Mau Kontribusi Save the Earth! Produk Ini Bisa Kamu Gunakan

Mana yang udah kamu pakai?

111
Barang Ramah Lingkungan

Dalam upaya memperbaiki kondisi Bumi, kita bisa berkontribusi dengan menggunakan barang atau produk-produk yang ramah lingkungan. Penggunaan barang-barang ramah lingkungan adalah salah satu cara yang memberikan dampak besar pada perbaikan ekosistem kita.

Seandainya saja ada banyak orang yang mau berkomitmen menggunakan produk-produk ramah lingkungan, Bumi nggak akan semakin tercemar. Pabrik-pabrik industri pun punya waktu untuk bernapas dan melakukan regenerasi. Masyarakat juga hidup lebih sehat dalam jangka yang panjang.

Well, berikut adalah daftar barang-barang ramah lingkungan yang bisa kita gunakan dan wajib kita miliki.

1. Produk fesyen daur ulang

Barang Ramah Lingkungan
Ilustrasi fesyen daur ulang/immago.com

Kini banyak merek fesyen yang merilis koleksi-koleksi terbarunya dengan menggunakan material yang ramah lingkungan. Mereka juga mencoba mengubah praktik bisnis mereka lebih berkelanjutan.

Melansir laman Republika, salah satu contoh yang bisa kita lihat adalah brand H&M yang meluncurkan pakaian daur ulang. Biasanya, produk fesyen daur ulang ini membawa label nama Recover atau RCR. Tapi, sayangnya upaya H&M ibarat baru seujung kuku saja.

Karena, faktanya, mereka memang berhasil mendaur ulang 20 ribu ton pakaian besar, tapi dalam 48 jam mereka juga menjual lebih dari seribu ton pakaian baru.

Well, solusi lain yang lebih masuk akal dan bisa kita lakukan adalah mendaur ulang pakaian kita sendiri. Caranya banyak, mulai dari mengenakan pakaian tersebut selama masih bisa digunakan, merombak pakaian untuk diganti modelnya, atau menggunakan bahan pakaian untuk membuat produk baru, seperti baju jadi sarung bantal atau hiasan meja.

2. Botol air minum stainless steel (kaca)

Barang Ramah Lingkungan
Botol minum stainless steel/pexels

Jika kamu masih menggunakan botol air plastik, gantilah dengan botol yang menggunakan material stainless steel atau kaca. Keduanya sudah masuk dalam daftar produk ramah lingkungan yang perlu kita miliki, karena bisa digunakan kembali untuk mengurangi limbah plastik.

Meski sudah dilabeli BPA-Free, botol plastik mudah terkontaminasi BPA. FYI gengs, Bisphenol A merupakan bahan kimia yang sudah digunakan setengah abad terakhir untuk mengeraskan botol plastik dan sippy cup.

3. Tas reusable

Barang Ramah Lingkungan
Ilustrasi reusable bag/thespruce.com

Penting bagi kita untuk membawa tas belanja sendiri setiap kali pergi ke minimarket atau warung, khususnya tas yang bisa digunakan kembali atau reusable bag.

Perlu kamu ketahui bahwa kantong plastik adalah salah satu sumber polutan utama. Setiap tahunnya, masyarakat menggunakan 9,8 miliar lembar kantong plastik dan 95 persennya menjadi sampah.

Maka dari itu, kita bisa memakai reusable bag yang termasuk produk ramah lingkungan. Tas belanja ini biasanya dibuat dari bahan organik dan bisa digunakan berulang kali.

4. Kantong sampah biodegradable

Barang Ramah Lingkungan
Kantong sampah biodegradable/brenmarco.com

Salah satu cara terbaik yang bisa kita lakukan dalam membantu mengurangi pencemaran lingkungan adalah mengurangi produksi sampah. Akan tetapi, nggak bisa dihindari juga bahwa beberapa produk nggak bisa diolah atau digunakan kembali seperti bahan-bahan organik.

Chill, hal yang paling penting dalam membantu pelestarian lingkungan adalah menggunakan kantong sampah biodegradable yang mudah terurai. Kantong sampah ini bisa terurai secara alami dalam waktu yang relatif cepat dan nggak akan membawa dampak buruk pada lingkungan.

5. Tisu daur ulang

Barang Ramah Lingkungan
Tisu toilet daur ulang/reelpaper.com

Sebuah penelitian mengungkapkan, diperkirakan orang dewasa menggunakan lebih dari 20 ribu lembar tisu toilet per tahunnya. Bayangkan, berapa banyak pohon yang ditebang dan air terbuang untuk membuatnya.

Sebagian orang menghindari tisu toilet daur ulang yang warnanya nggak seputih tisu baru. Sebab, mereka pikir tisu itu terbuat dari tisu toilet bekas. Tapi, kenyataannya, tisu toilet daur ulang terbuat dari kertas daur ulang yang belum dibuang ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir).

6. Alat makan ramah lingkungan

Alat makan eco-friendly/shutterstock

Produk-produk ramah lingkungan kini juga merambah sampai ke alat makan. Hal ini didasari dengan peralatan makanan yang berasal dari plastik membawa dampak buruk bagi lingkungan.

Kamu bisa menggunakan alat makan yang terbuat dari bahan-bahan ramah lingkungan seperti bambu, dedak gandum, hingga rumput laut.

Itulah lima produk atau barang ramah lingkungan yang bisa kamu gunakan dan wajib kamu miliki. Yuk, mari selamatkan Bumi kita dari pencemaran lingkungan. Kalau bukan kita, siapa lagi, gengs!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!