Mau Potong Rambut di Barbershop? Yuk, Pahami Dulu Istilah-Istilah Berikut

Biar enggak bingung saat ngobrol dengan kapster, yuk cek istilah ini.

109
Istilah Barbershop

Buat kamu yang suka potong rambut di barbershop, biasanya kapster atau tukang cukur menggunakan istilah khusus untuk menjelaskan berbagai produk dan jasa yang mereka tawarkan. Semisal, kapster menawarkan “regular cut”, yang artinya kita akan mendapatkan potongan rambut yang simpel.

Pria yang sering pergi ke barbershop kemungkinan juga bakal sering mendengar istilah seperti fade atau taper.

Istilah Barbershop
Ilustrasi peralatan barbershop/shutterstock

Istilah-istilah itu cenderung membuat kita yang masih awam merasa canggung dan sulit dimengerti. Jika kita nggak mempelajarinya, maka bakal sulit untuk mengungkapkan keinginan kita kepada sang kapster.

Supaya bisa berkomunikasi dengan baik dan mendapatkan gaya rambut sesuai keinginan, berikut berbagai istilah yang populer di barbershop yang perlu kamu ketahui.

Pompadour

Istilah Barbershop
Gaya rambut pompadour/haircutinspiration.com

Bagi kamu yang merasa asing dengan istilah ini, pompadour merupakan potongan rambut di mana poni disikat ke belakang dari dahi. Gaya rambut ini bisa dibentuk dengan menyisir rambutnya lurus ke belakang atau di samping. Potongan pompadour ini populer berkat musisi legendaris, Elvis Presley.

Quiff

Istilah Barbershop
Potongan rambut quiff/pinterest

Quiff merupakan varian dari pompadour dengan look yang lebih banyak tekstur. Nah, untuk menghasilkan gaya rambut ini butuh proses pengeringan rambut dengan hair dryer.

Bagi para pria yang punya rambut tipis, mudah saja untuk mendapatkan potongan quiff dengan sedikit produk perawatan rambut. Sedangkan untuk pemilik rambut tebal justru akan lebih sulit untuk ditata, tapi akan memberikan tampilan yang lebih penuh.

Crop

Istilah Barbershop
Potongan rambut french crop/therighthairstyles.com

Potongan rambut pendek dan pipih ini dikenal juga dengan sebutan French crop. Gaya rambut ini cocok banget untuk pria berpotongan slim dengan tampilan wajah yang tajam.

Disconnected hairstyle

Istilah Barbershop
Disconnected undercut/latest-hairstyles.com

Disconnected haircut adalah potongan rambut yang dibiarkan panjang di bagian atas dan pendek di samping. Untuk menciptakan tampilan yang lebih tinggi, kamu bisa menyisir rambut bagian atasmu ke belakang atau menaikkannya.

Flat top

Istilah Barbershop
Gaya rambut flat top/menshairstyletrends.com

Flat top adalah potongan rambut pria bermodel tegak di bagian atas, namun pendek di bagian samping. Berbeda dengan model quiff yang sisi atasnya dibuat bergelombang, flat top ditata lurus ke atas sehingga terlihat berbentuk kotak datar

Skin fade

Istilah Barbershop
Gaya rambut skin fade/haircutinspiration.com

Gaya rambut yang satu ini biasanya dihasilkan dengan menggunakan pisau cukur. Agak mirip dengan fade, tapi pada skin fade, panjang rambut terpendek harus dipotong hingga ke kulit ke kepala.

Layered

Istilah Barbershop
Potongan rambut layered/menshaircuts.com

Jika kamu memiliki rambut panjang, potongan layered ini bisa membantu memberikan tekstur pada rambutmu dan menciptakan volume, sambil mengurangi bobot rambut.

Slicing

Istilah slicing dalam barbershop/hairfinder.com

Biasanya, istilah slicing dilakukan di bagian atas rambut. Kapster akan menyisir rambutmu ke atas dan memegangnya dengan satu tangan, dekat dengan kulit kepala.

Lalu, dengan gunting di tangan satunya, sang kapster akan menggunting bagian ujung rambut, menciptakan tekstur agar tidak terlihat pipih. Teknik ini cocok diaplikasikan untuk pemilik rambut tebal.

Clipper cut

Istilah Barbershop
Clipper cut dalam barbershop/YouTube

Clipper cut dalam istilah barbershop berarti menggunakan clipper saat proses potong rambut, bukan gunting atau razor. Cocok untuk menciptakan potongan rambut pendek.

Crew cut

Istilah Barbershop
Crew cut/gogetgroomed.co.uk

Dalam dunia barbershop, crew cut mengacu pada gaya rambut militer. Kamu bisa memilih seberapa panjang rambut bagian atas untuk model ini, tetapi sisi rambut yang sangat pendek wajib diaplikasikan.

Dari berbagai istilah barbershop di atas, ada yang sudah kamu tahu, gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!