Merasa Kurang Produktif Sehabis Liburan? Cek Tips Hadapi Post Holiday-Blues, Yuk!

Yuk, semangat cari cuan dengan tips mudah berikut!

131

Libur panjang dan cuti Lebaran kini telah usai, namun meski badan dan pikiran rasanya masih ingin berlama-lama di kampung halaman dan menikmati masa liburan, kini saatnya kita kembali kepada aktivitas semula (hufty).

Minggu pertama setelah libur panjang memang rasanya berat banget untuk dilewati, gengs. Hal ini sebenarnya normal terjadi, karena kita terbiasa dengan aktivitas santai selama liburan kemarin.

Ilustrasi Kurang Semangat Saat Kerja/Via: Shutterstock

Meski begitu, kamu harus segera kembali produktif dan juga melakukan aktivitas seperti biasanya. Well, buat kamu yang masih ada dalam bayang-bayang vibes liburan, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan supaya kamu bisa lebih semangat dan produktif lagi menghadapi post-holiday blues. Here’s the tips!

Pikirkan Hal yang Menyenangkan Tentang Pekerjaan

via GIPHY

Meski peralihan dari masa liburan menuju masuk kerja sering membuat kamu kurang semangat, pasti ada juga kan rasa menyenangkan yang kamu dapatkan dari pekerjaan kamu?

Nah, untuk membuat kamu lebih semangat, kamu perlu menanamkan pikiran positif dan menyenangkan tentang pekerjaan di pikiran kamu gengs. Walaupun cukup sederhana, tapi mindset is everything!

Pikirkan saja hal menyenangkan seperti bertemu dengan rekan kerja yang suportif, atau gaji yang akan kamu tabung supaya bisa liburan lagi, hehehe.

Mulai dengan Pekerjaan yang Paling Mudah

Ilustrasi Semangat Bekerja/Via: Shutterstock

Karena sudah terbiasa dengan vibes liburan, kamu mungkin tidak terbiasa dengan pola kerja yang begitu memakan waktu. Untuk itu, kamu bisa mulai dengan melakukan pekerjaan yang paling mudah sebelum kamu menghadapi rutinitas yang lebih padat. Pelan-pelan saja gengs, supaya kamu mulai terbiasa lagi dengan rutinitas kamu sebelumnya!

Merapikan Meja Kerja Agar Lebih Nyaman

Ilustrasi Meja Kerja yang Nyaman / Shutterstock

Tips kedua supaya kamu bisa lebih produktif di kantor adalah merapikan meja kerja. Meja kerja yang rapi bisa bikin kamu lebih nyaman bekerja. Atau, kamu juga bisa mengubah suasana meja kerja kamu supaya lebih semangat bekerja. Sedikit tips, menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Texas, rona warna hijau bisa membantu pikiran lebih tenang supaya kamu enggak cepat stres di kantor, sedangkan rona warna merah bikin lebih cepat stres. Time to put a plant on your office desk!

Mulai Interaksi dengan Rekan Kerja

Ilustrasi Berinteraksi dengan Teman Kerja/Via: Shutterstock

Melakukan interaksi dengan teman satu kantor bisa membantu kamu meningkatkan rasa semangat di minggu pertama bekerja setelah liburan. Kamu bisa melakukan halalbihalal dan berbagi cerita soal aktivitas selama liburan, atau berbagi oleh-oleh dari kampung halaman masing-masing. Tapi ingat, jangan kebanyakan bergosip, yaaa, gengs.

Datang ke Kantor dengan Penampilan Baru

Ilustrasi Menggunakan Penampilan Baru ke Kantor/Via: Shutterstock

Tips lain yang bisa membuat kamu lebih semangat untuk menjalani hari secara produktif adalah datang ke kantor dengan menggunakan penampilan baru atau menggunakan outfit yang belum pernah kamu gunakan sebelumnya. New hair new me? Why not!

Mencoba penampilan baru dapat membantu kamu mengubah suasana serta menambah motivasi kerja. Book your fav saloon, now!

Lakukan Olahraga Ringan untuk Membantu Melepaskan Hormon Stres

Selain untuk meningkatkan rasa semangat, tips ini juga bisa membuat tubuh kamu lebih rileks setelah libur panjang atau perjalanan mudik. Beberapa jenis olahraga ringan yang bisa kamu lakukan antara lain jogging, yoga, atau pilates.

Semoga dengan beberapa tips sederhana di atas, kamu dapat meningkatkan rasa semangat supaya lebih produktif. Yuk, semangat cari cuan lagi!