Kalau di Bogor Ada Curug, Jakarta Punya Situ yang ‘Approved’ Banget Buat Healing

Pas nih buat weekend!

86
Situ di Jakarta

Kalau Bogor terkenal dengan rekomendasi beragam curug, Jakarta punya situ atau setu yang bisa juga dijadikan tempat wisata untuk menghabiskan libur akhir pekan. Sama seperti curug, situ merupakan objek wisata murah meriah yang menawarkan suasana alam yang asri.

Selain Setu Babakan, Jakarta punya beberapa setu atau danau yang kamu jadikan alternatif pilihan untuk menghabiskan waktu santai kamu bersama keluarga, teman-teman, atau pasangan. Berikut deretan situ di Jakarta yang bisa kamu kunjungi.

1. Taman Situ Lembang

Situ di Jakarta
Taman Situ Lembang di Jakarta/theatmojo.com

Di Jakarta Pusat, ada Taman Situ Lembang yang menyajikan suasana teduh ditambah semilir angin yang bisa membuat kamu merasa nyaman. Tempat wisata yang yang berada di Menteng ini punya pesona keindahan yang menarik untuk kamu kunjungi.

Apalagi setelah direvitalisasi, Taman Situ Lembang jadi lebih tertata dan punya fasilitas yang lengkap. Mulai dari kursi pengunjung yang lebih bagus, tempat sampah, area olahraga, tempat bermain anak-anak sampai toilet umum yang rapi dan bersih.

Taman yang memiliki danau di tengahnya ini juga dikelilingi berbagai macam jenis pohon, seperti mahoni, tabebuya, beringin, ketapang, flamboyan, buni, angsana, bintaro, tanjung, dan palem jepang.

Taman Situ Lembang
Pemandangan danau di Situ Lembang/javatravel.net

Selain itu, Taman Situ Lembang memiliki daya tarik lainnya, yaitu air mancur yang akan menyemburkan airnya pada jam 8 pagi dan jam 10 pagi. Di sini kamu juga bisa memancing, karena Situ Lembang punya koleksi beragam ikan mulai dari ikan mujair, gabus, sampai ikan lele.

Alamat: Jl. Lembang Terusan No.D-59, RT.6/RW.5, Menteng, Jakarta Pusat

Harga tiket masuk: gratis

Jam buka: Buka setiap hari selama 24 jam

2. Setu Babakan

Situ di Jakarta
Setu Babakan/nativeindonesia.com

Siapa yang nggak tahu Setu Babakan? Buat warga asli Jakarta, tempat ini pastinya memang sudah nggak familiar lagi. Setu Babakan merupakan danau buatan dengan luas sekitar 30 hektar.

Tempat wisata ini memiliki daya tarik dan sejumlah fasilitas menarik yang bisa kamu nikmati, seperti rumah adat Betawi, museum yang berisi tentang edukasi budaya Betawi, danau, perkampungan budaya Betawi hingga amfiteater.

Situ di Jakarta
Perkampungan Betawi di Setu Babakan/nativeindonesia.com

Selain memiliki tempat dengan nuansa budaya Betawi, Setu Babakan juga sering menggelar acara yang bertemakan Betawi di hari-hari tertentu.

Alamat: Jl. RM. Kahfi II, RT.13/RW.8, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan

Harga tiket masuk: gratis

Jam buka: buka setiap hari mulai pukul 9.00 pagi hingga 16.00 sore.

3. Setu Pengasinan

Situ di Jakarta
Pemandangan Setu Pengasinan/nativeindonesia.com

Setu Pengasinan memiliki danau dengan kedalaman antara 1 hingga 4 meter. Sementara, luasnya mencapai sekitar 6 hektar yang juga difungsikan sebagai lokasi serapan air. Di sini juga ada beberapa wahana permainan yang bisa dinikmati pengunjung, seperti bebek-bebekan, rakit, sampai sepeda mini.

FYI gengs, tempat wisata ini dulu dikenal sebagai kampung jawara. Menurut sejarah, banyak warga setempat yang menjadi guru silat dan mendirikan sebuah perguruan silat pada tahun 1960 hingga 1990.

Situ di Jakarta
Wahana permainan di Setu Pengasinan/nativeindonesia.com

Setu Pengasinan memiliki sejumlah fasilitas yang bisa digunakan para pengunjung, seperti toilet, musala, wahana permainan anak, hingga area parkir kendaraan. Memiliki spot dengan suasana yang asri dan sejuk, Setu Pengasinan bisa jadi andalan kamu untuk sekadar bersantai di akhir pekan.

Meski berada di selatan Jakarta, tepatnya di Depok, Setu Pengasinan bisa jadi alternatif pilihan tempat rekreasi untuk warga Jakarta.

Alamat: Jl. Setu Pengasinan Indah No.27, Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Depok, Jawa Barat

Harga tiket masuk: gratis, hanya membayar parkir kendaraan saja

Jam buka: Senin – Minggu mulai pukul 8.00 sampai 18.00 WIB.

4. Situ Cilodong

Situ di Jakarta
Panorama Setu Cilodong/mytrip123.com

Situ berikutnya masih berlokasi di selatan Jakarta, yaitu Situ Cilodong. Tempat ini menjadi objek wisata gratis yang lokasinya berada di pinggir jalan raya. Karena suasananya yang adem, Situ Cilodong jadi pilihan warga untuk refreshing di akhir pekan.

Danau di tempat ini menjadi magnet untuk menarik pengunjung karena menyuguhkan panorama alam di waktu senja yang perfect banget. Rasanya kita seperti sedang berada di pantai untuk menikmati sunset.

Situ Cilodong juga memiliki wahana permainan seperti bebek-bebekan dan rakit, serta spot untuk memancing. Di hari-hari tertentu, tempat ini kerap mengadakan acara-acara seru dan menarik.

Situ di Jakarta
Suasana asri dan sejuk di Setu Cilodong/nativeindonesia.com

Alamat: Jl. Abdul Ghani, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat

Harga tiket masuk: gratis

Jam buka: buka setiap hari selama 24 jam

5. Situ Jatijajar

Situ Jatijajar merupakan pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu libur di weekend. Tempat ini menyajikan sejumlah wisata air yang bisa kamu jajal, seperti bebek-bebekan, kano, atau perahu boat.

Bukan cuma itu, Situ Jatijajar juga memiliki wisata alam yang asri dengan beberapa kegiatan seperti camping dan jogging di tengah hutan. Suasananya memang nggak begitu berbeda dengan di gunung atau bukit, cuma dinginnya nggak terlalu menusuk, tetapi cukup sejuk kok.

Eitsss, buat kamu yang hobi mancing, jangan khawatir, karena Situ Jatijajar punya area memancing yang bisa juga kamu jadikan untuk healing. Bahkan, area memancing di sini juga sering mengadakan lomba, lho!

Situ di Jakarta
Situ Jatijajar/rumahrapi.co.id

Alamat: Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, Depok, Jawa Barat

Harga tiket masuk: gratis

Jam buka: nggak ada ketentuan waktu khusus soal jam operasional di Situ Jatijajar, tapi waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pagi atau sore hari, kecuali kamu mau camping.

Nah, itu dia 5 situ di Jakarta yang bisa kamu kunjungi. Semoga bisa menjadi referensi kamu untuk healing di tengah padatnya beraktivitas. Jadi, kamu mau ke situ yang mana dulu nih, gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Related Post