Area glamping mulai dari Rp800.000,-/malam, tiket masuk waterpark Rp50.000,-, tiket masuk bird park Rp35.000,-.

Biaya masuk: Jl. Nagrak, Cisarua, Kec. Nagrak, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.

Well, itu dia beberapa rekomendasi wisata untuk long weekend minggu ini gengs, happy holiday!

Related Post