Perm, Gaya Rambut yang Sempat Redup dan Kembali Jadi Tren di Kalangan Gen Z

Model rambut ini sempat tren di tahun 70-80an.

210
Perm

Perm ternyata menjadi salah satu gaya rambut yang menjadi tren di tahun 2023 ini. Gaya rambut ini dikenal juga sebagai teknik perawatan rambut yang membuat rambut pria menjadi keriting bergelombang secara permanen (permanent wave).

Model rambut perm ini sebenarnya cukup populer di budaya Amerika pada tahun 1970-an dan 1980-an. Tapi, sayangnya perm sempat meredup di awal tahun 90-an.

Tapi, popularitas gaya rambut ini kembali meningkat di kalangan bintang K-Pop dan influencer di TikTok. Bahkan, jumlah peminat perm pun terus bertambah, terutama di kalangan pria muda.

Munculnya teknologi produk baru juga memberikan peluang bagi merek perawatan rambut maupun penata rambut untuk bisa lebih mengeksplorasi gaya rambut ini.

Versi terbaru perm

Gaya rambut perm

Perm versi terbaru yang ramai kalangan Gen Z sangat berbeda dengan para pendahulunya. Menurut spesialis rambut di Striike, sebuah salon di Los Angeles, Briana Dunning, perm kini sudah menggunakan istilah baru, yaitu “new wave”, untuk menjauhkan diri dari gaya rambut yang dianggap kuno.

“Ini bukan lagi perm yang dikenal bisa membuat rambut terasa gosong dan kering,” ujar Dunning.

“Kini perm dimaksudkan untuk membuat rambut keriting bergelombang secara permanen dan alami,” katanya.

Untuk prosesnya sendiri, perm membutuhkan waktu yang lama karena rambut harus dikeramas, dicuci, dan dipasang alat pengeriting rambut. Larutan pengeritingan, yang secara kimiawi dapat mengubah struktur rambut agar menjadi keriting, juga perlu dioleskan.

Nah, setelah larutan mengeras selama kurang lebih 30 menit, oleskan lotion penetral dan cuci rambut kembali untuk memperlihatkan rambut ikal yang segar.

Dunning mengatakan, teknik “new wave” juga memakai alat pengeriting rambut, tapi batangnya dirancang untuk memberikan ikal yang lebih alami pada rambut.

Dunning dan timnya mengeritingi rambut di bagian yang lebih besar, mengikuti Gerakan dan arah alami rambut, serta menggunakan alat pengeritingan yang lebih lembut. Bisa juga menggunakan alat pengeriting rambut digital atau manual, karena semuanya sama-sama populer.

Akan tetapi, untuk new wave yang baru, larutan kimia dan pengeriting rambut digital lebih sering digunakan dalam mengatur rambut menjadi ikal semi permanen.

Berkembang mengikuti budaya Korea

Perm
Gong Yoo/dusolbeautysg.com

Korean Wave atau “Hallyu” adalah sebuah fenomena yang ditandai dengan berkembangnya budaya Korea Selatan di seluruh dunia, yang disebut-sebut sebagai motivasi bagi pria muda untuk mengeriting rambut mereka secara kimiawi.

Berbeda dengan pengeritingan rambut ala Amerika yang kaku, teknik perm Korea sekarang terlihat lebih alami dan memberikan hasil rambut yang juga lebih lembut.

Musisi V BTS (Kim Tae-Hyung) dan aktor Gong Yoo adalah sebagian bintang Korea ternama yang membantu meramaikan tren rambut ini.

Lydia Wolfe, seorang penata rambut di London juga mengaku, ada peningkatan jumlah pria muda yang datang ke salonnya, Jack and the Wolfe, untuk melakukan teknik perm.

Nah, buat kamu yang ingin mencoba gaya rambut baru, perm mungkin bisa kamu jadikan pilihan nih, gengs. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Related Post