Mau Jadi YouTuber? Ini 8 Cara Memulainya Supaya Cepat Populer

Bisa kamu mulai dari sekarang nih!

704
Cara Jadi YouTuber

YouTube kini menjadi salah satu platform yang dipenuhi oleh berbagai kreator konten yang mengunggah beragam video kreatif. Mereka juga memiliki banyak penonton dan subscriber, yang membuat video mereka akhirnya bisa dimonetisasi dan menghasilkan uang.

Terlebih, banyak yang sukses membuat channel youtube dan menghasilkan kesuksesan yang tidak terbayang sebelumnya.

Hal ini tentu membuat banyak orang tertarik dan ingin terjun ke industri kreatif dengan menjadi YouTuber. Tetapi, perlu diingat juga bahwa menjadi YouTuber nggak gampang, karena banyak hal yang harus dilakukan.

Sama seperti memasak, menjadi kreator konten di YouTube butuh step atau cara yang harus kamu lakukan, apalagi untuk seorang pemula. Berikut langkah-langkah menjadi YouTuber yang bisa kamu ikuti.

1. Pilih kategori sukses yang kamu inginkan

Cara Jadi YouTuber
Ilustrasi langkah-langkah menjadi YouTuber/shutterstock

Orang awam tentu hanya tahu sukses menjadi YouTuber hanya sebatas terkenal dan punya penghasilan yang besar saja. Padahal, ada tiga jenis kesuksesan yang bisa kamu raih dari menjadi YouTuber.

Pertama, jumlah subscriber. Kamu harus menyediakan konten yang menarik, dan pastinya untuk menarik para pengguna YouTube supaya menekan tombol subscribe pada kanal kamu.

Kedua, engagement atau keterikatan. Kategori ini berkaitan dengan jumlah likes, komentar, dan share (bagikan) yang kamu punya. Semakin banyak yang melakukannya, maka kamu bisa disebut sebagai YouTuber dengan engagement tinggi.

Yang ketiga adalah monetisasi. Kategori ini berhubungan dengan penghasilan yang bakal kamu dapat sebagai seorang YouTuber profesional. Of course, jumlah penghasilan tiap YouTuber akan berbeda-beda, tergantung pada kualitas video, jumlah viewers, dan aspek lain yang menjadi pertimbangannya.

2. Set the target!

Target itu penting, termasuk juga menjadi seorang YouTuber. Jadi, nggak ada salahnya kamu membuat target untuk kanal yang kamu kelola. Targetnya bisa beragam, mulai dari target viewers, subscribers, atau lainnya yang bisa bikin kanalmu semakin besar.

3. Tentukan audiensnya

Nggak sedikit orang yang ingin menjadi YouTuber awalnya bingung mau buat konten seperti apa. Jangan khawatir, masalah itu bisa kamu atasi dengan cara menentukan audiens atau niche-nya lebih dulu, gengs.

Tapi, apa itu niche? Niche merupakan pasar yang ingin difokuskan untuk target marketing atau views. Semisal kamu ingin menargetkan pasar buat orang-orang yang suka makan. Maka, kamu bisa memilih niche food vlogger atau review makanan.

Menurut Influencer Marketing Hub, menentukan niche lebih dulu merupakan langkah yang tepat untuk memulai dengan teratur dan tetap konsisten ke depannya.

4. Kembangkan channel YouTube kamu

Cara Jadi YouTuber
Ilustrasi YouTube/shutterstock

Cara lainnya untuk menjadi seorang YouTuber adalah konsisten untuk melakukan pengembangan pada channel. Sebab, hal ini cukup baik dari segi konten ataupun hal-hal teknis dalam pembuatan konten, seperti peralatan video, alat perekam suara, dan lain sebagainya.

Sekarang, di YouTube ada banyak konten dengan beraneka ragam kreativitas yang ditampilkan. For sure! That’s why, menurut Wix, salah satu cara terbaik untuk mengembangkan channel YouTube adalah menjadi diri sendiri.

Buatlah penonton tertarik dengan apa yang kamu buat. Kalau dirasa kurang, kamu bisa melakukan riset terkait konten-konten video lain yang niche-nya cocok denganmu. Setelah itu, kamu bisa membuat formula terbaru untuk membuat videomu lebih menarik untuk viewers.

5. Buat karakter

Cara Jadi YouTuber
Ilustrasi YouTuber/shutterstock

Menjadi YouTuber yang sukses harus memiliki karakter atau ciri khas. Karakter yang bisa kamu tonjolkan, misalnya, intonasi bicara, tagline yang menarik, atau penampilan yang unik. Jadi, bangun karakter yang sesuai jati diri kamu, ya, gengs!

6. Bikin konten yang menarik

Cara Jadi YouTuber
Ilustrasi menjadi YouTuber/unsplash

Membuat konten yang menarik sepertinya sudah menjadi kewajiban bagi kamu yang ingin menjadi YouTuber sukses. Tapi, kamu perlu tahu bahwa konten menarik dibangun dengan beberapa persiapan, mulai dari memikirkan ide, persiapan perlengkapan teknis pembuatan video, proses produksi, editing, sampai tahapan mengunggah video ke kanal YouTube.

7. Promosi

Cara Jadi YouTuber
Ilustrasi insight YouTube/unsplash

Jangan lupa untuk mempromosikan konten-konten yang kamu buat. Manfaatkan media sosial untuk membangun kanal YouTube kamu. Gunakan seluruh platform medsos sebagai tempat untuk promosi supaya channel kamu semakin banyak dikunjungi orang.

8. Konsisten

Consistency is the key! Langkah terakhir untuk menjadi YouTuber adalah konsisten. Kalau kamu ingin menjadi YouTuber yang besar dan terkenal, kamu harus konsisten menyuguhkan konten-konten menarik dan berkualitas dari waktu ke waktu. Hal ini memang nggak gampang, tapi dengan komitmen yang kuat, kamu pasti bisa menjadi YouTuber.

Well, itu dia 8 cara untuk menjadi YouTuber. Bagi kamu yang ingin menjadi YouTuber, bisa mengikuti Langkah-langkah di atas.

Setelah langkah di atas kamu lakukan, dan hasilnya subscriber serta viewernya sudah tinggi, maka langkah selanjutnya adalah melakukan monetisasi melalui adsense. Tunggu artikel berikutnya ya.

Semangat terus dan jangan kasih kendor, gengs! You can do it!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!