Jangan Sampai Salah, Berikut Beauty Hacks yang Wajib Kamu Tahu

Enggak cuma buat kaum perempuan, laki-laki pun harus mengikuti beauty hacks berikut.

141

Oppal gengs, kamu setuju enggak sih, kalau saat ini skincare atau perawatan kulit menjadi hal yang paling penting untuk menjaga kondisi kulit kita? Apalagi beberapa faktor eksternal seperti paparan sinar matahari, debu, serta polusi udara mengancam untuk memperburuk kondisi kulit.

Enggak hanya bagi kaum perempuan, laki-laki pun memiliki kebutuhan yang sama dalam menjaga kondisi kulit, lho! Karena pada dasarnya, enggak ada perbedaan sama sekali mengenai kulit perempuan dan laki-laki ya, gengs. Maka dari itu, kamu pun perlu menggunakan skincare secara teratur sebagai perlindungan pertama bagi kulit.

via GIPHY

Selain pemakaian skincare secara rutin, cara pemakaian yang tepat juga sangat berpengaruh untuk kondisi kulit kita. Kamu juga harus rajin mencari beberapa beauty hacks atau trik kecantikan agar perawatan kulit tetap bekerja secara maksimal.

Oke! Tanpa berlama-lama gengs, OPPAL sudah merangkum beberapa beauty hacks yang sangat berguna buat kamu terapkan sehari-hari, berikut tipsnya!

Sikat Gigimu Terlebih Dahulu Sebelum Melakukan Rutinitas Skincare

Sikat gigi sebelum memulai rangkaian skincare/Via: Pexels

Urutan kegiatan ketika mandi ini masih jadi perdebatan hingga saat ini gengs. Beberapa orang melakukan cuci muka terlebih dahulu baru sikat gigi, dan sebagian orang melakukan sikat gigi terlebih dahulu baru cuci muka. Well, sebenarnya kedua rutinitas ini sah-sah saja untuk dilakukan gengs.

Tapi jika kamu memiliki beberapa permasalahan kulit seperti jerawat, maka sebaiknya kamu menyikat gigi terlebih dahulu sebelum mencuci muka. Hal ini juga seringkali dibahas oleh beauty content creator Indonesia bahwa residu pasta gigi dapat tertinggal dan mengiritasi kulit setelah menyikat gigi. Karena itu kita perlu melakukan cuci muka menggunakan face wash untuk membersihkannya.

Kosmetik dan Dokter Gigi Umum di New York, Richard Lipari, juga berpendapat hal yang sama. “Kulit setiap orang berbeda, jadi sejauh mana kulit dapat terpengaruh tergantung pada orangnya. Tapi kamu harus selalu mencuci muka setelah menyikat gigi,” ujarnya

Jangan Lupa Bagian Leher Juga Penting

Menggunakan skincare hingga ke leher penting, lho!/Via: Pexels

Beauty hacks satu ini juga perlu menjadi perhatian gengs. Jika selama ini kamu hanya menggunakan skincare pada area wajah saja dan tidak mengaplikasikannya ke leher, maka kebiasaan ini patut kamu ubah.

Pada dasarnya, kulit di leher kita dapat menua lebih cepat daripada kondisi kulit di area wajah. Selain menua lebih cepat, kondisi kulit leher secara struktural juga jauh lebih tipis. Karena itu kamu juga harus mengaplikasikan seluruh rangkaian skincare ke leher secara merata, ya gengs.

Penggunaan Sunscreen Tidak Hanya untuk Wajah

Sama seperti leher gengs, pemakaian sunscreen atau tabir surya juga sebaiknya kamu aplikasikan ke seluruh kulit tubuh. Kamu bisa menggunakan body lotion yang sudah mengandung SPF untuk menjaga kondisi kulit tubuh.

Untuk melindungi kulit tubuh dan wajah dari sinar matahari, Oppal gengs dapat menggunakan tabir surya yang tepat yakni minimal SPF 30 dan maksimal SPF 50 .

Bilas Skincare Hanya Menggunakan Air

Jika kamu menggunakan skincare di malam hari, maka skincare yang tersisa masih berada di wajah hingga pagi hari. Tapi untuk membuat tampilan wajah lebih segar, kamu hanya perlu mencuci muka dengan air saja. Karena jika menggunakan face wash maka kulit wajahmu akan berisiko mengalami kekeringan.

Keadaan Pori-Pori di Wajah Tidak Bisa Kamu Ubah

via GIPHY

Meski saat ini beberapa skincare product banyak yang menawarkan manfaat untuk mengecilkan pori-pori, namun hal itu sangat kecil kemungkinannya untuk terjadi gengs.

Mengecilkan pori-pori tidak bisa kamu lakukan hanya dengan menggunakan skincare, kamu bisa mengubahnya dengan menemui dokter kecantikan dan menggunakan laser, itu pun juga tidak dalam waktu yang singkat dan memakan biaya yang cukup besar.

Dokter Kulit dan Pendiri Klinik dari India, dr Madhuri Agarwal mengatakan ukuran pori-pori pada kulit ditentukan oleh genetika dari masing-masing orang.

“Kamu tidak bisa mengubah ukuran pori-porimu, sama seperti kamu tidak bisa mengubah tinggi badanmu.”

Tipe Kulit Berminyak Juga Membutuhkan Moisturizer

via GIPHY

Angkat tangan jika kamu menghindari penggunaan pelembap karena memiliki kulit berminyak. Menurut beberapa penelitian, kulit berminyak pada dasarnya merupakan kulit kering yang mengeluarkan banyak sebum sebagai proteksi kulit.

Karena itu, kamu perlu memberikan hidrasi lebih atau pelembap agar kulitmu dapat bekerja dengan normal. Jika kamu tidak cocok menggunakan moisturizer dengan tekstur krim, kamu bisa mencoba moisturizer berbentuk gel sehingga dapat dengan mudah diterima kulit.

Jangan Keramas Terlalu Cepat

via GIPHY

Menurut beberapa pakar, semua jenis sampo memerlukan waktu untuk bekerja dan meresap pada kulit rambut.

“Sampo mengandung bahan yang memecah sebum dan membantu membersihkan kulit kepala. Kamu perlu mendiamkan sampo di kulit kepala selama 3 – 5 menit agar khasiatnya bekerja. Ini akan membersihkan kulit kepala lebih efektif,” kata dr. Aanchal Panth.

Selagi menunggu sampo bekerja, kamu cukup memijat kulit kepala dengan lembut dengan ujung jari dan memastikan sampo dapat menjangkau keseluruhan rambut.

Gunakan Handuk untuk Wajah Secara Terpisah

Selain menggunakan tisu, kamu juga bisa mengeringkan wajah menggunakan handuk, gengs. Tapi jangan lupa untuk memisahkan handuk badan dengan handuk wajah, ya! Beberapa pakar menyebutkan, handuk tubuh dapat mengandung sisa sabun, wewangian, bahkan bakteri hingga jamur yang berpotensi mengiritasi wajah dan membuat pori-pori tersumbat.

Jerawat Bukan Hanya Tentang Kebersihan

Untuk Oppal gengs yang saat ini tengah berjuang melawan jerawat dan beberapa orang mengomentari kebersihanmu, please don’t listen to them! Karena memiliki kulit berjerawat bukan cuma tentang kebersihan, melainkan hormon, genetik, iritasi kulit dan pilihan diet juga dapat menjadi penyebabnya.

Bahkan beberapa pakar menyebutkan bahwa jerawat sama sekali tidak disebabkan oleh kebersihan yang buruk. Sebagai jalan keluar, kamu perlu mendengarkan kondisi kulit yang sedang kamu alami saat ini. Perlu juga kamu cocokkan dengan manfaat dari seluruh skincare yang sedang kamu gunakan.

Setelah melihat dari beberapa beauty hacks di atas, ada yang sudah kamu terapkan gengs?

via GIPHY