Pengin Belajar Main Tenis? Ini Tips Memilih Outfit dan Perlengkapannya untuk Pemula

Watch me, Nadal!

120
Tips Memilih Perlengkapan Tenis

Seperti yang kita ketahui, olahraga tenis belakangan ini memang semakin digandrungi masyarakat dari berbagai kalangan. Sebab, tenis termasuk sebagai kegiatan yang menyenangkan dan menantang, serta bisa dimainkan oleh siapa saja, termasuk pemula.

Nah, buat kamu yang baru saja memulai perjalanan dalam dunia tenis, ada beberapa cara dalam memilih perlengkapan yang tepat untuk menunjang kenyamanan dan kemajuan performa kita di lapangan.

Tips memilih perlengkapan tenis hingga outfit yang cocok

Langkah awal yang tepat bagi pemula yang baru bermain tenis adalah memilih perlengkapan tenis.

Selain itu, kamu juga harus memastikan untuk menguji berbagai pilihan perlengkapan sebelum memutuskan memilih mana yang paling cocok untuk kamu.

Menjaga kualitas dan kebersihan perlengkapan tersebut juga sangat penting supaya tetap awet dan berfungsi baik demi kenyamanan dan keamanan ketika bermain.

Melansir Kompas.com, berikut adalah beberapa tips memilih perlengkapan tenis yang bisa dipertimbangkan oleh para pemula.

1. Santai, jangan terburu-buru beli raket

Tips Memilih Perlengkapan Tenis
Raket tenis/shutterstock

Raket tenis merupakan salah satu perlengkapan yang paling penting dan dibutuhkan dalam bermain tenis. Akan tetapi, bagi pemula, sebaiknya kita nggak terburu-buru juga membeli raket tenis.

Atlet sekaligus pelatih tenis asal Indonesia, Panji Untung Setiawan mengatakan, tujuan nggak terburu-buru membeli raket tenis ini adalah untuk menumbuhkan minat pada tenis secara perlahan dan bertahap.

Sebab, untuk dapat merasakan manfaat yang optimal dari olahraga tenis diperlukan niat dan konsistensi. Lalu, kita juga bisa mengkonsultasikan kepada pelatih untuk menemukan raket yang pas dengan kondisi tubuh kita.

Setelah menemukan raket tenis yang cocok, kita bisa memilih raket tenis yang sesuai. Ada beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan seperti berat raket, ukuran kepala raket, dan pegangan tangannya apakah nyaman digunakan atau nggak.

2. Pilih outfit yang comfy

Tips Memilih Perlengkapan Tenis
Outfit tenis/decathlon.com

Demi kenyamanan dalam bermain tenis, pilihlah outfit yang comfy alias nyaman dan sesuai dengan kebutuhan.

Sama seperti dengan olahraga lainnya, pakaian ideal untuk bermain tenis adalah pakaian yang terbuat dari bahan yang bisa menyerap keringat seperti poliester atau nilon.

Selain itu, pilih juga pakaian dengan teknologi yang bisa membantu menjaga tubuh tetap kering dan mencegah iritasi kulit, serta membuat kita nyaman bergerak.

3. Aksesori

Tips Memilih Perlengkapan Tenis
Wrist band tenis/thesportreview.com

Supaya lebih ciamik, penting juga untuk kita para pemula memerhatikan aspek kenyamanan dan keamanan ketika di lapangan.

Yup, kita sepertinya perlu sejumlah aksesori pelindung saat bermain tenis, seperti wrist band, pelindung lutut, siku hingga topi untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari.

4. Sepatu yang dapat menunjang performa

Tips Memilih Perlengkapan Tenis
Ilustrasi sepatu tenis/pexels

Tips yang satu ini penting banget, karena sepatu yang didesain khusus untuk olahraga tenis tentu bisa mendukung performa kita di lapangan, sekaligus mencegah terjadinya cedera.

Pemilihan sepatu yang tepat juga bertujuan untuk memberikan stabilitas, memberikan cengkeraman yang kuat hingga melindungi kaki saat bermain tenis.

Well, itu dia beberapa tips dalam memilih perlengkapan tenis dan outfit untuk para pemula. Jadi, mana game yang ingin kamu coba dulu nih, single atau double?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!