Mau Datang ke Pameran Seni? Cek Dulu 4 Aturan Berkunjung ke Pameran Seni Berikut Ini

Wajib paham sebelum datang.

62
Tips ke Pameran Seni

Mengunjungi pameran seni bisa menjadi hal yang menyenangkan. Karena, selain bisa menemukan inspirasi, makna yang tersembunyi di setiap karya-karya yang ditampilkan bisa membuat kita senang berlama-lama di ruang pameran.

Selain itu, kita juga biasanya enggak lupa untuk mengabadikan karya-karya seni tersebut dengan menggunakan gadget. Meski begitu, sebenarnya ada beberapa aturan dasar di pameran seni yang perlu kita ketahui dan perhatikan.

Berikut sederet tips buat kamu yang ingin berkunjung ke pameran seni.

1. Jangan menyentuh karya seni

Tips ke Pameran Seni
Ilustrasi pengunjung di pameran seni/unsplash

Ketika berada di pameran seni, kamu akan menemukan beragam instalasi pameran. Nah, setiap instalasi tersebut tentu punya aturannya masing-masing.

Ada beberapa karya seni bersifat instalasi interaktif di mana kamu diizinkan untuk berinteraksi dengan melalui sentuhan. Nah, dengan menyentuhnya, makna dari karya seni tersebut bisa tersampaikan.

Di sisi lain, mayoritas karya seni bersifat non-interaktif, yang mana kamu dilarang menyentuh karya seni. Aturan dasar ini sudah seharusnya kita pahami. Hargai para seniman dengan tidak menyentuh karyanya.

Dengan enggak menyentuh karya seni yang ada di ruang pameran, kualitas dari karya seni tersebut bakal tetap terjaga dengan baik.

2. Pakai outfit yang sesuai dan nyaman

Tips ke Pameran Seni
Outfit ke pameran seni/unsplash

Penting untuk mencari tahu terlebih dahulu apakah pameran seni tersebut memiliki dress code tertentu bagi para pengunjungnya. Terkadang, beberapa pameran mengharuskan pengunjungnya untuk menggunakan pakaian semi-formal untuk bisa masuk ke dalam lokasi, dan penggunaan sandal biasanya dilarang.

Kalau boleh memberi saran, gunakan pakaian senyaman mungkin. Ingat, kamu di sana untuk menghargai karya seni, bukan untuk berfoto bersama karya seni.

3. Jangan foto menggunakan flash atau lampu kilat

Tips ke Pameran Seni
Ilustrasi pengunjung memotret karya seni/shutterstock

Karya seni yang cantik dan indah memang mengundang perhatian kita untuk mengabadikannya. Tapi, perlu diingat juga kalau kamu dilarang menggunakan lampu kilat ketika memotret karya sang seniman.

Aturan ini tentu ada alasannya, karena cahaya lampu kilat kamera secara enggak langsung bisa mengurangi kualitas karya seni.

Ketika memotret karya lukisan dengan lampu kilat kamera, cahaya kamera bakal memengaruhi degradasi warna lukisan tersebut. Oleh karena itu, jika kamu tertarik untuk mengabadikan karya seni, perhatikan pengaturan kamera di smartphone kamu lebih dulu, ya. Dan jaga jarak antara kamera dengan karya seni.

4. Perhatikan garis pembatas

Tips ke Pameran Seni
Ilustrasi garis pembatas di pameran seni/unsplash

Di setiap instalasi pameran seni, biasanya dipasangkan garis pembatas sebagai jarak aman pandang antara kamu dengan karya seni. Ingat, jangan sampai kamu melewati batas yang ditentukan. Selalu perhatikan juga sikap kamu, jangan ceroboh hingga merusak karya seni tersebut.

Itu dia 4 tips buat kamu yang ingin berkunjung ke pameran seni dan menikmati karya-karya yang apik. Enjoy and have fun, gengs!

via GIPHY

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!