Pengin Punya Kulit Wajah yang Bersih, Sehat, dan Glowing? Ikuti 7 Tips Skincare Berikut Ini

Ready to achieve your healthy skin goal this year?

31

Well, siapa sih, yang enggak pengin punya kulit wajah yang bersih dan glowing? Kalau kamu memilih untuk mengklik dan membaca artikel ini, kemungkinan besar kamu juga ingin mengetahui tips untuk mendapatkan kulit wajah yang diidam-idamkan tersebut. Lucky for you, you came to the right place.

Melansir dari Refinery29, berikut ini ada beberapa resolusi perawatan kulit yang penting dan cerdas untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dari Dr. Hiba Injibar, seorang dermatolog kelas atas di Dermasurge Clinic, sebuah klinik kecantikan ternama asal Inggris. Apa saja tipsnya? Keep scrolling!

Gunakan produk yang tidak mengandung fragrance

Terutama buat kamu pemilik kulit wajah yang sensitif atau kering, ketika skin barrier-mu terganggu, produk perawatan kulit yang mengandung fragrance berpotensi mengiritasi kulit dan membuat wajah terasa perih, tampak merah dan meradang.

Sayangnya, kandungan fragrance dalam produk perawatan kulit tidak selalu tertulis dengan jelas, dan terkadang hanya dicantumkan sebagai “fragrance”. “Tidak selalu ada kejelasan apakah wewangian itu sintetis, berasal dari hewan, berasal dari serangga, atau alami, sehingga semakin sulit untuk memprediksi apakah wewangian dalam produk perawatan kulit akan mengiritasi kulit,” ujar Dr. Hiba.

Inilah mengapa, penting untuk menggunakan produk yang tidak mengandung fragrance, terutama untuk produk yang kamu pakai setiap harinya, seperti cleanser, moisturizer dan toner. Apalagi kalau kamu rentan terhadap alergi atau punya kulit wajah yang super sensitif.

Beberapa produk yang tidak mengandung fragrance tambahan di antaranya seperti Cetaphil, Kiehl’s, COSRX, dan Sensatia Botanicals.

Hindari menyentuh kulit wajah, apalagi di daerah yang berjerawat

kulit wajah lelaki berjerawat

Ada beberapa orang yang tanpa sadar sering menyentuh kulit wajahnya, membuat bakteri dari tangan berpindah ke wajah dan membuat kulit iritasi. Nah, kebiasaan ini harus mulai kamu hentikan kalau ingin kulit wajahmu tetap bersih dan sehat.

Selain itu, hentikan kebiasaan untuk memencet jerawat, karena hal tersebut justru bisa memperburuk kondisi kulit wajah. Ya, sulit memang menghindari godaan untuk tidak menekan jerawat yang sudah hampir pecah, namun hal tersebut bisa membuat bakteri dan nanah masuk lebih dalam ke kulit, membuat jerawat semakin bengkak dan merah.

Enggak cuma itu, kebiasaan memencet jerawat juga bisa meninggalkan bekas luka permanen di kulit yang akan sangat sulit sekali untuk disembuhkan.

Buat kamu yang pengin jerawatmu segera mengecil, gunakan perawat wajah yang mengandung salicylic acid, seperti produk CeraVe Acne Control Gel yang dapat mengurangi peradangan dan mengeksfoliasi kulit.

Padukan perawatan tersebut dengan acne patch seperti COSRX Acne Pimple Master Patch 24 Patches supaya kamu tidak menyentuh kulit atau tergoda untuk memencetnya. Terlebih, acne patch juga bisa menyamarkan jerawat pada tampilan luarmu.

Coba produk berbahan urea untuk melembapkan kulit wajah

Salah satu kandungan yang paling banyak diincar oleh para pemilik kulit kering adalah: hyaluronic acid. Well yes, it’s super hydrating, tapi hyaluronic acid bukanlah satu-satunya jawaban terbaik untukmu.

Kalau kamu masih memiliki kulit yang mudah mengelupas, bekas jerawat yang masih belum menghilang, atau wajah yang terasa kencang setelah mencuci wajah dengan produk hyaluronic acid, kamu mungkin perlu berhenti menggunakan produk tersebut.

Here’s your answer: cobalah produk berbahan urea. Menurut Dr. Hiba, urea adalah “Humektan, yang artinya kandungan tersebut, menyerap kelembapan ke dalam kulit seperti magnet.” Dr. Hiba juga mengatakan bahwa urea adalah bagian aktif dari natural moisturizing factor (NMF), sekelompok elemen pelembap alami dalam kulit kita. Meski begitu, cadangan alami kita terkadang menipis dan perlu digantikan dengan menggunakan perawatan kulit.

Lotion dan krim yang mengandung urea dapat membantu menghidrasi kulit dan juga mengurangi pengelupasan, kekeringan, atau gatal pada kulit,” kata Dr. Hiba. Enggak cuma itu, produk tersebut juga bagus untuk siku dan lututmu agar tidak kering dan gelap, lho! Salah satu produk yang mengandung urea dan bisa kamu coba adalah The Ordinary Natural Moisturizing Factors +HA.

Periksa label ‘anti-aging’ dengan cermat

via GIPHY

Kesalahan besar yang sering dilakukan banyak orang adalah membeli krim mahal dengan label ‘anti-aging‘ yang menjanjikan kulit kencang. “Padahal, yang produk tersebut berikan hanyalah melembapkan,” kata Dr. Injibar, yang percaya bahwa tidak ada krim yang bisa betul-betul mengembalikan kulit kendur.

Konsultan Dermatologi ternama yang juga terkenal di Instagram, dr Anjali Mahto, membenarkan hal tersebut. “Jika kita melihat data klinis, hanya ada sedikit bahan yang terbukti memiliki efek ‘anti-penuaan’ atau peremajaan kulit.”

Menurut dr Anjali, retinoid, senyawa yang secara kimia berhubungan dengan vitamin A, adalah satu-satunya bahan perawatan kulit yang efektif untuk meminimalkan munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Gunakan tabir surya pada kulit wajah sepanjang waktu

sunscreen pada kulit wajah

Catat: Tabir surya tidak harus mahal agar dapat bekerja dengan baik. Yang terpenting gunakan tabir surya dengan minimum SPF 35 setiap harinya. “Perlindungan terhadap sinar matahari sangat penting di semua musim,” kata Dr. Hiba, terutama jika kamu sering berada di luar ruangan – bahkan saat cuaca mendung.

Sunscreen dapat membantu melindungi kesehatan kulit wajah karena berfungsi sebagai pelindung antara kulit dan sinar UVA/UVB,” kata Dr. Hiba. Dan lagi, produk tersebut membantu kita terlindungi dari sengatan matahari dan kanker kulit.

Di musim panas, Dr. Hiba menekankan pentingnya mengoleskan tabir surya 30 menit sebelum pergi keluar. “Kalau kamu berencana untuk berada di bawah sinar matahari untuk waktu yang lama, aplikasikan setiap tiga jam sekali,” sarannya.

Pilih serum vitamin C yang tepat

Rutinitas perawatan kulit yang ampuh dan sederhana: Gunakan retinol di malam hari dan vitamin C plus tabir surya di pagi hari. Meski begitu, menurut Dr. Hiba, tak semua produk vitamin C memberikan efek yang signifikan pada kulit. Salah satu produk dengan kandungan vitamin C yang cukup (sekitar 8-10%) untuk mencerahkan kulit wajah adalah The Ordinary Ascorbic Acid 8% + Alpha Arbutin 2%.

Jangan lupakan aksesori makeup-mu

Buat kamu yang sering menggunakan makeup, membersihkan kuas dan aksesori lainnya juga termasuk merawat kesehatan kulit, lho! Menurut Dr. Hiba, kamu harus melakukannya setidaknya dua kali sebulan.

“Ini akan menghindari penumpukan bakteri yang dapat dengan mudah menyebabkan jerawat dan iritasi kulit,” katanya. Dr Hiba juga menyarankan untuk menggunakan solid cleanser untuk sikat sintetis dan synthetic brushes untuk sikat alami.

Tip penting lainnya: Dr. Hiba merekomendasikan menggunakan air hangat saat mencuci aksesori makeup, serta keringkan secara terbalik untuk menghindari air merembes ke dalam bulu sikat.

via GIPHY

Ready to achieve your healthy skin goal this year?

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.

Related Post