Punya Banyak Spot Romantis, Ini 5 Destinasi Honeymoon di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi!

Dari pantai, gunung, sampai hutan tropis yang privat, berikut opsi destinasi honeymoon untukmu!

64

Momen pernikahan menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu bagi setiap pasangan yang memang sudah siap melangkah ke jenjang yang lebih serius.

Pernikahan juga menjadi salah satu momen yang paling penting di dalam kehidupan, saat di mana kedua pasangan dipersatukan untuk saling menemani, memahami, dan juga mencintai satu sama lain selama sisa hidup mereka.

Karena itu, ada beberapa hal penting yang perlu kamu lakukan pada pasangan setelah menikah (terutama pada pengantin baru), untuk lebih mengenal satu sama lain, mempererat hubungan emosional, serta menciptakan hubungan yang harmonis, salah satunya dengan cara quality time atau honeymoon.

Enggak cuma pada pasangan baru, honeymoon juga penting banget lho, buat kamu yang memang sudah menjalankan usia pernikahan cukup lama. Salah satunya, untuk mempertahankan romansa pernikahan dan juga bertujuan untuk kembali menghangatkan suatu hubungan.

Well, sebenarnya, ada beberapa manfaat dan hal penting lainnya yang bisa kamu dapatkan ketika melakukan honeymoon. Tapi, sebelum itu, ada beberapa aspek yang harus kamu perhatikan supaya kegiatan honeymoon atau bulan madu kamu menjadi momen yang enggak bisa terlupakan, gengs.

Ilustrasi Pasangan Honeymoon/Via: Shutterstock

Yup, salah satunya tempat atau destinasi honeymoon! Enggak perlu pergi jauh-jauh, di Indonesia sendiri ada banyak banget wisata yang cocok kamu jadikan destinasi bulan madu, lho. Mulai dari destinasi pulau, pantai, dan wisata di tengah hutan tropis yang menenangkan. Penasaran? Langsung saja kita bahas yuk, gengs!

Pulau Bintan, Riau

Pulau Bintan/Via: PegiPegi

Salah satu rekomendasi tempat honeymoon terbaik di Indonesia adalah Pulau Bintan. Bagi kamu yang ingin merasakan suasana bulan madu di tempat romantis dan enggak terlalu ramai, Bintan bisa jadi opsi menarik, gengs.

Pulau Bintan memiliki keindahan alam dan ekosistem yang beragam, pulau ini memiliki pantai pasir putih dengan air laut yang biru jernih, sehingga menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Selain itu, di Pulau Bintan juga banyak menyediakan berbagai penginapan dan beberapa resor di bibir pantai dengan suasana yang memanjakan mata. Cocok banget buat kamu dan pasangan yang pengin bersantai dan menikmati ketenangan untuk bulan madu.

Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Pulau Derawan/Via: HerStory

Lokasi untuk bulan madu lainnya di Indonesia adalah Pulau Derawan. Berlokasi di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Derawan memiliki pemandangan pantai dan alam bawah laut yang sangat cantik.

Sama seperti Pulau Bintan, tempatnya yang cukup jauh dari kota membuat Pulau Derawan cocok kamu jadikan destinasi honeymoon untuk memberikan kesan “private”.

Selain keindahan alamnya, Derawan juga dikenal sebagai salah satu habitat penyu langka di Indonesia. Selain menikmati liburan, (kalau beruntung) kamu juga bisa menyaksikan penyu bertelur pada malam hari di pesisir pantai Derawan.

Takabonerate, Sulawesi Selatan

Takabonerate/Via Celebes TV

Sebelumnya, apakah kamu pernah mendengar nama Takabonerate? Enggak kalah dengan beberapa nama pulau di Indonesia, Takabonerate juga memiliki keindahan pantai dan laut yang luar biasa.

Takabonerate terletak di perairan Laut Flores dan masuk dalam Kabupaten Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan. Ia merupakan kepulauan dan termasuk dalam wilayah Taman Nasional Laut Kepulauan Takabonerate.

Pulau ini terkenal memiliki kawasan atol atau sekumpulan terumbu karang yang berbentuk melingkar terbesar ke-3 yang ada di dunia.

Jika kamu dan pasangan sangat menyukai petualangan, snorkeling atau diving, maka tempat ini cocok banget untuk kalian jadikan quality time atau honeymoon dengan mencari “adventure” yang baru.

Karimun Jawa, Jepara

Karimunjawa/Via: Traveloka

Destinasi untuk bulan madu lainnya yakni Pulau Karimun Jawa yang berada di Laut Jawa, dan termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Memiliki luas daratan sekitar 1.500 hektar dan perairan seluas 110.000 hektar, Pulau Karimun Jawa telah dikembangkan menjadi sebuah pesona wisata laut yang banyak menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara. Dari Jepara, kamu bisa menempuh kurang lebih 2 jam perjalanan menuju Pulau Karimun Jawa.

Memiliki 27 gugusan pulau kecil dengan pemandangan yang sangat indah, membuat kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti island hopping karena jarak yang enggak terlalu jauh.

Pulau Moyo, Nusa Tenggara Barat

Pulau Moyo Sumbawa/Via: Gotravela Indonesia

Destinasi pulau untuk honeymoon kali ini cukup berbeda dengan beberapa destinasi di atas. Pulau Moyo sendiri berada di utara Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Kalau kamu memilih Pulau Moyo sebagai destinasi honeymoon, kamu bisa menikmati suasana romantis jauh dari keramaian di tengah hutan tropis yang asri dan juga sunyi.

Meski di tengah hutan, jangan salah gengs, Pulau Moyo memiliki banyak fasilitas seperti beberapa resor mewah yang membuat kamu dan pasangan tetap aman dan nyaman.

Karena tempatnya yang masih sangat asri, di Pulau Moyo bahkan kamu bisa menikmati langit malam dengan hamparan bintang yang sangat indah. Selain hutannya, Pulau Moyo juga terkenal dengan kecantikan air terjun dan juga pantainya.

Di sini, kamu bisa menikmati candle light dinner ditemani suara deburan ombak dan pasir lembut yang bisa kamu rasakan.

Anyway, dari beberapa destinasi di atas mana yang jadi favorit kamu, gengs? Semoga bermanfaat dan bisa membuat honeymoon kamu lebih berkesan, ya!